Pengertian Inspirasi Pokok (Cara Memilih Inspirasi Pokok, Teladan Inspirasi Pokok Di Awal, Di Final Dan Tersirat Dalam Setiap Kalimat)

10:20 PM
Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat) - Ide pokok merupakan inti dari isi paragraf. Setelah membaca sebuah novel atau dongeng apapun niscaya ada ilham pokoknya. Bagaimana cara memilih ilham pokok ?

Untuk mmengetahui lebih lanjut anda bisa mempelajarinya sendiri lewat artikel yang saya buat kali ini yaitu Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat). Selamat belajar.
 di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat)
Ide pokok ialah kalimat inti atau pokok paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Ide pokok didukung oleh ide-ide penjelas dalam paragraf.

Cara memilih ilham pokok sanggup dilakukan dengan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Bacalah setiap paragraf dalam bacaan dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir. Apakah kalimat pertama mengandung ilham pokok atau ilham penjelas? Apakah kalimat kedua yang mengandung ilham pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga kita menemukan ilham pokok paragraf. Ide pokok sebagai inti paragraf terletak dalam kalimat utama. Kalimat utama sanggup terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau utama. Ide pokok paragraf didukung oleh ilham penjelas. Ide penjelas disebut juga gagasan penjelas. Ide penjelas terletak dalam kalimat penjelas.

Contoh Ide Pokok

1. Ide pokok pada awal paragraf
Mesin mempermudah perkembangan industri. Mekanisasi industri memungkinkan dilakukannya produk massal dengan mutu tinggi, merangsang pedagang untuk berlomba-lomba menciptakan produk-produk baru. Selain itu, mesin juga bisa menekan biaya produksi.

Ide pokok paragraf
tersebut terletak pada awal paragraf. Paragraf ini disebut paragraf deduktif atau paragraf umum ke khusus. Paragraf ini disusun dengan mengemukakan pokok-pokok duduk kasus yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus.

2. Ide pokok pada final paragraf
Beberapa kalangan pengusaha yang masih memegang nilai-nilai bisnis yang higienis mulai menerapkan dan menyebarkan prinsip perdagangan baru. Mereka tetap beropini bahwa bisnis itu sebetulnya mengandung nilai-nilai yang luhur. Dengan bisnis, martabat insan menjadi ditinggikan dan termuliakan. Oleh alasannya itu, sifat serta tindakan jelek harus dilenyapkan dari dunia usaha.

Ide pokok paragraf di depan terletak pada final paragaf. Paragraf ini disebut paragraf induktif atau paragraf khusus ke umum. Paragraf ini disusun dengan menguraikan rincian hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum.

3. Ide pokok pada awal dan final paragraf
Anda telah lulus kuliah dan kesulitan mendapat pekerjaan. Berbagai kompetisi harus dilalui untuk mendapat pekerjaan tersebut. Anda harus bisa mencari alternatif perjuangan alasannya mendapat pekerjaan itu sulit.

Paragraf di atas merupakan paragraf adonan paragraf induktif dan paragraf deduktif. Paragraf adonan merupakan paragraf yang memaparkan kesimpulan di awal paragraf dan ditegaskan lagi di final paragraf.

4. Ide pokok tersirat dalam setiap kalimat

Doni menarik napas panjang. Menahan beban pikiran yang begitu berat. Ia mencoba tetap bersabar dengan segala perlakuan saudaranya. Di meja tamu, tampak Bram duduk dengan tenang. Tak sedikit rasa bersalah itu tampak. Sebaliknya, Doni merasa tak lezat kalau tidak sanggup membantu saudaranya.

Ide pokok tersirat dalam paragraf. Kalimat-kalimat yang membentuk paragraf tersebut memiliki kedudukan yang sama penting. Paragraf ini berupa uraian yang bersifat deskriptif atau naratif.

Demikian yang sanggup saya sampaikan mengenai bahan Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk anda semua dengan adanya Pengertian Ide pokok (Cara Menentukan Ide pokok, Contoh Ide Pokok di Awal, di Akhir dan Tersirat dalam setiap Kalimat) ini, mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔