Pengertian Batik Dan Jenis Batik

4:20 PM

Pengertian Batik dan Jenis Batik

Pengertian Batik dan Jenis Batik | Batik yaitu seni gambar di atas kain untuk pakaian yang dibuat dengan teknik resist memakai material lilin. Kata batik berasal dari bahasa Jawa yang berarti menulis. Teknik membatik telah dikenal semenjak ribuan tahun silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup terang wacana asal-usul batik. Ada yang menerka teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa sesudah dibawa oleh para pedagang India. Batick, bathik, batik, batique dan batek serta batix yaitu sebutan lain batik. Saat ini batik sanggup ditemukan di banyak Negara menyerupai Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat popular di beberapa Negara benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat populer di dunia yaitu batik yang berasal dari Indonesia dan Pekalongan merupakan ikon perkembangan batik nasional sehingga menerima julukan sebagai KOTA BATIK.

 Batik yaitu seni gambar di atas kain untuk pakaian yang dibuat dengan teknik resist meng Pengertian Batik dan Jenis Batik

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi keluarga raja-raja Indonesia di zaman dahulu. Pada masa itu batik dikerjakan hanya terbatas dalam katron saja dan akhirnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh alasannya yaitu banyak dari pengikut raja tinggal diluar keratin, maka seni batik ini dibawa oleh mereka keluar keraton dan dikerjakan di kawasan masing-masing. Dalam perkembangannya, batik yang dulu merupakan symbol feodalisme Jawa dimana ada batik untuk raja dan keluarganya serta batik untuk orang kebanyakan, lambat laun kerajinan batik yang disebut dengan batik tulis ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pakaian yang sangat digemari, baik laki-laki maupun wanita. Semula batik hanya dibuat di atas materi dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik yang sudah menjadi kain tradisional Indonesia juga dibuat di atas materi lain menyerupai sutera, polyester, rayon, dan materi sintesis lainnya. Di samping itu, cara pembuatannya juga mengalami perubahan. Selain batik tulis, yaitu batik yang motif batiknya dibuat dengan tangan, sekarang juga ada batik cap, batik printing, batik painting, dan sablon.

Jenis-jenis batik dikala ini sanggup ditemukan bermacam-macam. Jenis-jenis batik tersebut antara lain:
  1. Batik tulis: Batik tulis merupakan jenis batik Istimewa dan mahal dibanding batik yang lain, alasannya yaitu didalam pembuatan batik ini sangat dibutuhkan keahlian serta pengalaman, ketelitian, kesabaran, dan juga waktu yang usang untuk menuntaskan sebuah batik tulis. Untuk sebuah batik tulis paling cepat sanggup diselesaikan selama dua ahad oleh seorang pembatik, itupun dikarenakan cuaca yang cerah dan desain motif yang biasa dan juga tidak terlalu rumit.
  2. Batik cetak: Batik cetak atau disebut juga dengan batik cap, merupakan proses pembatikan yang memakai cap atau alat cetak atau stempel yang terbuat dari tembaga dan pada cap tersebut telah bersiklus batik. Sehingga proses pembatikan cetak (cap) ini sanggup jauh lebih cepat dan mudah. Untuk pengerjaan jenis batik ini sanggup diproduksi secara banyak dan juga hanya dibutuhkan waktu satu ahad untuk menuntaskan proses pembatikan ini.
  3. Batik printing: Batik printing disebut juga dengan batik sablon, alasannya yaitu proses pembatikan jenis batik ini sangant menyerupai dengan proses penyablonan. Motif batik telah di buat dan desain diprint diatas alat offset/sablon, sehingga sanggup sangat memudahkan pengerjaan batik khususnya pewarnaan sanggup pribadi dilakukan dengan alat ini.

Sekian uraian wacana Pengertian Batik dan Jenis Batik. Jika ada pertanyaan, saran/kritik, atau apresiasi sanggup Anda kirimkan melalui kotak komentar. Terima Kasih, agar bermanfaat. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔