Struktur Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen Dan Pola Cerpen

6:44 PM
Halo sahabat pelajar semua, masih menemani anda semua dalam mempelajari materi sekolah yang tentunya akan menjadikan sebuah media berguru melalui internet, dan saya harap dengan adanya blog sederhana ini akan membantu anda semua yang membutuhkan segala isu yang ada, pada pokok bahasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai Cerpen, khususnya Struktur Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen dan teladan cerpen.

Cerita Pendek atau yang lebih dikenal dengan CERPEN ialah karangan pendek
yang berbentuk prosa. pada pada dasarnya cerpen ini sebuah bentuk dongeng singkat dari kejadian lampau ataupun kisah seseorang yang dirangkum sedemikian rupa untuk dijadikan dongeng yang gampang dipahami oleh para pembacanya, adapun ciri-ciri cerpen ialah sebagai berikut
 masih menemani anda semua dalam mempelajari materi sekolah yang tentunya akan menjadikan  Struktur Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen dan Contoh Cerpen

CIRI-CIRI CERPEN


Sebuah cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa, dan pengalaman. Tokoh dalam cerpen tidak mengalami perubahan nasib. Adapun ciri-ciri sebuah cerpen ialah sebagai berikut.
  1. Bentuk goresan pena singkat, padat, dan lebih pendek daripada novel.
  2. Tulisan kurang dari 10.000 kata.
  3. Sumber dongeng dari kehidupan sehari-hari, baik pengalaman sendiri maupun orang lain.
  4. Tidak melukiskan seluruh kehidupan pelakunya karena mengangkat dilema tunggal atau sarinya saja.
  5. Habis dibaca sekali duduk dan hanya mengisahkan sesuatu yang berarti bagi pelakunya.
  6. Tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konflik hingga pada penyelesaiannya.
  7. Penggunaan kata-katanya sangat hemat dan gampang dikenal masyarakat.
  8. Meninggalkan kesan mendalam dan efek pada perasaan pembaca.
  9. Menceritakan satu kejadian dari terjadinya perkembangan jiwa dan krisis, tetapi tidak hingga menjadikan perubahan nasib.
  10. Beralur tunggal dan lurus.
  11. Penokohannya sangat sederhana, singkat, dan tidak mendalam.

STRUKTUR CERPEN


secara umum struktur cerpen di bagi menjadi beberapa cuilan yaitu;


1. Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari dongeng pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian kejadian atau bisa juga sebagai citra awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional atau dalam artian bahwa setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur ajaib tersebut.

2.Orientasi

Orientasi berkaitan dengan waktu, suasana, dan daerah yang berkaitan dengan jalan dongeng dari cerpen tersebut.

3.Komplikasi

Komplikasi berisi urutan kejadian-kejadian yang dihubungkan secara alasannya ialah dan akibat. Pada komplikasi, biasanya mendapat abjad ataupun tabiat dari banyak sekali tokoh dongeng pendek tersebut, hal ini karena pada cuilan komplikasi kerumitan mulai bermunculan.

4.Evaluasi

Evaluasi yaitu struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada titik puncak serta sudah mulai mendapat penyelesaiannya dari konflik yang terjadi tersebut.

5.Resolusi

Pada cuilan resolusi, pengarang mulai mengungkapkan solusi yang dialami tokoh.

6.Koda

Pada cuilan koda, terdapat nilai ataupun pelajaran yang sanggup diambil dari dongeng pendek tersebut oleh pembacanya.

Untuk klarifikasi cerpen yang lain silahkan klik link dibawah ini:

CONTOH CERPEN


Berikut beberapa teladan cerpen yang bisa anda jadikan teladan dalam menciptakan cerpen kalau anda ditugaskan oleh bapak/ibu guru kalian

Juru Masak
Damhuri Muhammad

Perhelatan bisa kacau tanpa kehadiran lelaki itu. Gulai kambing akan terasa hambar karena racikan bumbu tidak meresap ke dalam daging. Kuah gulai kentang dan gulai rebung bakal encer karena keliru menakar jumlah kelapa parut hingga setiap sajian masakan kekurangan santan. Akibatnya, berseraklah ftnah dan cela yang mesti ditanggung tuan rumah. Bukan karena kenduri kurang meriah, tidak pula karena pelaminan daerah bersandingnya pasangan pengantin tak sedap dipandang mata, tetapi karena macam-macam hidangan yang tersuguh tak menggugah selera. Nasi banyak gulai melimpah, tetapi helat tak bikin kenyang. Ini celakanya bila Makaji, juru masak handal itu tidak dilibatkan.

Beberapa tahun lalu, pesta perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus, bahkan hampir saja batal. Keluarga mempelai laki-laki merasa dibohongi oleh keluarga mempelai perempuan yang semula sudah berjanji bahwa semua urusan masak-memasak selama kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada Makaji, juru masak nomor satu di Lareh Panjang ini. Namun, di hari pertama perhelatan, ketika rombongan keluarga mempelai laki-laki tiba, gulai kambing, gulai nangka, gulai kentang, gulai rebung, dan aneka hidangan yang tersaji ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin keluarga calon besan itu bisa dibohongi? Lidah mereka sudah sangat terbiasa dengan masakan Makaji.

“Kalau besok gulai nangka masih sehambar ini, kenduri tak usah dilanjutkan!” ancam Sutan Basabatuah, penghulu tinggi dari keluarga Rustamadji.
“Apa susahnya mendatangkan Makaji?”
“Percuma bikin helat besar-besaran bila sajian yang terhidang hanya bikin malu.”

Begitulah pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa hambar, sehambar gulai kambing dan gulai rebung karena bumbu-bumbu tak diracikoleh tangan hambar lelaki itu. Sejak dulu, Makaji tidak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta, tak peduli apakah tuan rumah hajatan itu orang terpandang yang tamunya membludak atau orang biasa yang hanya sanggup menggelar syukuran seadanya. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang. Di usia senja, ia masih tangguh menahan kantuk, tangannya tetap gesit meracik bumbu, masih kuat ia berjaga semalam suntuk.

***
“Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan pada yang lebih muda?” saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia mudik enam bulan lalu.
“Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
“Belum! Akan Ayah pikul beban ini hingga tangan Ayah tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji waktu itu.
“Kalau memang masih ingin jadi juru masak, bagaimana kalau Ayah jadi juru masak di salah satu rumah makan milik saya di Jakarta? Saya tak ingin lagi berjauhan dengan Ayah.”

Sejenak Makaji membisu mendengar proposal Azrial. Tabiat orang renta memang selalu begitu, walau terasa semanis gula, tak bakal eksklusif direguknya, meski sepahit empedu tidak pula buru-buru dimuntahkannya, mesti matang ia menimbang. Makaji memang sudah usang menunggu usul ibarat itu. Orang renta mana yang tak ingin berkumpul dengan anaknya di hari tua? Dan kini, gayung telah bersambut, sekali saja ia mengangguk, Azrial akan segera memboyongnya ke rantau. Makaji tetap akan memiliki kesibukan di Jakarta, ia akan jadi juru masak di rumah makan milik anaknya sendiri.

“Beri Ayah kesempatan satu kenduri lagi!
“Kenduri siapa?” tanya Azrial.
“Mangkudun. Anak gadisnya gres saja dipinang orang. Sudah terlanjur Ayahsanggupi, aib kalau tiba-tiba dibatalkan.”

Merah padam muka Azrial mendengar nama itu. Siapa lagi anak gadisMangkudun kalau bukan Renggogeni, perempuan masa lalunya. Musabab hengkangnya ia dari Lareh Panjang tidak lain ialah Renggogeni, anak perempuan tunggal beleng itu. Siapa pula yang tak kenal Mangkudun? Di Lareh Panjang, ia dijuluki tuan tanah, hampir sepertiga wilayah kampung ini miliknya. Sejak dulu, orang-orang Lareh Panjang yang kesulitan uang selalu beres di tangannya. Mereka tinggal menyebutkan sawah, ladang, atau tambak ikan sebagai agunan. Dengan bahagia hati Mangkudun akan memegang gadaian itu.

Masih segar dalam ingatan Azrial, waktu itu Renggogeni hampir akhir dari perguruan perawat di kota. Tidak banyak orang Lareh Panjang yang bisa bersekolah tinggi ibarat Renggogeni. Perempuan kuning langsat pujaan Azrial itu benar-benar akan menjadi seorang juru rawat. Sementara Azrial bukan siapa-siapa, hanya tamatan madrasah aliyah yang sehari-hari bekerja honorer sebagai sekretaris di kantor kepala desa. Ibarat emas dan loyang perbedaan mereka.

“Bahkan bila ia jadi kepala desa pun, tak sudi saya punya menantu anak juru masak!” hardik Mangkudun. Dan tak usang berselang, kabar ini berdengung juga di indera pendengaran Azrial.
“Dia laki-laki taat, jujur, bertanggung jawab. Renggo yakin kami berjodoh.”
“Apa kamu bilang? Jodoh? Saya tidak rela kamu berjodoh dengan Azrial. Akan saya carikan kamu jodoh yang lebih bermartabat!”
“Apa ia salah kalau ayahnya hanya juru masak?”
“Jatuh martabat keluarga kita bila laki-laki itu jadi suamimu. Paham kau?”

Derajat keluarga Azrial memang seumpama lurah tak berbatu, ibarat sawah tak berpembatang, tak ada yang bisa diandalkan. Tetapi tidak patut rasanya Mangkudun memandangnya dengan sebelah mata. Maka, dengan berat hati Azrial melupakan Renggogeni. Ia hengkang dari kampung, pergi membawa luka hati.

Awalnya ia hanya tukang basuh piring di rumah makan milik seorang perantau dari Lareh Panjang yang lebih dulu mengadu untung di Jakarta. Sedikit demi sedikit dikumpulkannya modal, semoga tidak selalu bergantung pada induk semang. Berkat kegigihan dan kerja keras selama bertahun-tahun, Azrial sekarang sudah jadi juragan, punya enam rumah makan dan dua puluh empat anak buah yang tiap hari sibuk melayani pelanggan.

Barangkali, ada hikmahnya juga Azrial gagal mempersunting anak gadis Mangkudun. Kini, lelaki itu kerap disebut sebagai orang Lareh Panjang paling sukses di rantau. Itu sebabnya ia ingin membawa Makaji ke Jakarta. Lagi pula, semenjak ibunya meninggal, ayahnya itu sendirian saja di rumah, tak ada yang merawat. Adik-adiknya sudah terbang hambur pula ke negeri orang. Meski hidup Azrial sudah berada, tetapi ia masih saja membujang. Banyak yang ingin mengambilnya jadi menantu, tetapi tak seorang perempuan pun yang bisa meluluhkan hatinya. Mungkin Azrial masih sulit melupakan Renggogeni, atau jangan-jangan ia tak sungguh-sungguh melupakan perempuan itu.

***
Kenduri di rumah Mangkudun begitu semarak. Dua kali meriam ditembakkan ke langit, menandakan dimulainya perhelatan agung. Tak biasanya pusaka peninggalan sesepuh sopan santun Lareh Panjang itu dikeluarkan. Bila yang menggelar kenduri bukan orang kuat ibarat Mangkudun, tentu tak sembarang dipertontonkan. Para tetua kampung menyiapkan pertunjukan pencak guna menyambut kedatangan mempelai pria. Para pesilat turut ambil cuilan memeriahkan pesta perkawinan anak gadis orang terkaya di Lareh Panjang itu. Maklumlah, menantu Mangkudun bukan orang kebanyakan, tetapi perwira muda kepolisian yang gres dua tahun bertugas, anak bungsu pensiunan tentara, orang disegani di kampung sebelah. Kabarnya, Mangkudun sudah banyak membantu laki-laki itu, semenjak dari sebelum ia lulus di perguruan kepolisian hingga resmi jadi perwira muda. Terdengar kabar bahwa perjodohan itu terjadi karena keluarga pengantin laki-laki hendak membalas jasa yang dilakukan Mangkudun di masa lalu. Aih, perkawinan atas dasar hutang budi.

Mangkudun benar-benar menepati janji pada Renggogeni, bahwa ia akan mencarikan jodoh yang sepadan dengan anak gadisnya itu, yang jauh lebih bermartabat. Tengoklah, Renggogeni sekarang tengah bersanding dengan Yusnaldi, perwira muda polisi yang bila tidak “macam-macam” tentu kariernya lekas menanjak. Duh, betapa beruntungnya keluarga besar Mangkudun. Tetapi, pesta yang digelar dengan menyembelih tiga ekor kerbau jantan dan tujuh ekor kambing itu tidak begitu ramai dikunjungi. Orang-orang Lareh Panjang hanya tiba di hari pertama, sekadar menyaksikan benda-benda pusaka sopan santun yang dikeluarkan untuk menyemarakkan kenduri, sehabis itu mereka berbalik meninggalkan helat. Bahkan ada yang belum sempat merasakan hidangan,
sudah tergesa pulang.

“Gulai kambingnya tak ada rasa,” bisik seorang tamu.
“Kuah gulai rebungnya encer ibarat kuah sayur toge. Kembang perut kami dibuatnya.”
“Masakannya tak mengenyangkan, tak mengundang selera.”
“Pasti juru masaknya bukan Makaji!”

Makin ke ujung, kenduri makin sepi. Rombongan pengantar mempelai laki-laki rahasia juga kecewa pada tuan rumah, karena mereka hanya dijamu dengan sajian masakan yang asal-asalan, kurang bumbu, kuah encer, dan daging yang tak kempuh. Padahal mereka bersemangat tiba karena pesta perkawinan di Lareh Panjang memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu rasa masakan hasil olah tangan juru masak nomor satu. Siapa lagi kalau bukan Makaji?

“Kenapa Makaji tidak turun tangan dalam kenduri sepenting ini?” begitu mereka bertanya-tanya.
“Sia-sia saja kenduri ini bila bukan Makaji yang meracik bumbu.”
“Ah, menyesal kami tiba ke pesta ini.”

***
Dua hari sebelum kenduri berlangsung, Azrial, anak laki-laki Makaji tiba dari Jakarta. Ia pulang untuk menjemput Makaji. Kini, juru masak itu sudah berada di Jakarta, mungkin tak akan kembali, alasannya ialah ia akan menghabiskan hari renta di bersahabat anaknya. Orang-orang Lareh Panjang akan kehilangan juru masak handal yang pernah ada di kampung itu. Kabar kepergian Makaji hingga juga ke indera pendengaran pengantin gres Renggogeni. Perempuan itu sanggup membayangkan betapa terpiuhnya perasaan Azrial sehabis mendengar kabar kekasih pujaannya telah dipersunting lelaki lain.
(Sumber: Damhuri Muhammad, 2009, Juru Masak: Sehimpun Cerita Pendek, Depok: Koekoesan)

untuk teladan cerpen lebih lengkap silahkan bisa baca dibawah ini ya;
CONTOH CERPEN BERBAGAI TEMA

Sedikit pelengkap ilmu dari saya yang bisa saya infokan mengenai Struktur Cerpen, kepada anda semuanya, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semuanya, terimakasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔