Pengertian, Definisi, Pembentukan,Arah Dan Asal Bentukkan Dari Stalaktit Dan Stalagmit

5:46 PM
Hai Kawan apakah kau pernah pergi mengunjungi gua kapur? Jika pernah maka akan menemukan banyak stalaktit dan stalagmit disana. Lalu apa perbedaan kedua fenomena geologi tersebut? Berikut ulasannya. Stalaktit dan stalagmit merupakan jenis deposit mineral yang biasa ditemukan pada gua-gua dan terbentuk oleh proses solusional dan deposisi. Stalaktit menggantung ke bawah dari langit-langit gua sedangkan Stalagmit muncul dari dasar gua mengarah ke atas. Berikut perbandingan antara Stalaktit dan Stalagmit di banyak sekali aspek

Definisi

  • Stalaktit yakni jenis deretan geologi yang menggantung dari langit-langit gua, mata air panas atau struktur bangunan buatan insan menyerupai jembatan dan tambang. 
  • Stalagmit yakni jenis fromasi batuan yang naik dari dasar atau lantai gua alasannya akumulasi materi tersimpan di lantai gua dari tetesan di langit gua.

Pembentukkan

Stalaktit terbentuk saat air yang mengandung banyak sekali macam mineral terangkut menetes dari langit-langit gua.
Stalagmit terbentuk dari akumulasi tetesan air bercampur mineral yang hingga ke dasar gua.

Arah

Stalaktit mengarah dari atas ke bawah. Stalagnit mengarah dari bawah ke atas.

Asal Bentukkan

Stalaktit sanggup dibuat dari pelarutan kerikil kapur, lava, es, mineral, lumpur, gambut atau pasir. Stalagmit sanggup dibuat dari pelarutan kerikil kapur, lava, es, lumpur, gambut, beton.
 Hai Kawan apakah kau pernah pergi mengunjungi gua kapur Pengertian, Definisi, Pembentukan,Arah dan Asal Bentukkan dari Stalaktit dan Stalagmit

Kedua jenis bentukkan di atas merupakan jenis speleothems yaitu deposit mineral yang terbentuk pada bab dalam sebuah gua melalui pengendapan mineral menyerupai Kalsium Karbonat yang membentuk kerikil kapur. Dikarenakan mereka terbentuk dari proses yang sama maka stalaktit dan stalagnit sanggup tumbuh dan terhubung satu sama lain dan disebut Kolom (Colums).

Tipe Pembentukkan

Batu Kapur

Bentuk paling umum dari stalaktit dan stalagmit muncul di wilayah karst atau gua kapur dan dibuat dari pelarutan CaCO3. Pembentukkannya sanggup memakan waktu hingga ribuan tahun tergantung kecepatan pedoman air di dinding gua.

Lava

Stalaktit dan stalagmit sanggup terbentuk juga di area kubah lava dengan pedoman lava yang masih aktif. Pembentukkan dari lava ini relatif singkat yaitu  dalam hitungan jam, hari dan ahad tidak menyerupai pada wilayah karst yang lama.

Es

Stalaktit dan stalagmit tipe ini terbentuk jikalau suhu beku menciptakan pedoman es dari atap gua memadat. Proses pembentukkannya relatif cepat sama halnya dengan tipe lava.

Beton

Manusia juga sanggup menciptakan struktur stalaktit dan stalagmit dengan memakai beton. 
Selain bentuknya yang indah, ternyata ada fakta unik yang menyebutkan bahwa stalaktit dan stalakmit ternyata sanggup mengeluarkan bunyi. Di Gua Tambuhan, di tempat Pacitan, kita sanggup mendengarkan nyanyian sinden diiringi bunyi musik gamelan. Uniknya bunyi musik gamelan tersebut bukan berasal dari alat musik biasa, melainkan bunyi yang berasal dari stalaktit gua tersebut. Saat dipukul, stalaktit tersebut akan mengeluarkan bunyi menyerupai bunyi gamelan yang harmonis. Berbeda dengan Gua Pindul, yang terletak di tempat Gunung Kidul yang mempunyai Watu Gong (batu Gong) yang sanggup mengeluarkan bunyi menyerupai alat musik gong.. 

 Hai Kawan apakah kau pernah pergi mengunjungi gua kapur Pengertian, Definisi, Pembentukan,Arah dan Asal Bentukkan dari Stalaktit dan Stalagmit

Stalaktit dan Stalakmit di Gua Maharani (Jawa Timur) dan Gua Gong (Pacitan, Jawa Timur) juga menarik untuk dikunjungi. Penasaran dengan keindahan stalaktit dan stalaktit di dunia lainnya? Coba kunjungi gua-gua ini Cueva Martin Infierno (Kuba), Gua Shapur (Iran Selatan), Gua Choranche (Vercors, Perancis), Gua Altamira (Spanyol), Gua Mamonth (Amerika Serikat), Gua Carlsbad (Perancis).

Demikianlah pembahasan Materi IPS mengenai Pengertian, Definisi, Pembentukan,Arah dan Asal Bentukkan dari Stalaktit dan Stalagmit. Semoga dengan adanya ulasan tersebut sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔