Prediksi Un Biologi 2016

3:21 AM
SKL BIOLOGI UN 2016




SKL DASAR


  1. Siswa bisa memahami dan menguasai: ciri- ciri mahluk hidup dan kiprahnya dalam kehidupan
  2. Siswa bisa memahami tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem) – khusus ekosistem
  3. Siswa bisa memahami dan menguasai: struktur dan fungsi pada flora tinggi . struktur dan fungsi pada insan dan binatang vertebrata bagian-bagian sistem organ pada insan dan fungsinya gangguan-gangguan pada sistem badan manusia
  4. Siswa bisa memahami dan menguasai: struktur dan fungsi sel , susunan RNA, DNA, dan kromosom metabolisme sel , bioteknologi
  5. Siswa bisa memahami dan menguasai: hukum-hukum Mendel, asal-usul kehidupan teori evolusi
  6. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: dasar-dasar pengelompokan makhluk hidup, perubahan lingkungan, daur biogeokimia
  7. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: prosedur kerja sistem organ -pengaruh gangguan/serangan penyakit pada prosedur kerja organ
  8. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: -transpor membra –enzim -mekanisme reaksi katabolisme dan anabolisme-reproduksi sel-sintesis protein -dampak bioteknologi
  9. Siswa bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: penyimpangan semu aturan Mendel , pembentukan gamet , hereditas insan , petunjuk/bukti-bukti evolusi
  10. Siswa bisa memakai nalar dalam: percobaan pengelompokan makhluk hidup , perubahan lingkungan dan dampaknya
  11. Siswa bisa memakai nalar dalam: -gangguan/penyakit menurut uji laboratoriu percobaan perihal faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
  12. Siswa bisa memakai nalar dalam: -percobaan perihal transpor membran -percobaan metabolisme sel -percobaan bioteknologi
  13. Siswa bisa memakai nalar dalam: hereditas insan dalam peta silsilah kekerabatan antara teori dan prinsip menurut kasus evolusi


PENTERJEMAHAN 

SOAL PEMAHAMAN - C1  (level one)

  1. Menjelaskan kekerabatan basil dan Jamur peranannya dalam kehidupan 
  2. Menjelaskan suatu Deskripsi sebuah ekosistem darat (bioma) atau ekosistem aquatika siswa sanggup memilih jenisnya
  3. Disajikan jaring-jaring masakan pada suatu ekosistem tertentut, siswa sanggup menganalisis kekerabatan antar komponennya bisa Nichianya , tingkat trophinya atau energinya
  4. Dideskripsikan suatu jaringan tumbuhan , siswa sanggup mendeskripsi macam jaringan flora dengan perannya 
  5. Dideskripsikan suatu jaringan Hewan , siswa sanggup mendeskripsi macam jaringan Hewan/ Manusia dengan perannya 
  6. Disajikan deskripsi berupa gambar system organ pencernaan/ekskresi/ Reproduksi atau Respirasi siswa tahu kiprahnya misal lambung untuk mengubah masakan protein menjadi pepton lantaran adnya pepsin, atau dibagian mana terjadi difusi oksigen , atau pula dibagian mana urine sekunder dibuat OK
  7. Diberikan kasus deskripsi diagnosa siswa sanggup memilih gangguan atau kelainan dari system organ contohnya orkitis, kolik, anemia , leukemia, sklerosis, sirosis. embolus , trombus, diabetes melitus, dimensia 
  8. Disajikan gambar sel, siswa sanggup menjelaskan salah satu organel sel dan fungsinya
  9. Deskripsi asam Nukleotida DNA atau RNA bedanya, ikatan basa nitrogen penyusunnya, replikasinya 
  10. Disajikan diagram/deskripsi suatu metabolisme di sel siswa sanggup mengidentifikasi sebuah proses (bioproses) itu suatu katabolisme (penyederhana an)atau anabolisme(penyusunan) 
  11. Disajika kasus deskripsi Siswa sanggup menjelaskan prinsip dasar bioteknologi konvensional/modern tertentu tentu Konvensional berbasis fermentasi dan Bioteknologi modern berbasis Rekayasa / Manipulasi gen 
  12. Disajikan deskripsi persilangan monohibrida/dihibrida Mendell klasik , siswa sanggup mengintepretasi hasil persilangannya : Tahu penentuan gamet , produk Rekombinasinnya dan Ratio nya baik ratio fenotif dan ratio genotif pada F2 nya OK
  13. Disajikan deskripsi pembuktian teori biogenesis maupun abiogenesis modern (Stanley Miller- Urey) siswa sanggup menjelaskan proses/implikasi yang terjadi 
  14. Siswa sanggup menganalisa Teori Seleksi alam Darwin yang tertuang dalam On the Origin of species by Means of Natural selection yang penting dalam evolusi 
SOAL LEVEL 2 

  1. Diberikan deskripsi gambar, tabel atau kalimat dengan aneka macam cara siswa sanggup memilih  semuanya itu ada hubungannya dengan ciri organisme yang ditanyakan misal organisme itu niscaya Gymnospermae, Monokotil , Lumut , Tumbuhan Paku, Jamur Basidiomycota, Ciliata , Reptilia OK 
  2. Siswa sanggup menjelaskan dampak pencemaran/perubahan lingkungan dan tentu mengetahui apa yang menjadikan contohnya banyak CO2 yang dibuat insan dalam revolusi industri menyeabkan imbas rumah kaca, banyaknya penggunaan insektisida kimia menjadikan resistensi hama , penanaman produk pertanian yang monokultur tanpa diversivikasi juga akan besar lengan berkuasa pada lingkungan , kasus eutrofikasi tentu juga harus dipahami OK
  3. Diberikan diagram daur BioGeoKimia baik C-H-O-N-S-P siswa sanggup memilih tugas dan deskripsi proses yang terjadi
  4. Mekanisme kerja Enzim dengan Organnya di pencernakan, Posisi sendi pada kekerabatan antar tulang, Nefron pada kerja ginjal, Pergerakan darah dipembuluh pada sistem sirkulasi, Mekanisme menstruasi atau tugas kepingan otak besar , medula oblongata serta kerja hati dalam membentuk urea dalam deaminasi 
  5. Gangguan penyakit pada sistem sirkulasi , ekskresi sehabis terjadi analisa darah atau urinnya 
  6. Memahami Transport membran proses perpindhan zat dari satu tempat ke lainnya berupa osmose atau difusi bahkan Transprt aktif
  7. Siswa dapa membaca Grafik dengan kesimpulan yang didapatkan dari data grafik pada kerja enzim, percobaan pertumbuhan atau percobaan enzim katalase
  8. Disajikan diagram Reaksi Calvin Benson/ Reaksi gelap atau diagram Glikolisis atau Siklus Krebs siswa memahami maksud diagram itu    
  9. Sisa bisa memahami proses respirasi laktat atau Fermentasi alkohol ataupun fermentasi asam Cuka
  10. Siswa bisa mengidentifikasi setiap fase pada pembelahan mitosis baik Profase- Metafase - Aafase ataupun Telofase
  11. Siswa bisa memahami proses sintesa Protein baik itu Transkripsi - Translasi maupun Sintesa protein sendiri dengan memahami proses perubahan isyarat genetiknya 
  12. Siswa bisa memahami Dampak negatif dari produk Bioteknologi modern baik bagi mahkluk hidup maupun lingkungan 
  13. Siswa bisa menuntaskan soal Hukum semu Mendel baik Interaksi gen , Kriptomeri , Polymeri , Epistasi Hypostasis maupun Gen Komplementer dengan mengetahui Ratio fenotif dan genotifnya 
  14. Siswa bisa memilih urutan Gametogenesis , Mampu memilih proses miosis 1 da 2 nya maupun produk, tempatnya dan perbedaannya jikalau ditanya gametogenesis jantan dan betina
  15. Siswa sanggup membaca Pedigree atau Peta silsilah pada penyakit keturunan insan : albino, Butawarna, hemophily maupun penentuan golongan darah rhesus maupun ABO
  16. Siswa sanggup memilih Bukti yang real dari proses evolusi baik yang dilakuka August weisman , Darwin , Lamark , George Cuvier , Oparin 
  17. Siswa sanggup memilih nama jenis tanaman/ binatang dengan memakai Kunci determinasi 
  18. Siswa sanggup mengidentifikasi imbas yang muncul dari polutan entah itu polutan gas menyerupai CO2, SO2 atau NOx , CFC , smog atau radiasi Radio aktif ,   serta polutan sampah , DDT atau proses Eutrofikasi
  19. Siswa sanggup membaca jenis penyakit pada system organ pernafasan , ekskresi, pencernaan yang ditimbulkan dengan melihat analisa laboratorium yang disajikan
  20. Disajika data hasil pengukuran pertumbuhan bisa memilih berapa rata rata pertumbuhannya atau apa yang mempengaruhi hasil data tersebut ( bisa membaca data atau grafikdari data pertumbuhan )
  21. Diberikan data percobaan transport membran bisa mengetahui jenis kejadian apa yang terjadi atau jenis transport tersebut dengan alasannya
  22. Diberikan data percobaan kerja enzim katalase bagaimana optimal kerjanya
  23. Peta silsilah penyakit keturunan buta warna , hemophyli sebagai wakil sex linkage maupun penyakit albino , imbisil wakil dari autosomal linkage atau ellel ganda go; darah sanggup memilih kerurunan yang dihasilkan 
  24. Evolusi Darwin dan Lamarck , August weisman , Urey , stanley miller Louis pastuer maupun Hardy Weinberg dalam evolusi
  25. Peristiwa Speciasi dalam evolusi   
  26. Siswa sanggup menjelaskan prinsip dasar bioteknologi konvensional/modern tertentu
  27. Siswa sanggup menjelaskan kekerabatan yang benar antara bahan-mikroorganisme/sel-produk dari aplikasi bioteknologi konvensional-modern
  28. Siswa sanggup menjelaskan dampak penggunaan bioteknologi tertentu bagi masyarakat dan lingkungan
LATIHAN SOAL


1.   Diketahui kondisi abiotik suatu habitat ialah sebagai berikut.
  • Suhu sangat panas di waktu siang hari dan - suhu sangat hambar di waktu malam
  • Curah hujan rendah 
  • Vegetasi berupa tumbuhan xerofit
Jika terbentuk ekosistem, maka ekosistem yang cocok adalah….
A. padang lumut
B. hutan tropis
C. hutan bakau
D. padang gurun
E. hutan meranggas


2.


3. Perhatikan gambar protozoa berikut!

Berdasarkan gambar makhluk hidup tersebut adalah…
A. Stentor bergerak dengan ciliata
B. Paramecium bergerak dengan flagel
C. Amoeba bergerak dengan pseudopodia
D. Flagelata bergerak dengan flagel
E. Vorticella bergerak dengan ciliate

4. Perhatikan gambar!



Yang dijadikan dasar ke-3 binatang digolongkan Molluska ialah mempunyai ….
A. badan lunak, simetri bilateral
B. terlindung cangkang, radial simetri
C. berlendir, berkaki pipih
D. lunak, terlindung cangkang
E. lunak, bergerak dengan kaki perut

5. Pemerintah menetapkan suatu areal menjadi suaka margasatwa bertujuan untuk ....
A. melindungi hewan-hewan tertentu yang hampir punah di tempat baru
B. mengembangbiakan hewan-hewan tertentu yang hampir punah
C. membiarkan kehidupan satwa tertentu dengan tujuan untuk penelitian
D. melindungi habitat binatang tertentu dari kerusakan lingkungan
E. melindungi satwa-satwa yang endemik biar tidak menyebar ke kawasan lain

6. Ciri-ciri tumbuh-tumbuhan sebagai berikut :
  1. Memiliki akar, batang, dan daun sebenarnya
  2. Belum mempunyai akar, batang, daun sebenarnya
  3. Memiliki berkas pembuluh angkut
  4. Belum mempunyai berkas pembuluh angkut
  5. Memiliki fase protalium
  6. Memiliki fase protonema
Ciri-ciri yang dimiliki Pteridophyta adalah….
A. 1, 3 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 3, 5 dan 6
D. 4, 5 dan 6
E. 5, 6 dan 1

7. Perhatikan skema dibawah ini:


Berdasarkan skema merupakan daur hidup dari cacing, yaitu ….
A. Ascaris lumbricoides
B. Trichinell spiralis
C. Ancylostoma duodenale
D. Wuchereria bancrofti
E. Wuchereria bancrofti

8. Berikut anggota binatang Vertebrata:


Ke-dua binatang sanggup dikelompokkan sama lantaran mempunyai persamaan ciri, yaitu
A. Kulit ditutupi bulu
B. Suhu badan menyesuaikan lingkungan
C. Ovipar dengan telur bercangkang
D. Gigi bertaring
E. Jantung terdiri dari 2 atrium dan 2 ventrikel

9. Perhatikan jaring-jaring masakan berikut!


Organisme yang berperan sebagai predator dan berkedudukan sebagai konsumen II ialah ….
A. kelinci dan tikus kecil
B. elang dan serigala
C. elang dan burung hantu
D. tikus besar dan serigala
E. serigala dan burung hantu

10. Perhatikan gambar berikut!



Proses X dan Y yang terjadi pada daur biogeokimia tersebut ialah ….
A. respirasi dan fotosintesis
B. respirasi dan pembusukan
C. evaporasi dan transpirasi
D. transpirasi dan pembusukan
E. dekomposisi dan fotosintesis

11. Membuang sampah organik ke danau atau sungai akan berdampak jelek pada kehidupan organisme air. Hal ini lantaran pembusukan sampah organik sanggup menjadikan ….
A. pH air akan meningkat
B. air kekurangan oksigen
C. populasi cacing benalu meningkat
D. flora air kekurangan unsure hara
E. kandungan logam beracun meningkat

12. Perhatikan diagram percobaan berikut !

Peristiwa transport zat yang menjadikan perubahan larutan garam menjadi naik pada gambar tersebut adalah…..
A. Difusi, lantaran aquades hipotonis dan larutan garam hipertonis
B. Difusi, lantaran aquades hipertonis dan larutan garam hipotonis
C. Osmosis, lantaran aquades hipertonis dan larutan garam hipotonis
D. Osmosis, lantaran aquades hipotonis dan larutan garam hipertonis
E. Transport aktif, lantaran ada perbedan aquades dan larutan garam

13. Perhatikan gambar !


Organel sel yang berfungsi untuk sintesis protein dan fotosintesis ialah ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 2
D. 3 dan 5.
E. 4 dan 5

14. Perhatikan sayatan mikroskopis usus halus di bawah ini !


Jaringan yang ditunjukkan X ialah ....
A. kubus selapis untuk melindungi
B. pipih selapis untuk melindungi
C. silindris berlapis banyak untuk sekresi
D. kubus berlapisbanyak untuk filtrasi
E. silindris selapis untuk penyerapan sari makanan

15. Mekanisme yang terjadi dalam relaksasi pada serabut otot ialah …
A. memanjangnya ukuran otot akhir geseran molekul aktin dan miosin yang memerlukan energi dari pemecahan ATP
B. memendeknya ukuran otot akhir geseran miofibril yang memerlukan energi dari metabolisme aerobik glukosa
C. mengendurnya ukuran otot akhir geseran miofibril yang memerlukan ion kalsium dan fosfat anorganik
D. menggesernya filamen-filamen yang lebih tebal ke filamen yang lebih tipis dan diharapkan energi dari pemecahan asam piruvat
E. memanjangnya ukuran serabut otot akhir zona Z menjadi lebih pendek dan zona H menjadi lebih panjang yang prosesnya tidak memerlukan ATP

16. Perhatikan gambar sel darah berikut ini!


Dari hasil tes darah seorang pasien jumlah sel darahnya yang sesuai dengan gambar tersebut ialah 2,5 juta/mm3 (normalnya 4 – 6 juta/ mm3). Maka dokter sanggup mengira orang tersebut mengalami…
A. bisul virus HIV
B. bisul malaria oleh Plasmodium
C. demam berdarah oleh virus dengue
D. disentri akhir Amoeba
E. flu burung dari H5N1

17. Perhatikan gambar !

Berdasarkan gambar, enzim yang mengubah protein menjadi pepton terjadi pada organ nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

18. Nama udara pernafasan dan volume udara yang masuk atau keluar paru-paru ketika bernapas normal ialah ….
A. Kapasitas total paru-paru, 6000 cc
B. Volume tidal, 500 cc
C. Udara residu, 1500 cc
D. Udara cadangan inspirasi, 1500 cc
E. Udara cadangan ekspirasi, 1500 cc

19. Perhatikan gambar nefron berikut!

Proses yang terjadi pada kepingan Y dan jenis urin yang dihasilkannya ialah . . .
A. Filtrasi, urin primier
B. Filtasi, urin sekunder
C. Reabsorbsi, urin primer
D. Reabsorbsi, urin sekunder
E. Augmentasi, urin sesungguhnya

20. Berikut komponen saraf dari gerak refleks:
1. Neuron sensorik
2. Neuron motorik
3. Otak 
4. Sumsum tulang belakang 
5. Efektor
6. Reseptor
Jika terjadi gerak refleks, jalannya impuls saraf adalah....
A. 6 – 4 – 3 – 2 – 5
B. 6 – 2 – 4 – 1 – 5
C. 6 – 1 – 4 – 2 – 5
D. 5 – 4 – 3 – 2 – 6
E. 5 – 2 – 4 – 1 – 6


21. Perhatiakn proses prosedur menstruasi berikut!

Hormon yang memacu proses pembentukan sel ovum pada (X) dan hormon yang berperan pada kejadian (Y), secara berturut-turut adalah...
A. FSH dan LH
B. LH dan FSH
C. FSH dan estrogen
D. FSH dan progesteron
E. Progesteron dan estrogen


22. Antibodi dalam badan dibuat oleh …..
A. basofil
B. eosinofil
C. limfosit
D. neutrofil
E. monosit

23. Perhatikan tabel hasil percobaan berikut !


Berdasarkan percobaan tersebut sanggup disimpulkan bahwa …
A. pertumbuhan tumbuhan kurang optimal pada media adonan pakis dan sekam
B. nutrisi pupuk NPK dengan perbandingan 2 : 2 : 1 lebih efektif memacu pertumbuhan daun
C. pertumbuhan daun pada tanamn tidak dipengaruhi oleh penggunaan jenis pupuk
D. jenis pupuk anorganik ZA membentuk keindahan daun secara optimal
E. jenis pupuk urea sanggup dipakai untuk memacu kecepatan tumbuh daun

24. Perhatikan grafik kekerabatan aktivasi energi dengan enzim!


Kesimpulan yang sempurna perihal fungsi enzim menurut grafik ialah ….
A. tidak mempengaruruhi acara sel sehingga reaksi kimia relatif tetap
B. mengurangi energi aktivasi ssehingga reaksi kimia sanggup berlangsung cepat
C. meningkatkan energi aktivasi sehingga reaksi kimia berlangsung lambat
D. meningkatkan suhu dalam sel sehingga aktivasinya menjadi tinggi
E. menghambat jalannya reaksi kimia pada suhu rendah

25. Perhatikan skema respirasi aerob!

Dari skema tersebut, kejadian 1 dan 2 secara berturut-turut ialah ........
A. siklus Krebs dan glikolisis
B. siklus Krebs dan reaksi antara
C. glikolisis dan siklus Krebs
D. glikolisis dan STE
E. STE dan siklus Krebs

26. Glikolisis ialah suatu proses perombakan glukosa secara anaerob dalam sitoplasma sel, Hasil simpulan glikolisis ialah .....
A. 2 ATP, 2 Piruvat, dan 2 NADH2
B. 2 ATP, 2 Piruvat, dan NADH2
C. 2 ATP, 1 Piruvat, dan 2 NADH2
D. 4 ATP, 2 Piruvat, dan 2 NADH2
E. 2 ATP, 2 Piruvat, dan NADH2

27. Berikut ini denah siklus Calvin

Berdasarkan siklus Calvin tahapan 1, 2, dan 3 ialah ....
A. reduksi, fiksasi, dan regenerasi
B. regenerasi, fiksasi dan reduksi
C. reduksi, regenerasi, dan fiksasi
D. fiksasi, reduksi, dan regenerasi
E. regenerasi, reduksi, fiksasi

28. Proses fermentasi alkohol yang dilakukan Saccharomyces cereviceae (ragi) dalam nasi ketan yang mengandung karbohidrat sanggup dituliskan dalam persamaan reaksi....
A. C6H12O6 à C2H5OH + CO2
B. C6H12O6 à 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP
C. C6H12O6 à C2H5OH + 2CO2 + O2
D. C6H12O6 à 2C3H4O3 + 2H2
E. C6H12O6 à C2H5OH + 2H2O + 2CO2

29. Perhatikan gambar sebagian molekul DNA!

Berdasarkan gambar tersebut, hal yang benar mengenai molekul DNA ialah .…
A. 3 dan 4, basa purin yang terdiri dari guanin dan sitosin
B. 6 dan 7, basa pirimidin yang terdiri dari Adenin dan Guanin
C. 2 dan 5, gula pentosa ribose dengan 5 ataom karbon
D. 3 dan 4, anak tangga double helix yang terdiri dari basa nitrogen
E. 1 dan 2, induk tangga double helix yang terdiri dari gula ribosa dan formasi fosfat

30. Perhatikan skema sintesis protein berikut ini!


Bagian yang bertanda Y ialah proses….
A. transkripsi, yaitu proses pencetakan RNAd oleh DNA
B. transkripsi, yaitu proses pencetakan DNA oleh RNAd
C. translasi, yaitu proses penerjemahan isyarat oleh RNAt
D. translasi yaitu proses penerjemahan isyarat oleh DNA
E. replikasi,yaitu proses penggandaan DNA

31. Macam reproduksi sel dan fase pembelahan pada gambar A dan B secara berurutan ialah ….
A. Meiosis, metafase 1 dan telofase 1
B. Meiosis, anafase 1 dan telofase 1
C. Meiosis, metafase 1 dan anafase 2
D. Mitosis, metafase 2 dan anafase 1
E. Mitosis, metafase 1 dan telofase 1

32. Pada tumbuhan labu B (bulat) lebih banyak didominasi terhadap b (kisut), T (tinggi) lebih banyak didominasi terhadap t (rendah). Jika tumbuhan labu dengan genotip BbTt disilangkan dengan Bbtt dan menghasilkan populasi tumbuhan labu sebanyak 480 tanaman, maka jumlah individu yang berfenotip lingkaran tinggi ialah ….
A. 60
B. 120
C. 180
D. 240
E. 360

33. Tanaman gandum berkulit hitam (HhKk) disilangkan dengan yang berkulit kuning (hhKk). Jika gen H (hitam) epistasis terhadap gen K (kuning), maka perbandingan fenotip hitam : kuning : putih yang muncul pada keturunannya ialah ....
A. 2 : 1 : 1
B. 2 : 2 : 1
C. 4 : 2 : 2
D. 4 : 3 : 1
E. 6 : 2 : 2

34. Peta silsilah berikut mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X. Jika gen(C) untuk penglihatan normal dan gen (c) untuk buta warna, maka orang nomor berapa sajakah yang mempunyai gen (c) ?
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6


35. Sindrom down merupakan kejadian mutasi kromosom sehingga membentuk trisomik (2n + 1) yang disebabkan kejadian ….
A. gagal berpisahnya kromosom seks pada pembelahan meiosis
B. pindah silang sebagian kromosom badan nomor 21 pada pembelahan meiosis
C. gagal berpisahnya kromosom autosom nomor 21pada pembelahan meiosis
D. penggandaan set kromosom pada pembelahan meiosis
E. pelipatgandaan kromosom atutosom nomor 21 pembelahan meiosis


36. Stanley Miller memakai adonan gas metana (CH4), gas hidrogen (H2), amonia (NH4) dan uap air (H2O) dalam percobaannya. Dari hasil percobaan tersebut, Miller menunjukan bahwa …
A. teori abiogenesis ialah benar
B. kehidupan pertama terjadi di daratan
C. makhluk hidup pertama ada di udara
D. energi listrik diharapkan untuk membentuk makhluk hidup
E. senyawa organik sanggup terbentuk pada kondisi abiotik

37. Pernyataan yang mendukung teori evolusi Darwin adalah...
A. tikus berekor panjang dipotong ekornya beberapa generasi ekornya lengkap
B. perubahan suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang Menurun
C. evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan
D. jerapah berleher pendek menjadi jerapah berleher panjang
E. evolusi terjadi lantaran seleksi alam

38. Melalui teknik rekombinasi gen yang memanfaatkan basil E.coli sanggup diperoleh insulin dalam jumlah banyak dalam waktu relatif cepat. Bagaimanakah prinsip dasar teknik tersebut?
A. Sel prokarion basil dan sel eukarion pankreas melebur memberntuk sel hibrid.
B. Gen insulin sanggup bekerja lebih ekspresif pada E.coli.
C. Bakteri mengalami perubahan struktur kimia secara total.
D. Seluruh gen-gen basil sanggup memproduksi insulin.
E. Gen insulin dari sel pankreas disisipkan pada plasmid DNA bakteri.

39. Berikut ini ialah kekerabatan mikroorganisme, kegunaan dengan produk atau jasa yang diperoleh sebagai hasil pengembangan bioteknologi. Hal yang tidak benar ditunjukkan pada kekerabatan antara ….
A. basil Thuringiensis sp. sanggup sebagai bioinsektisida
B. Metanobacterium sp. untuk memurnikan galian tambang emas
C. interferon mempunyai kegunaan untuk pengobatan penyakit tertentu, menyerupai kanker
D. pembentukan bibit unggul dalam pemenuhan produksi pangan yang tinggi
E. Pembuatan hormon insulin untuk penderita penyakit diabetes

40. Salah satu dampak negatif penerapan bioteknologi transgenik produk unggul secara luas adalah...
A. dihasilkannya tumbuhan tahan hama
B. dihasilkannya tumbuhan yang sanggup memupuk dirinya sendiri
C. pengikisan plasma nutfah keanekaragaman genetik
D. hasil panen dengan tingkat produksi tinggi yang seragam
E. rekombinasi gen yang memunculkan variasi jenis baru


KREATIF meninggalkan jauh fpi



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔