Pengertian Dan Referensi Tawadhu, Sikap Tawadhu, Dan Arti Tawadhu

7:20 PM
Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu-Kita sebagai insan apalagi sebagai umat muslim dihentikan berperilaku takabur atau sombong. Salah satu penyakit hati dalam diri insan yang sanggup menutup jalan hidayah Allah swt yakni sifat sombong atau takabur. Orang Sombong Dalam Islam yakni Penyakit yg sanggup melanda seluruh lapisan masyarakat, dari yang kaya hingga yang miskin, orang alim dan bodoh, yang muslim maupun non muslim, dan lain-lainnya.

Sombong yakni tabiat utama dari Iblis, sebagaimana yang diterangkan dalam banyak ayat dalam Al- Qur’an. Sifat sombong memang sanggup hinggap pada siapapun, namun yang lebih mayoritas yakni mereka yang mempunyai banyak potensi.

Untuk lebih jelasnya anda sanggup berguru mengenai Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu, semoga kita mengerti hal-hal apa yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Selamat belajar.
Kita sebagai insan apalagi sebagai umat muslim dihentikan berperilaku  takabur atau som Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu

1. Pengertian Tawadhu dan Dalil Naqli-nya (Al-Qur’an)

Tawadhu artinya rendah hati atau tidak sombong. Jadi, tawadhu yakni ketundukan kepada kebenaran dan menerimanya dari siapa pun datangnya, baik dalam keadaan suka maupun tidak suka.

Lawan dari sifat tawadhu yakni takabur (sombong). Sifat takabur yakni sifat yang dibenci Allah dan rasul-Nya. Sebagaimana hadis Nabi dari Abdullah bin Mas’ud; bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda: “Sombong yakni menolak kebenaran dan menganggap remeh orang lain.” (H.R. Muslim)
Firman Allah swt:

Artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang beriman yang mengikutimu.” (Surah Asy-Syμr± [26]:215).

2. Contoh Perilaku Tawadhu Nabi Muhammad saw.

Sifat rendah hati membawa orang ke tingkat yang terhormat dan dihargai dalam masyarakat. Orang akan terhormat kalau mau menghormati orang lain. Sementara itu, sifat sombong sanggup menciptakan orang menjauh dan membenci. Rendah hati merupakan sifat nabi, rasul, sahabat nabi, dan orang-orang yang saleh. Salah satu bentuk ketawadhuan Rasulullah saw. yakni dia tidak suka dipuji dan disanjung secara berlebihan. Dari Umar bin Kha¯¯ab r.a., ia berkata:

Rasulullah saw. pernah bersabda, yang artinya:
“Janganlah kau sanjung saya (secara berlebihan) sebagaimana kaum Katolik menyanjung ‘Isa bin Maryam a.s. secara berlebihan. Aku hanyalah seorang hamba Allah, maka panggillah saya dengan sebutan: hamba Allah dan rasul-Nya.” (H.R. Abu Daud).

3. Perilaku Tawadhu dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang yang bertawadhu akan tampak dari sikap dan perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari. Ciri sikap tawadhu terbagi dua.
a. Tawadhu yang Terpuji
Tawadhu yang terpuji yakni ketawadhuan seseorang kepada Allah dan tidak mengangkat diri di hadapan hamba-hamba Allah swt. Contoh sikap tawadhu ini, antara lain:
1.tidak berlebihan, baik dalam perhiasan, makanan, dan minuman;
2.sopan santun dalam bertindak dan bersikap;
3.merendahkan nada suaranya;
4.gemar menolong orang yang membutuhkan pertolongan.

b. Tawadhu yang Dibenci

Tawadhu yang dibenci yakni tawadhunya seseorang kepada Allah alasannya yakni menginginkan dunia ada di sisinya. Contoh sikap tawa«u ini, antara lain:
1.bersikap susila alasannya yakni mempunyai maksud yang tidak baik;
2.tidak berlebihan menggunakan harta alasannya yakni takut dicuri atau dimintai zakat;
3.menolong orang yang membutuhkan derma dengan maksud ada imbalan dari yang ditolongnya.

Baca Juga : Macam Macam Rukun Islam dan Penjelasan 

Demikian sedikit dari bahan Islami yang sanggup saya sampaikan mengenai pembahasan perihal Pengertian dan Contoh Tawadhu, Perilaku Tawadhu, dan Arti Tawadhu. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu keagamaan anda semua. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔