Macam - Macam Imbas Nyata Dan Negatif Globalisasi

5:15 AM
Macam - Macam Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi - Kata Globalisasi sungguh begitu melekat pada kehidupan kita sesehari. Lantaran sesungguhnya globalisasi yakni satu fenomena umum di mana info serta korelasi bisa dengan praktis dibuka Secara mudah.

Globalisasi yakni suatu perkembangan yang tidak bisa dielakkan atau pun dicegah. Kemajuan-kemajuan di bidang teknologi komunikasi yang menghasilkan media massa yang canggih mempermudah terjadinya globalisasi. Teknologi informasi dan komunikasi telah menghubungkan insan seluruh dunia menjadi suatu sistem komunikasi. Teknologi telah memperlancar terbentuknya budaya dunia, yakni budaya yang dianut oleh seluruh umat insan di dunia ini. Budaya tersebut bisa saja berasal dari salah satu bangsa atau ras.

Masyarakat indonesia dalam masa Globalisasi ini kita tidak sanggup menghindar dari arus derasnya perubahan sebagai akhir canggihnya teknologi informasi, telekomunikasi, tatanan ekonomi dunia yang mengarah pada pasar bebas, serta tingkat efisiensi dan kompetitif yang tinggi di banyak sekali bidang kehidupan. Negara maju menjadi kiblat masa globalisasi Negara Indonesia. Suka atau tidak suka, mau atau tidak bangsa Indonesia harus mengikutinya, bila tidak akan ketinggalan terhadap globalisasi. Namun bergotong-royong kita bisa menjadi Negara yang bisa menghipnotis Negara lain.

Untuk bisa mempelajari lebih lanjut anda bisa mempelajarinya sendiri lewat artikel yang saya buat ini mengenai Macam - macam Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi. Selamat belajar.

Macam - Macam Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

 Globalisasi memang sudah dan akan terus terjadi. Akan tetapi, tidak semua orang oke dengan globalisasi. Mereka yang tidak oke umumnya menganggap globalisasi sebagai bentuk ketidakadilan.

A.Dampak Positif Globalisasi
    Globalisasi yang kini melanda dunia ternyata memberi efek positif pada kehidupan masyarakat. Pengaruh positif tersebut sebagai berikut:

1. Masyarakat Semakin Maju
  Globalisasi mengakibatkan masyarakat dengan praktis mendapatkan banyak sekali teknologi gres dari negara lain. Perkembangan teknologi semakin meluas hingga ke seluruh dunia. Mobil, motor, dan barang-barang elektronik semakin praktis didapatkan. Perkembangan teknologi di satu daerah dengan praktis segera ditiru di daerah lain. Penemuan dan perkembangan teknologi mengakibatkan kemajuan pada kehidupan masyarakatnya.

2. Semangat Kerja Meningkat

 Salah satu akhir dari globalisasi yakni persaingan yang semakin cepat. Kita harus berjuang untuk sejajar dengan negara maju. Kita harus berjuang semoga masyarakat tetap bertahan pada masa global. Persaingan tersebut harus kau hadapi dengan semangat untuk belajar. Ingatlah! Sainganmu kelak berasal dari negara-negara lain. Kita mustahil berpangku tangan hanya pasrah pada nasib. Saatnya kini berbagi diri untuk meraih prestasi. Jika tidak negara kita akan semakin tertinggal.

3. Ruang Sosial Semakin Terbuka

 Berkat kemajuan teknologi insan sanggup berkomunikasi dengan mudah. Dengan fasilitas-fasilitas yang ada kau sanggup membuka luas pergaulanmu di seluruh penjuru dunia. Dengan e-mail, chatting, telepon, dan video call kau sanggup “menjumpai” teman-temanmu, bahkan yang berada di luar negeri sekalipun. Kamu tidak perlu pergi jauh-jauh, cukup gunakan fasilitas-fasilitas tersebut, komunikasi pun lancar.

4. Pertukaran Budaya

 Globalisasi mengakibatkan budaya aneh masuk dalam budaya suatu negara dengan mudah. Budaya masyarakat cepat sekali berkembang. Dahulu mungkin kita tidak pernah mengenal musik rock. Akan tetapi, kini konsernya sanggup kau nikmati di televisi. Merek-merek pakaian lengkap dengan pelengkap dari luar negeri banyak kau jumpai dijual di mal atau digunakan orang.

5. Pasar Semakin Luas

 Globalisasi ekonomi mengakibatkan hasil produksi dalam negeri sanggup dijual di luar negeri. Setiap negara sanggup memperoleh pasar yang jauh lebih luas. Akan tetapi, ada syaratnya, yaitu produk tersebut harus memiliki daya saing tinggi. Itulah kiprah berat bagi perusahaan-perusahaan Indonesia. Perusahaan harus sanggup menciptakan produk berkualitas semoga sanggup diterima di pasar luar negeri.

B.Dampak Negatif Globalisasi

1. Membanjirnya Produk Luar Negeri 

 Dalam globalisasi kita akan dihadapkan pada banyak sekali produk luar negeri. Mulai dari banyak sekali barang elektronik, mobil, dan motor yakni produk milik perusahaan di luar negeri.
Ditambah lagi dengan banyak sekali produk yang biasa digunakan sehari-hari menyerupai jarum, pulpen, pensil, mainan anak-anak, pakaian, dan sepatu. Barang-barang kebutuhan sehari-hari menyerupai sabun mandi, pasta gigi, dan detergen juga diproduksi oleh perusahaan asing. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak sangat potensial untuk menjadi target pasar banyak sekali produk luar negeri. Ditambah lagi pada masa global kendala perdagangan antarnegara menjadi semakin terbatas. Harga barangbarang menjadi lebih murah. Hal tersebut mengakibatkan produk dalam negeri semakin tersisih. Kegiatan produksi dalam negeri menjadi terabaikan.


2. Ketergantungan terhadap Negara Maju
 Macam Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi  Macam - Macam Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

 Negara berkembang termasuk Indonesia biasanya belum siap menghadapi globalisasi. Sarana dan prasarana ekonomi di negara berkembang masih kurang. Oleh alasannya yakni itu, negara berkembang akan berlomba-lomba mencari derma modal kepada negara maju. Akibatnya, negara maju yang memberi derma sanggup mengelola sumber daya di negara berkembang dengan bebas. Umumnya negara berkembang masih menjadi korban dengan adanya globalisasi. Oleh alasannya yakni itu, setiap negara mulai berbagi diri untuk meningkatkan daya saingnya.

3. Lapangan Kerja Semakin Sempit

 Globalisasi mengakibatkan banyak tenaga kerja aneh dengan praktis masuk ke dalam negeri. Mereka tiba sebagai tenaga hebat yang menguasai banyak sekali bidang kehidupan. Hal tersebut terang mengurangi kesempatan kerja bagi tenaga kerja dalam negeri. Persaingan kerja semakin meningkat. Tenaga kerja Indonesia tidak hanya bersaing dengan tenaga kerja dalam negeri. Mereka harus memperhitungkan masuknya tenaga kerja asing. Apalagi kini ini tenaga aneh masuk di semua bidang sebagai hebat profesional. Hal ini menjadi tantangan bagimu untuk terus berprestasi semoga bisa bersaing.

4. Kerusakan Lingkungan Hidup

 Mungkin kau sering mendengar isu-isu mengenai kerusakan lingkungan yang melanda dunia ketika ini. Isu kerusakan lingkungan yang akhir-akhir ini dibahas perihal pemanasan global. Kerusakan lingkungan tersebut bergotong-royong menjadi bahaya bagi seluruh penduduk dunia. Tuntutan kemajuan mengharuskan negara-negara melaksanakan banyak sekali cara. Salah satunya dengan perjuangan mengeksploitasi sumber daya tanpa perlu mempertimbangkan kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya. Akibatnya, polusi udara semakin merajalela. Pencemaran semakin tidak terkendali. Belum lagi sumber daya alam banyak yang rusak. Alam pun kesudahannya menjadi korban globalisasi.

5. Nilai-Nilai Sosial Semakin Hilang

 Masuknya budaya Barat dan semakin sibuknya setiap orang mengejar kemakmuran mengakibatkan nilai-nilai sosial semakin memudar. Masyarakat semakin mementingkan diri sendiri. Nilai kebersamaan dalam bahu-membahu dan musyawarah sudah mulai hilang. Orang sibuk bekerja setiap hari sehingga kurang peduli dengan lingkungan sekitar. Masyarakat yang hidup dalam semangat kegotongroyongan bergeser menjadi masyarakat individualistik yang hanya mementingkan kebutuhan pribadi. Norma, budaya, dan tradisi masyarakat juga berubah.

Globalisasi telah mengakibatkan korelasi antarbangsa semakin terbuka.
  Hubungan sosial antarbangsa difasilitasi oleh banyak sekali media informasi yang canggih. Globalisasi memang memberi efek positif dan negatif dalam kehidupan manusia. Globalisasi memang tidak harus ditakuti. Bagaimanapun globalisasi telah terjadi dan akan terus terjadi. Tidak ada seorang pun yang sanggup mencegahnya. Globalisasi sanggup menimbulkan perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat. Kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi segala persaingan yang terjadi. Bawa bangsa ini untuk menjadi sejajar dengan bangsa maju lainnya di dunia.

Itu saja yang sanggup saya sampaikan mengenai materi PKN khususnya dalam pembahasan Macam - Macam Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi. Semoga sanggup bermanfaat untuk anda semua, mohon maaf bila ada kesalahan baik penulisan maupun pembahasan. Terimakasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔