Teks Anekdot - Pengertian, Ciri, Struktur, Tujuan, Kaidah Kebahasaan, Rujukan Serta Cara Gampang Untuk Menciptakan Teks Anekdot Singkat

7:04 PM
TEKS ANEKDOT - Pengertian, Ciri, Struktur, Tujuan, Kaidah Kebahasaan, Contoh Serta Cara Praktis Untuk Membuat Teks Anekdot Singkat.

Jika anda gres saja mempelajari teks anekdot maka anda harus memahami secara rinci apa itu teks anekdot, dan disini akan aku jabarkan berdasarkan wacana sumber - sumber yang menjelaskan wacana permasalahan wacana Teks Anedot. Berikut ialah Pengertian, Ciri, Struktur, Tujuan, Kaidah Kebahasaan, Contoh Serta Cara Praktis Untuk Membuat Teks Anekdot Singkat.

Teks anekdot merupakan sebuah karangan dongeng atau kisah yang sanggup jadi berdasarkan  pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu wacana banyak sekali topik mirip pendidkan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan kisah-kisah dongeng lucu semata melainkan terdapat juga amanat, pesan moral, serta ungkapan wacana suatu kebenaran secara umum.

Setelah kita mengetahui pengertian dari teks anekdot, teks anekdot juga mempunyai ciri-ciri yang sanggup berkhasiat sebagai pembeda dari teks-teks lainya. Ciri-ciri tersebut sanggup kalian lihat sebagai berikut:

  1. Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan.
  2. Bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan menciptakan pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks.
  3. Bersifat menyindir
  4. Bisa jadi mengenai orang penting
  5. Memiliki tujuan tertentu
  6. Kisah dongeng yang disajikan hampir mirip dongeng
  7. Menceritakan wacana huruf binatang dan insan sering terhubung secara umum dan realistis
Teks anekdot juga mempunyai struktur-struktur dalam pembentukannya. Struktur teks anekdot antara lain Abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan Re-orientasi. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tiap bagain struktur kalian sanggup simak yang di bawah ini:

  • Abstraksi, kepingan ini terletak pada kepingan awal paragraf, pada kepingan ini berisikan gamabaran awal wacana isi dari teks anekdot.
  • Orientasi, pada kepingan ini berisikan awal mula, latar belakang terjadinya suatu insiden atau kejadian yang terjadi dalam teks.
  • Event, berisikan rangkaian insiden yang terjadi dalam teks.
  • Krisis, kepingan ini berisikan wacana pemunculan permasalahan yang terjadi dalam teks anekdot.
  • Reaksi, kepingan ini berisikan langkah penyelesaian problem yang timbul dalam kepingan krisis.
  • Koda, pada kepingan ini akan muncul perubahan yang terjadi pada tokoh dalam teks.
  • Re-orientasi, kepingan ini merupakan kepingan tamat dari teks sekaligus sebagai epilog dari teks itu sendiri.
Seperti kita ketahui teks anekdot juga mempunyai tujuan yang di tujukan untuk pembaca dalam setiap kisah dongeng yang ditulis. Tujuan-tujuan tersebut merupakan latar belakang bagi pengarang atau penulis  untuk menulis sebuah teks anekdot. Berikut di bawah ini merupakan beberapa tujuan dari penulisan teks anekdot.

  1. Untuk membangkitkan tawa bagi pembacanya.
  2. Sebagai saran penghibur.
  3. Sebagai saran pengkritik.
Teks anekdot juga mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri berbeda dari teks lainnya. Kaidah kebahasaan itu sanggup kalian lihat di bawah ini.

  • Menggunakan kata keterangan waktu lampau
  • Menggunakan kata penghubung
  • Terdapat penggunaan kata kerja
  • Urutan insiden berdasarkan waktu
  • Menggunakan jenis pertanyaan retorik, yaitu kalimat pertanyaan yang tidak mengharuskan untuk dijawab.
Sekian posting kali ini mengenai Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks . Semoga dengan pembahasan dalam posting ini sanggup membantu kalian dalam pendalaman materi tersebut.

Contoh Teks Anekdot :

Di sebuah rumah terdapat keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu, Abang, Tina, dan Adik. Tina ialah yang paling sial, lantaran selain ayah dan ibu, ia juga sering disuruh-suruh oleh kakak dan adiknya.
Suatu pagi Tina disuruh ibunya untuk mencuci baju, sehabis itu ia pergi ke halaman rumah untuk menjemur pakaian. Anehnya setiap pakaian yang ia jemur selalu saja jatuh, setiap ia menjemur baju yang lain niscaya akan jatuh juga. Kemudian ia sadar kenapa pakaian yang ia jemur selalu jatuh, lantaran ternyata Tina lupa memasang tali jemurannya.

Cara Praktis Membuat Teks Anekdot


  1. Tentukan topik: Topik sanggup berdasarkan kejadian orisinil atau imajinasi.
  2. Penentuan tujuan: Buat biar ceritamu tidak bertele-tele namun sempurna sasaran.
  3. Bahan penulisan: Hal ini sanggup digali dari kejadian sekitar atau imajinasimu. Jangan lupa tambahkan kekerabatan sebab-akibat yang mengandung humor.
  4. Menyusun kerangka karangan: Setelah topik, tujuan, dan materi tersedia. Kamu tinggal menyusun ceritanya.

Nah itu ia mengenai wacana Teks Anekdot, tak terlalu sulit bukan untuk membuatnya. Asal kamu manfaatkan lingkungan sekitar dan imajinasimu juga tau dulu apa itu teks anekdot itu jadi kalian sanggup menciptakan teks anekdot berdasarkan kalian sendiri.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔