SOAL
1. Ruang longkup kajian biologi mencakup jaringan dan organ. Ilmu biologi yang khusus mempelajari jaringan disebut …..
a. Histologi
b. Anatomi
c. Embriologi
d. Astronomi
e. Ekologi
2. Dmitri Ivanowsky memeriksa dengan mengekstrak sesuatu dari daun tembakau yang telah menjadikan penyakit memakai saringn bakteri. Ia menduga kalau organism yang menyerang flora tersebut ialah bakteri, maka organism tersebut tidak sanggup melewati saringan. Dugaan tersebut merupakan ….
a. Opini
b. Hasil penyelidikan
c. Teori
d. Hipotesis
e. Perumusan problem
3. Dahulu orang beranggapan bahwa penyakit malaria disebabkan udara buruk. Berkat ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kedokteran/kesehatan , penyakit ini sanggup dibasmi dan diupayakan penyembuhannya. Hasil penelitian menerangkan bahwa cara efektif pencegahan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles sp. Dapat dilakukan dengan cara….
a. Mencari predator nyamuk Anopheles sp.
b. Mengisolasi penderita malaria di daerah khusus
c. Memutuskan perkembangbiakan nyamuk Anopheles sp.
d. Memproduksi obat kimia sebanyak mungkin
e. Mengobati penyakit malaria hingga tuntas
4. Dibawah ini merupakan langkah-langkah metiode ilmiah.
1. Perumusan hipothesis
2. Pengumpulan data
3. Perumusan problem
4. Kesimpulan.
5. Eksperimen
Urutan langkah yang benar dalam pemecahan problem biologi ialah …..
a. 1-2-3-4-5
b. 1-2-3-5-4
c. 3-2-1-4-5
d. 3-2-1-5-4
e. 3-1-5-2-4
5. Urutan tingkat organisasi kehidupan yang benar dibawah ini ialah …..
a. Sel – Jaringan – Sistem Organ – Individu
b. Populasi – Komunitas – Ekosistem – Biosfer
c. Molekul – Sel – Jaringan – Organ
d. Molekul – Jaaringan – Organ – Sistem Organ
e. Individu – Komunitas – Ekosistem - Biosfer
6. Berikut ialah beberapa jenis binatang
1. Harimau
2. Singa
3. Anjing
4. Kucing
5. Domba
Keanekaragaman tingkat species ditunjukkan oleh nomer
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 1, 2, 5
e. 1, 4, 5
7. Nama ilmiah sumbuhan kembang sepatu ialah Hibiscus rosasinensin, berdasarkan hukum Binomial nomenklatur kata Hibiscus menerangkan …..
a. Nama spesies
b. Nama genus
c. Petunjuk spesies
d. Petunjuk genus
e. Keterangan genus
8. Perlindungan dan pengawetan alam bertujuan untuk ….
a. Menjaga kepunahan flora dan binatang yang langka
b. Melestarikan deretan geologi yang terancam rusak
c. Memperpanjang umur setiap individu binatang dan flora
d. Melestarikan adanya padang pengembalaan yang memadai
e. Menciptakan alam sekitar yang indah
9. Dikebun sekolah terdapat flora kelapa, mangga, melinjo dan papaya. Keempat tubuhan tersebut dikelompokan kedalam flora Spermatophyta lantaran ….
a. Batang berkambium dan mempunyai xylem dan floem
b Fase gametofit lebih mayoritas dari pada fase sporofit
c. Perkembangan biji dipengaruhi oleh air dan cahaya
d. Memiliki bunga yang bekerjsama
e. Alat perkembangbiakan utamanya ialah biji
10. Yang tidak termasuk pelestarian sumber dya secara ex-situ ialah ……
a. Kebun koleksi
b. Pelestarian rino jawa di Ujung Kulon
c. Kebun plasma nutfah
d. Penyimpanan dalam kamar dengan suhu tinggi
e. Kebun botani
11. Berikut ini yang termaksud pelestarian in-situ ialah …..
a. Kebun raya
b. Taman kota
c. Kebun botani
d. Taman nasional
e. Kebun plasma nutfah
12. Berikut ini yang bukan merupakan sifat-sifat virus ialah …….
a. Hanya mempunyai satu macam asam nukleat (DNA/RNA)
b. Untuk bereproduksi tidak dibutuhkan materi organik
c. Tidak mempunyai protoplasma
d. Dapat aktif pada makhluk hidup spesifik
e. Bentuk dan ukurannya berfasriasi
13. Pada bakteriofage tujuan memasukan DNA kedalam sel inang ialah …
a. Melumpuhkan sel inang semoga tidak sanggup bereplikasi
b. Mengeluarkan protoplasma sel inang untuk bereproduksi
c. Mengendalikan sintesis protein dan membentuk bagian-bagian tubuhnya
d. Mengaktifkan nucleus sel inang untuk memproduksi enzim
e. Memacu produksi enzim untuk memacu pemecahan sel inang
14. Daur reproduksi virus sanggup memasuki siklus litik atau lisogenik. Urutan tahapat reproduksi virus dengan cara silus litik yang sempurna ialah ….
a. Adsorpsi – Replikasi – Penetrasi – Perakitan –Pembebasan
b. Adsorpsi – Penetrasi – Replikasi – Perakitan - Pembebasan
c. Penetrasi – Adsorbs – Replikasi – Pembebasan – Perakitan
d. Replikasi – Adsorbsi – Penetrasi – Pembebasan – Perakita
e. Perakitan – Adsorpsi – Replikasi – Penetrasi - Pembebasan
15. Virus pertama kali ditemukan oleh …..
a. Adolf Mayer
b. Dmitri Ivanowsky dan Beijerink
c. Wendell Stanley
d. Edward Jenner
e. Yonas Salk
16. Amati struktur badan virus dibawah ini
Nomor 1, 2, dan 3 merupakan ….
a. Kapsid, DNA, Ekor
b. Kepala, Kapsid, Ekor
c. Kapsid, RNA, Ekor
d. DNA, Kapsid, Ekor
e. DNA, Ekor, Kapsid
17. Berikut ini merupakan gejala-gejala bagi penderiyta penyakit HIV AIDS, Kecuali …
a. Terus-menerus merasa lelah tanpa lantaran yang terperinci
b. Pembengkakan kelenjar limfe dalam tiga bulan atau lebih
c. Sakit kepala berkepanjangan
d. Mengeluarkan keringat di siang hari
e. Sering merasa sulit bernapas
18. Bakteri Streptomyces griceusmenguntungkan insan lantaran sanggup …………..
a. Melakukan fermentasi materi masakan
b. Menghasilkan antibiotik
c. Menyuburkan tanah
d. Membantu proses pembuatan yoghurt
e. Menghasilkan asam amino
19. Bakteri Rhizobium leguminosarum dalam siklus nitrogen berperan sebagai ………..
a. Pembentuk nitrit
b. Pengurai senyawa amonia
c. Pengurai nitrat
d. Mengubah N2 menjadi amonium
e. Pengikat nitrogen bebas
20. Berdasarkan cara mendapat makanan, maka basil sanggup dikelompokan kedalam …….
a. Aerob
b. Aerob dan Anaerob
c. Anaerob
d. Heterotrof dan Autotrof
e. Heterotrof
21. Struktur sel basil terdiri atas 2 bagian, yaitu pecahan dalam dan pecahan luar, dibawah ini termaksud bagain dalam struktur bakteri, kecuali……….
a. Lapisan Lendir
b. Ribosom
c. Plasma Sel
d. Mesosom
e. Nukleoid
22. Arkebakteri Halofil merupakan salah satu tipe arkaebakteria yang bahagia hidup di …….
a. Lingkungan dengan kadar garam tinggi
b. Hidup di pegunungan
c. Lingkungan dengan kadar keasaman dan suhu tinggi
d. Hidup di daerah yang cuek
e. Hidup di rawa
23. Suatu cara yang gampang untuk mengisolasi spesies Clostiridium secara spesifik dari tanah ialah ….
a. Menumbuhkannya secara anaerobik pada medium yang mengandung glukosa
b. Menumbuhkannya pada suhu sangat rendah
c. Menumbuhkannya pada suhu tinggi
d. Memanaskan tanah untuk membunuh semua sel vegetatif dan lalu memungkinkan semua spora dari organism ini untuk bekecambah dan tumbuh
e. Menumbuhkannya secara aerobic pada medium yang mengandung glukosa
24. Terdapat protista dengan cirri-ciri sebagai berikut :
1. Tubuh terdiri atas satu sel
2. Bentuknya tidak tetap
3. Hidup di air
4. Bergerak dengan kaki semu
5. Bersifat heterotrof
Berdasarkan cirri-ciri diatas, protista tersebut digolongkan kedalam kelas ….
a. Protozoa
b. Rhizopora
c. Flagellate
d. Cilliata
e. Sporozoa
25. Protozoa dikelompokan kedalam empat filum yaitu Flagellata, Cilliata, Rhizopora, dan Sporozoa berdasarkan :
a. Jenis pigmennya
b. Habitatnya
c. Alat geraknya
d. Cara berkembangbiaknya
e. Jenis makanannya
26. Berikut ini merupakan filum dari protista menyerupai tumbuhan, yang termasuk filum yang mengandung klorofil a dan b ialah ….
a. Filum Chlorophyta
b. Filum Phaeophyta
c. Filum Chrisiphyta
d. Filum Flagellata
e. Filum Rhodophyta
27. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini !
1. Bersifat fotosintetik dan absortif
2. Struktur badan berbentuk benang/hifa
3. Berperan sebagai pengurai
4. Hidup dilingkungan lembab
5. Siklus hidupnya sama
Persamaan protista menyerupai jamur dengan jamur sejati ditunjukan oleh nomor ….
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 5
d. 2, 4 dan 5
e. 1, 4 dan 5
28. Protista yang hidup bebas di air tawar sebagai plankton dan sekaligus sebagai indicator pencemaran air sungai ialah ……
a. Entamoeba coli
b. Euglena viridis
c. Navicula sp.
d. Radiolarian
e. Turbinaria australis (ganggang cokelat)
29. Ganggang merah yang dipakai untuk menciptakan masakan ialah ....
a. E. coli
b. Euchema gracilis
c. Herpes zoster
d. Toxoplasma
e. Varicella
30. Seorang siswa menemukan jamur melekat pada kayu lapuk, bentuknya menyerupai kuping, sanggup dimakan sebagai sumber protein. Jamur tersebut dikelompokan kedalam....
a. Ascomycota
b. Basidiomycota
c. Oomycota
d. Deuteromycota
e. Zygomycota
31. Gambar dibawah ini jamur jenis :
a. Rhizopus stolonifer
b. Volvariella volvaceae
c. Mucor mucedo
d. Penicillium
e. Aspergillus sp
32. Berikut merupakan ciri-ciri suatu organisme
1. Bersel satu atau banyak
2. Memiliki hifa
3. Inti bersifat eukariotik
4. Reproduksi dengan spora
5. Tidak berklorofil
Organisme yang mempunyai ciri-ciri tersebut tergolong .....
a. Jamur
b. Lumut
c. Ganggang
d. Paku
e. Bakteri
33. Perhatikan pernyataan dibawah ini
1. Dinding sel jamur berkitin; dinding sel flora tinggi berlignin
2. Struktur badan sel jamur bersifat uniseluler/multiseluler; struktur badan flora tinggi terdiri dari jaringan
3. Jamur memperoleh masakan dengan parasit, saprofit da simbiosis; flora tinggi memperoleh makan dengan fotosintesis
4. Jamur berpembuluh; pembuluh angkut flora tinggi terdiri dari xilem dan floem
5. Reproduksi jamur dengan cara seksual dan aseksual; reproduksi flora tinggi dengan biji
Pernyataan yang salah adalah....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
34. Suatu jamur termasuk kedalam kelompok Deuteromycota apabila ...
a. Sudah diketahui reproduksi seksual dan aseksualnya
b. Hifa tidak bersekat
c. Belum diketahui reproduksi aseksualnya
d. Tidak membentuk askus dan basidium
e. Belum diketahui reproduksi seksualnya
35. Perhatikan persamaan reaksi berikut ini
C6 H12 O6 → 2C2 H5OH + 2CO2 + E
Reaksi diatas dilakukan oleh Saccharomyces sp. pada keadaan ….
a. Aerob
b. Gelap
c. Anaerob
d. Aerasi balik
e. Banyak cahaya
ESSAY
1. Buatkan desain penelitian dengan judul bebas memakai metode ilmiah !
a. Judul
b. Rumusan problem
c. Alasan melaksanakan penelitian
d. Tujuan dilakukan penelitian
e. Manfaat dilakukan penelitian
f. Hipotesis penelitian
g. Kesimpulan penelitian
2. Identifikasilah keanekaragaman hayati yang ada dilingkungan pondok. Kelompokan sesuai dengan kenaekaragaman tingkat gen, spesies dan ekosostem !
3. Gambarkan proses reproduksi virus Litik dan Lisogenik
4. Sebutkan masing-masing 5 peranan protista bagi insan !
5. Jelaskan daur hidup jamur kelas Zygomycota !
TRY AGAIN
COBA LAGI YA
0 Komentar
Penulisan markup di komentar