Pengertian Unsur, Macam-Macam Unsur,Lambang Unsur Dan Cara Penulisan Lambang Unsur

10:11 PM
Unsur yaitu zat tunggal yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa. Jumlah unsur hingga kini ada 114 jenis. Dari 114 jenis unsur itu, sebanyak 92 jenis unsur terdapat di alam, sedangkan sisanya merupakan unsur buatan. Unsur digolongkan menjadi unsur logam dan nonlogam.  Unsur logam menyerupai emas, perak, besi, alumunium, tembaga, raksa, dan sebagainya. Unsur nonlogam menyerupai hidrogen, oksigen dan belerang.

Benda yang ada di sekitar kita terdiri dari bagian-bagian yang kecil sebagai penyusun benda tersebut. Misalnya air yang mengandung gula. Ketika air gula dipanaskan, ada kepingan yang menguap, yaitu air. Air mengandung unsur oksigen dan hidrogen. Pada ketika itu terdapat pula kepingan gula yang menghitam menyerupai arang yang berupa karbon.Dengan demikian, gula terdiri dari bagian-bagian yang berupa karbon, hidrogen, dan oksigen. Bagian-bagian itulah yang disebut unsur.

Masih membahas dalam Materi IPA kelas 7, kali ini bahan sekolah akan menjelaskan secara rinci apa itu bekerjsama Pengertian Unsur, Jenis Unsur dan juga lambang unsur yang wajib anda ketahui, sehingga ini akan mempermudah anda nantinya dalam mempelajari pelajaran IPA, untuk itulah kalau anda ingin menguasai semua bahan saya berharap anda sanggup membudayakan semenjak dini berguru dan berguru dan juga rajin membaca. Untuk menyingkat waktu eksklusif saja yuk kita bahas satu persatu-satu dari pokok bahasan berikut;
  1. Pengertian Unsur
  2. Macam-macam Unsur
  3. Lambang Unsur
dari ketiga pokok bahasan diatas, saya akan memberikan secara rinci biar anda benar-benar paham terkait dengan bahan kalasifikasi zat yang ada pada kelas 7 pada kepingan 2, untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari bersama-sama.

Pengertian Unsur


Unsur diartikan sebagai kepingan zat murni yang kecil, sederhana, dan tidak sanggup diuraikan melalui reaksi kimia biasa. Unsur sanggup diuraikan dengan cara yang lain, sehingga terbagi menjadi beberapa atom. Atom sanggup diartikan sebagai partikel terkecil dari suatu unsur.

Macam-macam unsur

Unsur digolongkan menjadi 3, yaitu
  1. unsur logam (metal)
  2. Unsur logam sanggup menghantarkan listrik dan panas. Contoh unsur logam, baja, besi, seng, aluminium, tembaga, emas, perak, dan sebagainya.
  3. non logam (non metal)
  4. Unsur nonlogam tidak sanggup menghantarkan listrik dan panas. Contoh unsur nonlogam, hidrogen, oksigen, karbon dan helium.
  5. semilogam (semimetal)
  6. Unsur semilogam yaitu unsur yang sifatnya berada di antara logam dan nonlogam, yang sewaktu-sewaktu sanggup menghantarkan  listrik  dan  waktu  yang lain tidak sanggup menghantarkan listrik. Contoh semilogam, germanium dan silikon.

Lambang Unsur

No. Nama Unsur Lambang Keterangan
1 Hidrogen H Gas
2 Helium He Gas
3 Lithium Li Padat
4 Karbon C Padat
5 Nitrogen N Gas
6 Oksigen O Gas
7 Fluor F Gas
8 Neon Ne Gas
9 Aluminium Al Padat
10 Silikon Si Padat
11 Fosfor P Padat
12 Sulfur (belerang) S Padat
13 Ferum (besi) Fe Padat
14 Aurum (emas) Au Padat
15 Cobalt Co Padat
16 Nikel Ni Padat
17 Cuprum (tembaga) Cu Padat
18 Zincum (seng) Zn Padat
19 Argentum (perak) Ag Padat
20 Merkuri (raksa) Hg Cair
21 Platinum Pt Padat
22 Plumbun (timah hitam atau timbal) Pb Padat
23 Uranium U Padat
24 Neptunium Np Buatan
25 Plutonium Pu Buatan

Penulisan Lambang Unsur

Setelah kau memahami perihal pengertian dan pengelompokan unsur, kini kau akan mempelajari perihal nama-nama dan penulisan lambang unsur. Unsur yang telah ditemukan dan ditetapkan oleh para mahir kimia sekitar 108 jenis. Dari sekitar 108 jenis unsur itu dibentuk lambangnya, biar lebih gampang dalam menuliskan insiden reaksi kimia. Pada awalnya lambang unsur dinyatakan dengan gambar- gambar (icons).  anda sanggup melihat lebih jelasnya pada gambar dibawah ini;
 yaitu zat tunggal yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana  Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur,Lambang Unsur dan Cara Penulisan Lambang Unsur
 yaitu zat tunggal yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana  Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur,Lambang Unsur dan Cara Penulisan Lambang Unsur
Kemudian oleh John Dalton, seorang ilmuwan dari Inggris, unsur dilambangkan dengan lambang ling-karan yang sanggup diberi tanda berbeda-beda.

Sekitar tahun 1830, sistem penulisan lambang unsur diubah dengan memakai sistem Berzelius, yang ditemukan Jons Jacob Berzelius, mahir kimia dari Swedia. Sistem Berzelius inilah yang dipakai hingga sekarang. Cara penulisan lambang unsur pada sistem Berzelius mempunyai aturan:
  1. Nama unsur diambil dari bahasa Latin, rujukan besi (F), bahasa latinnya Ferum.
  2. Diambil dari karakter pertama, karakter pertama ditulis dengan kapital (besar), misalnya oksigen ditulis O.
  3. Apabila karakter pertamanya sama, maka memakai 2 karakter dengan karakter pertama kapital diikuti oleh salah satu karakter kecil lainnya, Contohnya nitrogen dan nikel, maka nitrogen ditulis dengan N, dan nikel ditulis dengan Ni.
Selanjutnya perhatikan nama-nama unsur dan lambangnya yang sudah dibakukan secara internasional dengan memakai sistem Berzelius.

Daftar Unsur dan Lambangnya yang Telah Dibakukan

 yaitu zat tunggal yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana  Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur,Lambang Unsur dan Cara Penulisan Lambang Unsur
Materi Sebelumnya Bab I : Pengertian Besaran
Sumber :
Buku IPA Kelas 7 SMP

Nah demikian yang sanggup saya jelaskan mengenai Unsur, yang mana sudah saya jelaskan lengkap mulai dari Pengertian Unsur, Macam-macam Unsur, Lambang Unsur dan Penulisan Lambang Unsur, semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda semuanya, terimakasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔