Alat Dan Sistem Pernafasan Pada Hewan

5:20 PM

Alat Dan Sistem Pernafasan Pada Hewan


Jika kita berbicara wacana Pernapasan pada hewan intinya pernapasan pada binatang sama dengan pernapasan pada manusia, Oksigen yang di gunakan sebagai proses oksidasi yang menghasilkan energi dan mengeluarkan CO2 serta Uap Air yang merupakan zat-zat sisa dari proses pernapasan. Sistem pernapasan pada binatang sanggup di kelempokkan menjadi beberapa bagian, di antaranya Pernapasan Pada Mamalia, Pernapasan Pada Aves, Pernapasan Pada Reptilia, Pernapasan Pada Amfibi, Pernapasan Serangga, Pernapasan Kalajenking, laba-laba, Pernapasan Cacing Dan Pernapasan pada Protozoa.

Tenang Sobat Materi Sekolah kesemua itu akan kita bahas secara detail dan tuntas di artikel ini, tidak akan ada sambungan deh pokoknya. biar tuntas teman bahagia dalam mengerjakan tugas, itu lebih baik dari pada di buat Part artikelnya, Baiklah pribadi saja teman bisa simak di bawah ini. Oke.....

Alat dan sistem pernafasan pada serangga

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Serangga mempunyai alat pernapasan berupa trakea. Hewan yang termasuk jenis serangga. Contoh serangga yakni nyamuk, belalang, lalat, rayap, dan kupu – kupu. Trakea yakni pembuluh-pembuluh halus yang bercabang dan memenuhi seluruh belahan badan serangga kemudian bermuara pada stigma. Stigma ialah lubang (corong) yang terletak di sisi badan belahan kanan kiri. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara. Oksigen tidak diedarkan melalui darah tetapi diedarkan melalui sistem trakea. Keluar masuknya udara disebabkan gerakan otot badan secara teratur.


Alat dan sistem pernafasan pada burung

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Burung mempunyai alat pernapasan berupa paru-paru. Selain itu, burung mempunyai kantong-kantong udara berdinding tipis. Kantong-kantong udara tersebut terhubung dengan paru-parunya. Ketika kantong-kantong udara digembungkan, badan burung sangat ringan. Kantong udara itu juga dipakai oleh burung untuk menyimpan udara yang dipakai pada waktu terbang.

Pada dikala terbang, burung tidak memasukkan udara melalui hidung. Tetapi dari pernapasannya berasal dari udara yang tersimpan dari pundi-pundi udara tersebut. Pada dikala burung tidak mengepakkan sayapnya (terbang) burung mengisi kembali pundi-pundi udaranya dengan udara melalui hidung.

Demikian pula dikala burung hinggap di suatu tempat. Kemudian sisa pernapasan akan keluar melalui hidung. Jalannya pernapasan burung adalah: Udara masuk melalui hidung => tenggorokan => pundi – pundi udara => paru – paru.

Alat dan sistem pernafasan pada Amfibi

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Hewan yang hidup di dua alam yaitu di darat dan di air disebut amfibi. Amfibi mempunyai alat pernapasan berupa paru – paru. Salah satu pola binatang amfibi yakni katak. Alat pernapasan katak yakni paru-paru dan kulit. Namun, ketika masih berbentuk kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas memakai insang. Insang tersebut terletak di luar tubuhnya terdiri dari lembaran-lembaran kulit luar yang halus dan mengandung kapiler darah. Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas memakai insang dalam. Insang dalam akan menyusut seiring dengan mulai berfungsinya paru-paru. Kemudian katak muda tumbuh menjadi katak dewasa.



Setelah menjadi katak dewasa, alat pernapasannya memakai paru-paru dan permukaan kulit. Dalam paru-paru terdapat banyak gelembung udara. Gelembung udara tersebut sangat tipis dan berselaput. Penuh dengan kapiler darah. Di dalam gelembung udara, terjadi pertukaran gas Gas oksigen diserap, sedangkan karbondioksida dikeluarkan. Katak juga bernapas melalui kulit . Oleh lantaran itu, kulit katak selalu kelihatan basah. Melalui kulit yang lembap itu katak mengikat oksigen.


Alat dan sistem pernafasan pada Ikan

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Alat pernapasan insang dimiliki oleh binatang yang hidup di air, menyerupai ikan. Ikan yang hidup di air tawar, air laut, maupun yang hidup di payau, semuanya bernapas dengan insang. Insang terletak pada belahan belakang kepala ikan. Insang terdiri atas lembar-lembar insang dan lengkung. Lembaran insang berwarna merah lantaran mengandung pembuluh darah. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara. Lengkung insang berwarna putih dan berfungsi sebagai kawasan melekatnya lembaran insang.

Bagaimanakah proses pernapasan pada ikan? 

Ikan bernapas dengan cara membuka dan menutup insang. Air yang masuk melalui lisan akan dikeluarkan melalui insang.

Pada dikala air melewati lembaran insang, terjadi pertukaran gas. Air, yang banyak mengandung oksigen, akan masuk melewati insang. Pada dikala yang sama, karbon dioksida akan keluar melalui pembuluh darah lembaran insang. Pembuluh darah pun akan mengikat oksigen yang berasal dari air. Oksigen yang telah diikat oleh ikan, disimpan pada gelembung renang yang juga berfungsi mengatur gerak naik turun.

Alat dan sistem pernafasan pada cacing tanah

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Cacing bernapas melalui permukaan kulit lantaran tidak mempunyai alat pernapasan khusus. Cacing menyukai kawasan yang lembab. Dengan cara demikian, kulit cacing terjaga kelembabapannya sehingga selalu lembap dan berlendir. Kulit yang lembap dan berlendir itu memudahkan perembesan oksigen dari udara.

Melalui pembuluh darah di permukaan kulitnya yang tipis, oksigen diikat oleh darah. Darah cacing bisa mengikat oksigen lantaran mengandung hemoglobin. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin itu selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh. Zat sisa pembakaran yang berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan dari badan juga melalui permukaan kulit.


Alat dan sistem pernafasan Kalajengking dan Laba-laba

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Kalajengking dan laba-laba besar (Arachnida) yang hidup di darat mempunyai alat pernapasan berupa paru-paru buku, sedangkan bila hidup di air bernapas dengan insang buku. Paru-paru buku mempunyai gulungan yang berasal dari invaginasi perut. Masing-masing paru-paru buku ini mempunyai lembaran-lembaran tipis (lamela) yang tersusun berjajar. Paruparu buku ini juga mempunyai spirakel kawasan masuknya oksigen dari luar. Keluar masuknya udara disebabkan oleh gerakan otot yang terjadi secara teratur.

Baik insang buku maupun paru-paru buku keduanya mempunyai fungsi yang sama menyerupai fungsi paru-paru pada vertebrata.


Alat dan sistem pernasan pada Reptilia

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Reptil bernapas dengan paru – paru. Udara masuk melalui hidung => batang tenggorokan => paru – paru. Dalam paru – paru, oksigen diserap, sedangkan karbon dioksida dikeluarkan. Contoh reptile yakni ular, kadal, buaya, cicak, dan biawak.

Paru-paru reptilia berada dalam rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru reptilia lebih sederhana, hanya dengan beberapa lipatan dinding yang berfungsi memperbesar permukaan pertukaran gas. Pada reptilia pertukaran gas tidak efektif.

Pada kadal, kura-kura, dan buaya, paru-paru lebih kompleks, dengan beberapa belahan-belahan yang menciptakan paru-parunya bertekstur menyerupai spon. Reptil yang sering berkubang di air contohnya buaya, lubang hidungnya sanggup ditutup selama menyelam. Tujuannya supaya air tidak masuk ke dalam paru – paru.


Alat dan sistem pernafasan pada Mamalia

 intinya pernapasan pada binatang sama dengan  Alat dan sistem pernafasan pada hewan


Hewan yang menyusui anaknya disebut mamalia. Mamalia ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. Mamalia yang hidup di darat mempunyai alat pernafasan menyerupai dengan sistem pernapasan pada manusia, yaitu hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Seperti kambing, sapi, kuda, kerbau.

Mamalia yang hidup di air juga bernapas dengan paru-paru, tetapi pada hidungnya dilengkapi katup. Katup itu akan menutup pada dikala menyelam dan akan terbuka pada dikala muncul dipermukaan air. Pada dikala muncul di permukaan, air mamalia yang hidup di air mengambil oksigen serta  mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Contoh mamalia yang hidup di air yakni paus, lumba-lumba dan duyung.

Sistem Pernapasan pada Porifera

Pada porifera, air yang membawa oksigen masuk melalui pori-pori badan (ostium) kemudian masuk ke koanosit secara difusi. Di dalam mitokondria pada sel koanosit, oksigen dipakai untuk mengurai molekul organik menjadi molekul anorganik yang disertai pelepasan karbon dioksida. Karbon dioksida dibawa keluar oleh air melalui spongosoel kemudian menuju oskulum dalam mitokondria sel koanosit.

Sistem Pernapasan pada Moluska

Hewan anggota filum moluska terdiri dari dua kelompok yaitu moluska darat dan moluska air. Moluska darat menyerupai bekicot, bernapas dengan paru-paru. Sedangkan moluska air menyerupai kerang bernapas dengan insang.

Sistem Pernapasan pada Arthropoda

Filum arthropoda terdiri dari 4 kelas yaitu crustacea, myriapoda, arachnida, dan insekta. Crustacea (udang dan kepiting) bernapas dengan insang, myriapoda (lipan dan luwing) bernapas dengan trakea, arachnida (laba-laba dan kalajengking) bernapas dengan paru-paru buku, dan insekta (serangga) bernapas dengan trakea.

Sistem Pernapasan pada Coelenterata

Coelenterata tersusun atas dua lapisan sel yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Pertukaran gas terjadi secara difusi pada sel di luar permukaan badan yang bersentuhan dengan air. Coelenterata mempunyai alat bantu pernapasan yaitu berupa lekukan jaringan yang disebut sifonoglifa.

Sistem Pernapasan pada Echinodermata

Hewan-hewan echinodernata menyerupai bintang laut, landak laut, dan mentimun bahari hidup di air laut. Echinodermata bernapas dengan insang kulit.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔