7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

7:20 AM
7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu - Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala persoalan, baik dilema yang berafiliasi dengan kehidupan beragama maupun dilema yang berafiliasi dengan kehidupan duniawi. Ilmu diibaratkan dengan cahaya, alasannya ialah ilmu mempunyai pungsi sebagai petunjuk kehidupan manusia, pemberi cahaya bagi orang yang ada dalam kegelapan.

Dengan ilmu kita bisa mengetahui mana yang hala dan mana yang haram, denga ilmu kita bisa mengerjakan shalat dengan benar, menjalankan puasa dengan benar serta bisa menyikapi aneka macam macam dilema hidup sesuai syariat islam yang benar. alasannya ialah mirip yang kita ketahui ditengah perkembangan zaman yang semakin jahiliyah mirip dikala ini, ilmu agama sangat penting untuk menimbang segala sesuatu yang muncul dihadapan kita. mereka yang tidak berakal malah akan berlaku sebaliknya, yaitu menuntaskan aneka macam macam dilema dengan hawa nafsunya.

Untuk mempelajari lebih lanjut ihwal 7 Macam Hadits Dalam Menuntut Ilmu Saya akan membagikan sedikit ilmu ihwal pengetahuan Islami yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Belajar merupakan sarana pembuka pintu keajaiban untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Jika ingin menjadi insan yang berakal lagi bijaksana, diharapkan pendidikan yang baik. Pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah, tetapi sanggup dilakukan di mana saja asal mengatakan pengalaman gres yang penting bagi kehidupan kita. Oleh alasannya ialah itu, semangat berguru jangan sampai
luntur, semenjak sekarang hingga janjkematian menjelang nanti. Islam memandang dan memberi penghargaan kepada mereka yang menuntut ilmu. Dalam beberapa hadits.

  Rasulullah saw. dijelaskan ihwal hal-hal yang berkaitan dengan menuntut ilmu. Ilmu merupakan sarana untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ilmu tidak tiba dengan sendirinya dan kalian harus berusaha keras untuk memperolehnya. Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi seorang muslim. Perintah dan keutamaan menuntut ilmu sanggup ditemukan dalam hadits Rasulullah saw.


Perhatikan beberapa hadits ihwal menuntut ilmu berikut ini.
1. Menuntut Ilmu Hukumnya Wajib

  Rasulullah saw. menjelaskan bahwa menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap muslim tanpa membedakan jenis kelamin, status sosial, maupun keadaan ekonominya. Kaya, miskin, laki-laki, perempuan, pemimpin, atau rakyat biasa wajib menuntut ilmu. Rasulullah bersabda mirip berikut.

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Artinya: Dari Anas bin Malik berkata: bersabda Rasulullah: ”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap orang Islam pria dan wanita . . . .” (H.R. Ibnu Majah)

2. Kemudahan Mendapat Jalan Menuju Surga

  Rasulullah saw. dalam sebuah hadits menjelaskan ihwal keutamaan menuntut ilmu. Selain akan mendapat petunjuk dalam meraih kesuksesan hidup di dunia, penuntut ilmu juga mendapat jaminan fasilitas di darul abadi kelak. Hadits Rasulullah yang menjelaskan ihwal keutamaan bagi orang yang menuntut ilmu di darul abadi kelak berbunyi mirip berikut.

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Artinya: Dari Kasir bin Qais dari Abu Darda' berkata: saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: ”Barang siapa berjalan di jalan menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke nirwana . . . .”
(H.R. Ibnu Majah)

3. Amal Penuntut Ilmu Tidak Putus

  Selain keutamaan menuntut ilmu yang telah dijelaskan dalam hadits di depan, masih ada beberapa keutamaan lain. Keutamaan lain bagi pemilik ilmu yang bermanfaat ialah pahala yang tidak putus-putusnya. Meskipun penyampainya telah meninggal dunia, selama ilmu tersebut masih diamalkan ia terus mendapat pahala. Keutamaan bagi orang yang menuntut ilmu lebih lanjut dijelaskan dalam hadits yang berbunyi mirip berikut.

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

  Artinya: Dari Abu Hurairah tolong-menolong Rasulullah saw. bersabda: ”Apabila meninggal manusia, terputuslah amalnya kecuali tiga masalah yaitu: Sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan untuknya (orang tua). (H.R. Nasa’i)

4. Perlunya Memperdalam Ilmu Agama Islam

  Ilmu agama merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Berikut ini hadits yang menegaskan pentingnya mempelajari ilmu agama. Hadits Rasulullah dari Ibnu Sihab, Hamid mengabarkan kepadaku, ia berkata: saya mendengar Muawiyah bin Abi Sufyan ketika berkhotbah berkata: saya mendengar Rasulullah bersabda:

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Artinya: ”Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan bagi dirinya maka Allah akan mengatakan pemahaman yang mendalam padanya (suatu ilmu) dalam agama (Islam).” (H.R. Muttafaq ‘Alaih)

  Segala sesuatu yang hendak dikerjakan atau dilakukan harus ada ilmunya. Seseorang tidak akan sanggup menulis dengan rapi dan anggun jikalau tidak mempunyai ilmu dalam bidang tersebut. Agar sanggup membaca ayat Al-Qur’an atau sebuah goresan pena diharapkan ilmu ihwal cara membaca. Oleh alasannya ialah itu, untuk memahami anutan agama Islam, seseorang harus mempunyai ilmu. Islam sebagai sebuah agama mempunyai ketentuan atau cara pandang yang berbeda dengan agama lain.

 Misalnya, ketentuan ihwal ibadah salat hanya terdapat dalam agama Islam. Agar sanggup mengetahui ketentuan salat seseorang harus mempunyai ilmunya. Oleh alasannya ialah itu, memperdalam ilmu agama Islam sangat penting dalam kehidupan semoga kita sanggup menerapkan syariat-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak mempunyai ilmu agama tentu kita tidak akan bisa menerapkan syariat atau anutan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

5. Rahmat Allah Swt. bagi Penuntut Ilmu

  Jika seseorang mempelajari ilmu yang bermanfaat dan membawa kemaslahatan bagi umat insan akan mendapat pahala yang sangat besar dari Allah Swt. Terlebih jikalau ilmu tersebut tetap digunakan oleh generasi penerus, berarti pahalanya terus mengalir. Ganjaran Allah Swt. lainnya bagi orang yang menuntut ilmu, yaitu akan diberi rahmat sebagaimana dijelaskan Rasulullah saw. dalam hadits berikut ini.

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. katanya, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, ”Ketahuilah dunia itu terlaknat. Semua isinya akan terlaknat, kecuali dengan zikrullah, apa saja yang menciptakan orang taat kepada Allah, orang alim, atau orang yang sedang menuntut ilmu.” (H.R. Tirmizi)

  Dalam hadits di atas dijelaskan bahwa pelajar dan orang alim termasuk yang akan mendapat rahmat. Mereka tidak termasuk orang yang terlaknat. Selain itu, orang yang berzikir juga termasuk golongan orang yang tidak terlaknat. Orang alim berarti orang yang berakal sekaligus mengamalkan ilmunya. Mengamalkan ilmu hukumnya wajib bagi seseorang yang telah mengetahui. Bahkan, pada hari final kelak setiap orang akan mempertanggungjawabkan cara mengamalkan ilmu yang telah diketahui. Ilmu yang diamalkan akan berkembang dan menyebar luas.

 Hal tersebut sanggup mendatangkan kemaslahatan bagi umat. Misalnya, salah seorang umat Islam mempunyai ilmu di bidang teknik pertanian. Jika diamalkan ilmu tersebut akan menyebar luas dan sanggup menjadi sarana untuk meningkatkan taraf hidup petani. Dalam pepatah Arab disebutkan bahwa ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. Pohon yang seharusnya berbuah mirip pohon mangga, jambu, rambutan, dan beberapa pohon lainnya jikalau tidak berbuah, tentu tidak memberi manfaat kepada pemiliknya.

 Ilmu yang diamalkan bagaikan satu biji padi yang akan tumbuh dan menghasilkan satu tangkai padi yang terdiri atas beberapa bulir. Jika bulirbulir pada yang ada dalam satu tangkai ditanam kembali, akan diperoleh banyak bulir-bulir padi. Demikianlah, ilmu yang diamalkan akan menyebar luas dan mendatangkan manfaat bagi orang lain.

6. Penuntut Ilmu Termasuk Fisabilillah

  Orang yang sedang menuntut ilmu berarti fisabilillah hingga ia kembali ke rumahnya. Fisabilillah berarti berada di jalan Allah Swt. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah saw. dalam hadits yang berbunyi mirip berikut.

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Artinya: Dari Anas r.a. meriwayatkan dari Rasulullah saw. bersabda, ”Siapa yang keluar (rumah) untuk mencari ilmu maka ia termasuk fisabilillah hingga ia pulang.” (H.R. Tirmizi )

7. Menuntut Ilmu Harus Ikhlas

  Menuntut ilmu harus didasari niat untuk mencari rida dari Allah Swt. Menuntut ilmu tidak diniati untuk memperoleh kebanggaan manusia, kebanggaan, apalagi alasannya ialah mengharap kekayaan. Seseorang yang menuntut ilmu tidak nrimo alasannya ialah Allah Swt. semata tidak akan mendapat pahala dari-Nya. Selain itu, Allah Swt. mengancam seseorang yang menuntut ilmu hanya untuk mendapat kekayaan dunia. Simaklah sabda Rasulullah saw. berikut ini.

Ilmu merupakan kunci untuk menuntaskan segala dilema 7 Macam Hadits Dalam Menuntu Ilmu

 Artinya: Dari Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, ”Siapa yang mempelajari ilmu yang semestinya demi mencari rida Allah, namun dengan mempunyai ilmu itu bermaksud memperoleh kekayaan dunia, ia tidak akan mencicipi anyir nirwana di hari kiamat.” (H.R. Abu Daud)

  Hadits di atas pada prinsipnya memberi peringatan kepada kita semoga tidak menukar agama dengan kepentingan duniawi. Bagi siapa saja yang menuntut ilmu tidak nrimo alasannya ialah Allah Swt. semata dan meniatkannya hanya untuk mendapat kekayaan dunia, tidak akan mencium anyir surga. Bayangkan saja, mencium anyir nirwana saja tidak bisa. Sungguh bahaya yang harus kita ingat dan jauhi. Dengan demikian, seluruh perjuangan kita termasuk dalam menuntut ilmu harus dilandaskan untuk mencari rida dari Allah Swt.

Cukup segitu saja bahan Islami yang sanggup saya sampaikan.Semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan anda semua dengan adanya bahan 7 Macam Hadits Dalam Menuntut Ilmu ini,kurang lebihnya saya minta maaf jikalau ada goresan pena yang kurang baik.Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔