Sejarah Ditemukannya Magnet

8:19 PM
Apakah anda sudah pernah melihat Magnet, perlu anda ketahui bahwa sebetulnya secara tidak kita sadari kita sering kali memakai magnet dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dari proses sengaja maupun tidak sengaja dan baik magnet alami atau buatan. ibarat contohnya, kita mendengarkan musik, itu juga di pengaruhi magnet yang ada di speaker, kipas angin juga memakai magnet biar sanggup berputar.

Tapi tahukah anda sekalian wacana sejarah inovasi magnet itu, anda tidak perlu kawatir alasannya sesaat lagi anda akan mengetahui klarifikasi lengkap pada Bab IPA ini, alasannya tujuan dari materi sekolah hanyalah membuatkan ilmu kepada anda semuanya biar anda benar-benar paham semua materi yang ada, sehingga materi yang ada  dapatkan sanggup mempunyai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tambahan wawasan pengetahuan bagi kita semua

Magnet atau magnit ialah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti kerikil Magnesian. Magnesia ialah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa kemudian yang kini berjulukan Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung kerikil magnet yang ditemukan semenjak zaman dulu di wilayah tersebut.

 Apakah anda sudah pernah melihat Magnet Sejarah Ditemukannya Magnet

Sekitar tahun 4.000 SM orang Yunani dan Romawi Kuno, telah mengenal kerikil hitam yang mempunyai sifat khusus. Batu hitam ini mempunyai daya yang sanggup menciptakan logam-logam tertentu melekat pada kerikil tersebut. Mereka juga mengetahui bahwa jikalau kerikil itu digantung dengan tali, salaujungnya mengarah ke utara. Ketika itu mereka percaya bahwa daya yang dimiliki kerikil itu berasal dari kekuatan gaib. Batu itu selanjutnya diberi nama magnet. Kata magnet berasal dari Magnesia, yaitu nama tempat di Macedonia. Ditempat tersebut kerikil yang bersifat magnet itu ditemukan untuk pertama kalinya.

pada waktu itu orang belum tahu banyak wacana kegunaan magnet. Mereka hanya tahu bahwa magnet sanggup dipakai sebagai petunjuk arah mata angin. Pada sekitar tahun 2.000 SM orang china telah memakai kerikil magnet untuk menciptakan alat penunjuk arah mata angin. Alat ini sangat mempunyai kegunaan ketika di kerajaan Cina terjadi pemberontakan. Pada dikala perang terjadi banyak bangunan yang dibakar sehingga asap tebal menyelimuti tempat peperangan.

Dalam keadaan ibarat itu, banyak prajurit tidak tahu arah. Akan tetapi, bagi prajurit kerajaan hal tiu tidak menjadi masalah. Mereka memasang boneka dibagian depan kereta perangnya. Boneka itu terbuat dari kerikil magnet. Boneka dibentuk sedemikian rupa sehingga tangannya selalu menunjuk arah selatan. Dengan petunjuk boneka tersebut, prajurit kerajaan sanggup memilih arah yang dituju.

dongeng diatas menerangkan bahwa magnet sudah dikenal orang semenjak dahulu kala. Pada waktu itu magnet dipakai sebagai penunjuk arah mata angin.

Berdasarkan asalnya magnet ada 2 jenis, yaitu:

Ø  Magnet Alam
Ø  Magnet Buatan

Asal-usul Kemagnetan

  • Kata magnet berasal dari kata magnesia, yang merupakan nama suatu tempat di Asia Kecil, dimana ditemukannya kerikil besi lebih dari 2000 tahun yang lalu.
  • Bangsa Cina sudah memakai petunjuk arah kompas magnetik dalam pelayaran kira-kira mulai tahun 1200.

Penggunaan Magnet

  1. Thalles ialah orang pertama yang meneliti wacana kerikil magnet .
  2. Magnet pertama kali dipakai untuk kompas oleh bangsa Cina
  3. Dalam perkembangannya magnet kini dipakai diberbagai alat dari yang sederhana hingga yang sangat canggih dan modern

Baca : Pengertian Magnet
Itulah sedikit ilmu mengenai Sejarah Ditemukannya Magnet dan materi pelengkapnya yang sanggup aku berikan, semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda semuanya yang membutuhkannya, selamat berguru dan jangan lupa dishare ke teman-teman kalian ya, terimakasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔