Pengertian Geografi

10:20 AM
Apa Itu Geografi? mungkin anda sekalian ada yang tidak tau wacana apa itu Geografi mata pelajaran IPS yang kita pelajari di dingklik sekolah. lantaran berdasarkan aku pelajaran geografi itu aku sukai lantaran kita bisa mengenal wacana seluk beluk bumi menyerupai daerah tempat yang indah indah walaupun fenomena alam. disini akan kita pelajari apa itu geografi berdasarkan para ahli.

Pengertian geografi secara etimologis (asal kata) yaitu gêo ("Bumi") dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan"), jadi secara umum geografi ialah goresan pena wacana bumi. Adapun pengertian secara terminologis (istilah), banyak sekali yang mengartikan “geografi” itu sendiri.

 mungkin anda sekalian ada yang tidak tau wacana apa itu Geografi mata pelajaran IPS yang Pengertian Geografi

Konsep geografi telah ada semenjak zaman dahulu kala. Bangsa Yunani Kuno telah berusaha mendokumentasikan aneka macam macam keterangan yang berkaitan dengan geografi. Geograf pertama pada masa itu ialah Thales (640-546 SM). a telah menyibukkan diri dengan aneka macam penelitan dan menggali gosip geografi dengan melaksanakan perjalanan ke aneka macam tempat. Langkah Thales diikuti oleh geograf Yunani lainnya. Sebut saja Herodotus (485-425 SM) yang menciptakan geografi sekitar wilayah timur tengah, Phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan yang paling fenomenal ialah Eratosthenes (276-194 SM) yang bisa menghitung keliling bumi hanya berselisih 1% dari keliling sebenarnya.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli.

Berikut ini ada beberapa pengertian geografi berdasarkan para jago atau pakar geografi.
  1. Immanuel Kant. Geografi ialah ilmu yang sumber obyek studinya ialah berupa benda-benda, tanda-tanda atau hal-hal yang tersebar luas di muka bumi.
  2. Yeates dan Hagget. Geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan mengenai perkembangan nasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memperkirakan distribusi spasial dan lokasi aneka macam karakteristik dari permukaan bumi.
  3. Hart Shorne. Geografi merupakan disiplin ilmu yang berusaha untuk menginterpretasikan dan menguraikan huruf variabel dari satu daerah ke daerah lainnya di muka bumi sebagai wadah atau daerah insan untuk hidup.
  4. Claudius Ptolomaeus. Geografi ialah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
  5. Alexander Von Humboldt. Geografi ialah studi wacana imbas lingkungan alam terhadap manusia.
  6. Erasthothenes. Ia mengungkapkan Geografi bermula dari kata geographica yang artinya penggambaran atu penulisan mengenai bumi.
  7. Preston E James. Menurut pengungkapan beliau, bahwasannya geografi merupakan induk dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Hal itu disebabkan lantaran begitu banyak bidang ilmu pengetahuan yang sering dimulai dari keadaan permukaan bumi dan dilanjutkan pada studi masing-masing.
  8. Bintaro. Beliau menjelaskan bahwa Geografi intinya ialah ilmu pengetahuan yang menerangkan, menjelaskan sifat-sifat bumi, menganalisa seluruh tanda-tanda alam dan penduduknya serta mempelajari corak-corak yang khas wacana sebuah kehidupan dari unsur-unsur bumi.
  9. Elsworth Huntington. Geografi ialah studi mengenai fenomena pada permukaan bumi berikut penduduk yang menghuninya. Beliau pun menjelaskan bahwa adanya korelasi timbal balik antara sifat-sifat tanda-tanda  permukaan bumi dengan penduduknya.
  10. Prof. Bintarto. Menurut dia geografi merupakan ilmu yang mempelajari suatu korelasi kausal gejala-gejala di bumi dan semua insiden yang terjadi di bumi baik yang bersifat fisikal maupun yang bekerjasama dengan makhluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional , untuk kepentingan sebuah program, sebuah proses dan berhasilnya sebuah pembangunan.
  11. Mustofa Bisri, menyatakan bahwasannya geografi merupakan sebuah ilmu yang menjabarkan wacana permukaan bumi, iklim, cuaca, tanaman dan fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi itu sendiri.
  12. UNESCO mendefinisikan Geografi sebagai: 1. one agent synthesis; 2. a nexus study outside; 3. science in the use of land.
Baca juga : 
Cukup sekian dari aku wacana Materi IPS khususnya dalam pembahasan Pengertian Geografi. Semoga sanggup bermanfaat untuk anda semua, mohon maaf kalau ada kesalahan penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔