Karya Seni Murni (Bahan Dan Cara Pembuatan Patung Gips)

4:20 AM
Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips) - Setiap benda yang tercipta dan sanggup dinikmati atau dilihat oleh mata serta dirasakan oleh sentuhan merupakan sebuah karya seni rupa. Seni rupa murni merupakan salah satu dari dua cabang seni rupa. Seni rupa murni atau yang biasa disebut juga seni rupa bebas merupakan karya seni rupa yang diciptakan menurut ekspresi dan kreativitas seniman.

Untuk mengetahui lebih lanjut perihal karya seni murni dan apa yang dihasilkan dalam seni murni, dalam kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan sedikit warta tentang Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips) dibawah ini. Selamat belajar.

 Setiap benda yang tercipta dan sanggup dinikmati atau dilihat oleh mata serta dirasakan ole Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips)

Bahan dan Cara Pembuatan Patung Gips

Sejarah seni rupa murni klasik yang berupa seni patung, seni lukis, seni bangunan, bahkan karya seni yang dibuat dengan teknik dasar cetak grafis (teknik cap pada kerikil atau dinding bangunan) sudah diciptakan oleh insan semenjak zaman dulu. Karya-karya seni tersebut selalu menyertai perkembangan sejarah peradaban manusia, baik di Indonesia dan Asia, serta mancanegara di luar Asia. Bahkan pada masa kini karya seni telah berkembang pesat dengan teknik, tema, dan materi yang kian beragam.


1. Ragam materi dan teknik pembuatan patung

Beragam teknik penciptaan karya seni tiga dimensi. Beragam teknik tersebut, antara lain teknik butsir, cor, las, tempa, pahat, konstruksi, cetak, atau teknik-teknik gres masa kini yang diterapkan oleh para seniman kontemporer. Teknik-teknik tersebut umumnya juga diterapkan dalam pembuatan patung. Patung berbahan semen dibuat memakai teknik cor, patung berbahan tanah liat dibuat memakai teknik butsir, serta patung dari materi kayu dan kerikil dibuat dengan teknik pahat.


2. Karya seni patung dari materi gips (gypsum)

Salah satu patung unik yang sanggup dibuat melalui proses yang gampang yaitu patung berbahan gips. Gips termasuk jenis benda buatan, bertekstur agresif dan keras, serta berwarna putih seakan-akan bata putih. Namun, gips dalam seni pahat tergolong benda dengan struktur materi yang lunak, sebab gampang dibentuk. Hal ini berbeda dengan kerikil atau kayu yang struktur materinya keras. Gips bisa dibentuk menjadi patung dengan aneka model, termasuk relief atau ornamen ukir.


3. Membuat patung dari materi gips


 Setiap benda yang tercipta dan sanggup dinikmati atau dilihat oleh mata serta dirasakan ole Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips)
Untuk menciptakan patung gips, materi dan alat yang dibutuhkan, yaitu sebagai berikut.
a. Serbuk gips (biasanya tersedia di toko-toko bangunan), sediakan secukupnya.
b. Pahat (bisa pahat ukir atau pahat grafis). Bila tidak ada, sanggup diganti pisau kecil atau cutter besar.
c. Botol air mineral atau wadah berbahan plastik lainnya, untuk mencetak serbuk gips
d. Palu pahat ringan. Bila tidak ada, sanggup diganti benda lain yang berfungsi untuk pemukul pahat.

Gips untuk pembuatan patung ini harus dibuat terlebih dahulu melalui suatu proses, sebab bentuk asalnya berupa serbuk. Tahapan menciptakan patung sebagai berikut.
a. Sebelum menciptakan patung, buat desain terlebih dulu.
b. Botol plastik dipotong pecahan ujungnya, kemudian serbuk gips dimasukkan kira-kira 3/4 ukuran botol.
c. Masukkan air ke dalam botol hingga penuh. Aduk sejenak untuk meratakannya.
d. Biarkan adonan dalam botol tersebut beberapa usang hingga adonan gips menjelma zat padat.
e. Sayat atau sobek cetakan botol plastik dari gips dengan memakai cutter untuk melepas cetakan. Selanjutnya gips padat sanggup dibuat sesuai desain yang dibuat.

Mungkin itu saja yang sanggup aku sampaikan mengenai materi Seni Budaya khususnya Seni Rupa. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda semua dengan andanya pembahasan tentang Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips) ini,mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔