Teknik Teknik Dasar Dalam Permainan Olah Raga Softball

7:20 AM
Teknik Teknik Dasar dalam Permainan Softball- merupakan  permainan  yang  dimainkan  oleh dua tim. Setiap tim terdiri atas 9 orang. Ketika tim pemukul menerima giliran memukul, pelempar bola (pitcher) dari tim yang bertahan harus menggunakan teknik melemparkan bola ke  arah  pemukul  sekeras-kerasnya,  agar  bola  tidak  dapat dipukul, sehingga sanggup ditangkap oleh catcher.

Softball ialah olahraga bola beregu yang terdiri atas dua tim. Permainan softballlahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Softballmerupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola softballsaat ini berdiameter 28-30,5 cm; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Dalam kesempatan ini kita akan mempelajari perihal teknik-teknik dasar permainan softball. Secara garis besar permainan ini memiliki beberapa teknik. Untuk itu saya akan membahas perihal Teknik Teknik Dasar dalam Permainan Softball sekilas dasar softball ialah sebagai berikut.

Teknik Teknik Dasar dalam Permainan Softball

Teknik Teknik Dasar dalam Permainan Softball Teknik Teknik Dasar dalam Permainan Olah Raga Softball

1. Teknik Dasar Melempar Bola
Dalam melaksanakan teknik dasar melempar bola, hal-hal yang perlu diperhatikan ialah cara memegang bola. Bola dipegang sedemikian rupa sehingga bola dan telapak tangan masih terdapat rongga, jadi bola tidak melekat pada telapak tangan. Jari telunjuk dan jari tengah untuk menekan bola, sedangkan ibu jari dan jari lainnyasebagai penahan bola biar tidak jatuh.

Lemparan dalam softball sanggup dibedakan menjadi tiga, yaitu lemparan atas (overhand throw), lemparan samping (sidehand throw), dan lemparan bawah (underhand throw).
a. Lemparan atas (overhand throw)
Pada dikala melempar, ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat tubuh bertumpu pada kaki yang di depan, tubuh sedikit condong ke belakang.

b. Lemparan samping (sidehand throw)
Pada waktu melempar lengan bawah sejajar dengan pundak dan sedikit lecutan pergelangan tangan.

c. Lemparan bawah (underhand throw)
Lemparan bawah dipakai biasanya dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk. (Penjasorkes Budi)

2. Teknik Dasar Menangkap Bola
Teknik menangkap bola dibagi menjadi tiga macam, sesuai dengan arah datangnya bola, yaitu:
a. Bola datar (straight ball)
Posisi tubuh berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang menggunakan glove yaitu tangan kiri, dan ajun siap melempar bola.

b. Bola lambung
Posisi tubuh ditempatkan sempurna di mana bola akan jatuh. Bola ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

c. Bola menggelinding (ground ball)
Bola yang datangnya menggelinding di atas tanah ditangkap dengan cara berlutut sedemikian rupa dan tangan yang menggunakan glove ditempatkan sempurna pada arah datangnya bola. Sedangkan tangan yang lainnya siap untuk menangkap dan melemparkan bola.

3. Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul (Bat)
Cara memegang kayu pemukul (bat) ialah pemukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan merapat atau sedikit renggang dengan posisi ajun di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

4. Teknik Dasar Memukul Bola
Dalam softball dikenal dua macam pukulan, yaitu:
a. Pukulan swing
  1. Sikap awal : Berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat tubuh bertumpu pada kedua kaki dan tubuh sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga sempurna di atas bahu. Lengan kanan lebih rendah daripada lengan kiri dan pandangan lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.
  2. Sikap dikala memukul : Setelah bola dilempar oleh pitcher, bola segera dipukul secara sempurna dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pitcher. Kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.
  3. Sikap selesai :Setelah bola berhasil dipukul dengan baik, diikuti dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.
b. Pukulan tumbuk (bunt)
Pukulan tumbuk ialah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh bersahabat dengan si pemukul. Sikap kedua kaki pada waktu bunt cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.

Sekian dari saya mengenai Materi Sekolah yang sanggup saya bahas perihal Teknik Teknik Dasar dalam Permainan Olah Raga Softball, semoga dengan adanya kunjungan anda blog kami akan berkembang dengan baik. Untuk itu saya mohon maaf jikalau ada kekuranagn dalam penjelabaran bahan tersebut.Terimakasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔