Ini soal latihan ujian semester 1 kelas X untuk mereview kembali materi yang udah usang diajarkan apakah masih bisa OK
SOAL
1. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibuat melalui serangkaian acara ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ....
SOAL
1. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibuat melalui serangkaian acara ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ....
a. mempunyai objek kajian
d. universal
b. subjektif
e. sistematis
c. objektif
2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari perihal penggolongan makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi
d. histologi
b. teratologi
e. anatomi
c. filogeni
3. Pengertian ilmu biologi yakni ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada kini ini
c. ilmu yang mempelajari kekerabatan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari perihal keseimbangan alam
4. Cara untuk menciptakan hipotesis yang baik yakni ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami persoalan dan mempunyai daypikir yang baik
e. perlu melaksanakan percobaan atau eksperimen
5. Kegiatan observasi mencakup hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan
d. melihat
b. membau
e. meraba
c. mengecap
6. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi yakni ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan ada banyak sekali benda kecil yang bergerak aktif
c. bangkai tikus berbau busuk sehabis beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tumbuhan polong-polongan
7. Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti gres yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu
8. Berikut ini perilaku ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melaksanakan penelitian untuk kepentingannya
b. jujur
c. bertanggung jawab
d. disiplin
e. tekun
9. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan bersahabat yakni yang mempunyai ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak mempunyai persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan
10. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi
11. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup yakni sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk memilih kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya
12. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi yakni sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum
a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke
14. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.
- Panthera leo
- Canis familiaris
- Cavia cobaya
- Panthera tigris
Kekerabatan yang paling bersahabat di antara makhluk hidup tersebut yakni ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3
15. Pasangan berikut ini yang mempunyai kekerabatan paling dekat, yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah
a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.
17. Nama ilmiah kelapa yakni Cocos nucifera L. Arti abjad L yakni ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. akronim nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas
18. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri lantaran ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak mempunyai dinding sel
d. tidak mempunyai membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit
19. Virus dianggap sebagai makhluk hidup lantaran mempunyai ciri ....
a. sanggup menyerang manusia
b. sanggup bergerak
c. sanggup berkembang biak dalam sel hidup
d. sanggup menularkan penyakit
e. sanggup dikristalkan
a. virion
d. karbohidrat
b. protein
e. vitamin
c. lemak
21. Berikut ini merupakan ciri-ciri sains, kecuali ….
a. dasar perkembangannya dari pengalaman empiris
b. terdapat langkah-langkah sistematis dan baku
c. cara berpikir logis
d. objek kajian berupa benda konkret
e. hasil yang diperoleh bersifat subjektif
22. Cara mempelajari IPA dengan memakai keterampilan proses. Langkah keterampilan proses yang tidak perlu dilakukan oleh peneliti yakni ….
a. observasi
d. memprediksi
b. menggolongkan
e. meramalkan
c. menafsirkan
23. Urutan organisasi kehidupan dari tingkat rendah ke tinggi yakni ….
a. sel - molekul - jaringan - organ - sistem organ - individu
b. molekul - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu
c. jaringan - sel - molekul- organ - sistem organ - individu
d. sel - jaringan - sistem organ - organ - individu
e. makhluk hidup - sistem organ - organ - jaringan - sel - molekul
24. Kanker yakni penyakit yang diakibatkan lantaran adanya pertumbuhan sel yang tidak sanggup dikendalikan dan bersifat ganas. Cabang biologi yang memegang peranan dalam hal ini yakni ....
a. epidemiologi
d. sitologi
b. teratologi
e. bakteriologi
c. patologi
25. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari virus yakni ….
a. hanya sanggup hidup dalam sel-sel hidup
b. sanggup berbentuk kristal
c. tidak sanggup melewati saringan bakteri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas protein
26. Vaksin yakni suatu zat yang mengandung bibit penyakit yang sudah dilemahkan untuk membentuk kekebalan aktif. Vaksin yang biasa diberikan secara oral yakni vaksin untuk mencegah penyakit ....
a. tipus
d. polio
b. campak
e. hepatitis
c. difteri
27. Berikut ini nama-nama basil yang bermanfaat dalam produksi makanan.
- Lactobacilus casei
- Lactobacillus bulgaricus
- Acetobacter xylinum
- Streptococcus lactis
- Clostridium bitiricum
Di antara basil tersebut yang bermanfaat untuk pembuatan yoghurt dan nata de coco yakni ….
a. 1, 2, 3
d. 5, 4, 3
b. 1, 4, 3
e. 5, 2, 3
c. 1, 5, 3
28. Habitat basil terdapat di banyak sekali macam tempat. Jika keadaan lingkungan buruk, maka basil akan membentuk ….
a. kapsid dan endospora
d. flagela dan endospora
b. endospora dan selaput lendir
e. flagela dan selaput lendir
c. kapsid dan selaput lendir
29. Ketika nyamuk Anopheles betina menggigit manusia, maka akan keluar cairan ludah yang masuk ke dalam darah insan dan ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh manusia
dan membentuk ….
a. tropozoit
d. sporozoid
b. merozoid
e. ookista
c. ookinet
30. Jamur yang hidup bersama dengan tumbuhan tingkat tinggi dalam bentuk simbiosis mutualisme dinamakan ….
a. parasit
d. lichenes
b. saprofit
e. mikoriza
c. heterotrof
31. Bakteriofage yakni virus yang menyerang ....
a. bakteri
d. manusia
b. tumbuhan
e. serangga
c. hewan
32. Kultur yang paling sesuai untuk pembiakan virus yakni ....
a. medium agar
b. embrio tikus
c. kaldu steril
d. garam fisiologis yang steril
e. embrio ayam hidup
33. Tahap-tahap daur litik yang benar yakni ....
a. adsorpsi – injeksi – litik – perakitan – sintesis
b. adsorpsi – perakitan – sintesis – litik – injeksi
c. adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik
d. adsorpsi – injeksi – sintesis – litik – perakitan
e. adsorbsi – sintesis – injeksi – perakitan – litik
34. Fase yang tidak terdapat pada daur litik yakni ....
a. sintesis
d. penggabungan
b. perakitan
e. adsorbsi
c. injeksi
35. Virus yang mempunyai asam nukleat RNA yakni virus ....
a. HIV
d. influenza
b. cacar
e. herpes
c. hepatitisLATIHAN LAGI YA
1. Menurut sistem tiga kingdom, makhluk hidup dibagi sebagai berikut . . . .
a. Plantae, Animalia, Monera
b. Plantae, Animalia, Protista
c. Plantae, Animalia, Fungi
d. Plantae, Animalia, Archaeobacteria
e. Plantae, Animalia, Eubacteria
2. Pencetus teori abiogenesis atau generatio spontanea yakni . . . .
a. Francisco Redi
b. Louis Pasteur
c. Lazzaro Spallanzani
d. Schleiden
e. Aristoteles
3. Bagian sel yang berperan sebagai sentra pengaturan segala proses yang terjadi di dalam sel adalah
a. tubuh golgi
b. mitokondria
c. ribosom
d. nukleus
e. retikulum endoplasma
4. Perbedaan sel binatang dan tumbuhan yakni . . . .
a. dinding sel binatang kuat, dinding sel tumbuhan tipis
b. dinding sel binatang tipis, dinding sel tumbuhan kuat
c. sel tumbuhan tidak mempunyai vakuola, sel binatang mempunyai vakuola
d. sel tumbuhan tidak berplastida, sel binatang berplastida
e. sel tumbuhan di dalam pada dasarnya terdapat sentrosom, sel binatang tidak
5. Jaringan pada hewan, yang berfungsi mengoordinasikan dan meneruskan rangsang yakni . . . .
a. jaringan epitel
b. jaringan ikat
c. jaringan saraf
d. jaringan darah
e. jaringan tulang
6. Jaringan mesofil pada tumbuhan berfungsi untuk . . . .
a. melindungi permukaan tubuh tumbuhan
b. menciptakan masakan dengan proses fotosintesis
c. menyokong dan menguatkan tubuh tumbuhan
d. menghasilkan sel-sel gres untuk pertumbuhan
e. mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh
7. Kelompok individu dari satu spesies yang menduduki areal tertentu disebut . . . .
a. individu
b. ekosistem
c. bioma
d. komunitas
e. populasi
8. Pada bioma tundra didominasi oleh tumbuhan . . . .
a. lumut
b. rumput
c. kaktus
d. tumbuhan berbunga
e. tumbuhan paku
9. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus, yaitu . . .
a. zoologi
b. ekologi
c. botani
d. embriologi
e. bioteknologi
10. Manfaat mempelajari biologi di antaranya yakni . . . .
a. menjadi takut lantaran terdiri banyak sekali cabang ilmu
b. menjadi kurang berkembang lantaran ilmu yang dikajinya terbatas
c. kurang memuaskan dibanding mempelajari ilmu yang lain
d. kurang bisa menerapkan secara eksklusif pada kehidupan lantaran terlalu umum
e. di bidang pertanian bisa menghasilkan varietas gres lantaran ada genetika, evolusi, dan taksonomi
11. Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari kekerabatan . . . .
a. insan dengan organisme-organisme yang berada di sekelilingnya
b. suatu organisme dengan organisme lainnya
c. organisme dengan keadaan sekelilingnya
d. insan dengan organisme patogen
e. komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem
12. Sekelompok padi yang hidup pada sebidang tanah berdasarkan konsep dalam ekologi merupakan . .
a. spesies
b. individu
c. populasi
d. komunitas
e. ekosistem
13. Makhluk hidup sebagai komponen biotik dengan komponen abiotik merupakan satu kesatuan yang disebut sebagai . . . .
a. ekosistem
b. bioma
c. biosfer
d. habitat
e. komunitas
14. Sistem bercocok tanam monokultur pada dasarnya sangat merugikan, di antaranya yakni . . . .
a. meningkatkan sistem keanekaragaman hayati yang ada
b. meningkatkan kesuburan tanah
c. jumlah hama yang menyerang tumbuhan menjadi semakin berkurang
d. sanggup mengembalikan kualitas tanah menjadi lebih baik
e. sistem keanekaragaman hayati semakin berkurang sehingga memengaruhi sistem keseimbangan ekologi
15. Suatu kawasan yang mempunyai vegetasi yang khas lantaran efek ketinggian dan garis lintang disebut . .
a. ekosistem
b. populasi
c. habitat
d. bioma
e. biosfer
16. Hubungan yang terjadi antara seekor kambing dan lembu dalam suatu padang rumput yakni . .
b. alelopati
c. simbiosis
d. parasitisme
e. kompetisi
17. Di bawah ini yang termasuk agroekosistem yakni . . . .
a. sawah, danau, hutan, dan laut
b. sawah, ladang, kebun, dan tambak
c. laut, sawah, ladang, dan danau
d. danau, rawa, ladang, dan pekarangan
e. hutan, laut, danau, dan rawa
18. Di dalam ekosistem ada padi, tikus, ular, dan elang. Apabila populasi padi menurun dari pernyataan berikut ini yang benar yakni . . . .
a. ekosistem tetap seimbang
b. terjadi ledakan tikus dan elang
c. tidak kuat terhadap populasi tikus dan ular
d. populasi tikus, ular, elang menurun
e. rantai masakan akan berjalan terus
19. Pada ekosistem laut, kawasan yang mempunyai komponen biotik tingkat produsen yang paling tinggi jumlahnya yakni . . . .
a. abisal
b. batial
c. fotik
d. afotik
e. termoklin
20. Makhluk hidup yang bisa menguraikan sampah organik yang berasal dari tumbuhan mati dan bangkai ialah
a. basil dan jamur
b. basil dan ganggang
c. jamur dan rayap
d. ganggang dan cacing tanah
e. cacing tanah dan ulat
21. Proses perubahan nitrit menjadi nitrat disebut proses . . ., salah satu pola basil yang membantu proses tersebut contohnya . . . .
a. nitratasi, Nitrosomonas
b. nitratasi, Nitrobacter
c. nitritasi, Nitrosomonas
d. nitritasi, Nitrococcus
e. denitrifikasi, Nitrobacter
22. Pernyataan berikut ini yang benar, adalah. . . .
a. semakin bersahabat jarak transfer energi dari matahari, energi yang didapat semakin kecil
b. produsen yakni sumber energi yang ada dalam ekosistem di alam
c. semakin jauh jarak transfer energi dari matahari jumlah populasi semakin besar
d. jumlah energi yang didapat dalam setiap trofik jumlahnya selalu sama besar
e. semakin kompleks jaring-jaring masakan menunjukkan semakin stabil pula ekosistem tersebut
23. Proses perubahan nitrit atau nitrat menjadi nitrogen bebas di udara disebut . . . .
a. nitrifikasi
b. denitrifikasi
c. nitritasi
d. amonifikasi
e. nitratasi
24. Berikut yang dimaksud dengan konsumen puncak yakni . . . .
a. organisme yang tidak bisa dimakan oleh organisme yang ada di bawahnya
b. organisme yang sanggup memakan semua trofik
c. organisme yang memakan herbivora
d. trofik yang mempunyai jumlah biomassa yang terbesar
e. tingkat trofik yang mempunyai jumlah individu terkecil
25. Hubungan antara rantai masakan dan jaring-jaring masakan yakni . . . .
a. jaring masakan menyusun rantai makanan
b. mempunyai organisme yang sama
c. rantai masakan merupakan penyusun dari jaring-jaring makanan
d. mempunyai penyusun berbeda, namun tetap saling berhubungan
e. terdapat dalam ekosistem yang sama
26. Manfaat kita mempelajari pedoman energi yang terjadi dalam ekosistem yakni . . . .
a. menjadi dasar pengembangan ilmu biologi molekuler
b. makin menyayangi lingkungan
c. memahami proses terjadinya keseimbangan lingkungan
d. mengerti mengenai pentingnya organisme langka
e. mengerti pentingnya keberadaan produsen dalam ekosistem
27. Dalam ekosistem tersusun atas:
- Ikan karnivora
- Bakteri pengurai
- Fitoplankton
- Ikan herbivora
- Zat-zat organik
a. 1, 3, 5, 2, dan 4
b. 5, 3, 4, 1, dan 2
c. 5, 4, 3, 1, dan 2
d. 5, 1, 3, 2, dan 4
e. 5, 2, 3, 4, dan 1
28. Hal yang terjadi kalau suatu organisme hanya memakan satu macam organisme saja, yaitu . . . .
a. penyebarannya terbatas
b. gampang mati
c. cepat punah
d. kompetisi tinggi
e. tidak terdapat konsumen puncak
29. Ketika belerang dioksida di udara bersenyawa dengan air akan menjadi hujan asam. Berikut ini yakni dampak dari adanya hujan asam, kecuali . . . .
a. berkaratnya logam
b. rapuhnya bangunan
c. mengganggu pertumbuhan tanaman
d. merusak cat pada bangunan
e. manjadikan basa tanah naik
30. Transfer energi matahari yang diterima makhluk hidup dengan urutan sebagai berikut . . . .
a. tumbuhan- matahari- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
b. matahari- pengurai- tumbuhan-herbivora- karnivora- omnivora
c. matahari- herbivora- karnivora-pengurai- tumbuhan- omnivora
d. matahari- tumbuhan- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
e. matahari- omnivora- tumbuhan- herbivora- karnivora- penguraiTRY AGAIN UN KELAS X
1. Tumbuhan merupakan salah satu pola mahkluk hidup. Salah satu peranan tumbuhan dalam ekosistem yakni ............
A. Berperan penting dalam daur karbon dan oksigen
B. Menghasikan materi pangan
C. Sumber karbohidrat
D. Untuk materi bangunan
E. Untuk materi obat herbal
2. Ketika melaksanakan pengamatan tumbuhan pisang di kebun belakang rumahnya, Fuji menemukan di sekitar pohon induk pisang lima tunas pohon pisang. Ini menunjukkan bahwa pohon pisang tersebut melaksanakan .....
A. Pertumbuhan
B. Perkembangan
C. Perkembang biakan
D. Metabolisme
E. Adaptasi terhadap lingkungan
3. Yang bukan merupakan ciri mahkluk hidup yakni ...........................
A. Tumbuh
B. Membutuhkan nutrisi
C. Berkembang biak
D. Memiliki massa
E. Melakukan metabolism
4. Berikut ini yakni peranan yang ditunjukkan oleh beberapa mahkluk hidup :
1. Menghasilkan antibiotik
2. Menyebabkan materi masakan membusuk
3. Menimbulkan banyak sekali penyakit pada binatang piaraan
4. Untuk pembuatan vaksin
5. Sebagai gulma pada tumbuhan budidaya Peranan negatif yang ditunjukkan oleh mahkluk hidup ditunjukkan pada ..........
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5
5. Salah satu ciri yang ditunjukkan oleh mahkluk hidup yakni iritabilitas, maksudnya adalah..
A. Mampu menambah jumlahnya
B. Menghasilkan stabilitas ekosistem
C. Bereaksi terhadap adanya rangsang
D. Beradaptasi terhadap perubahan lingkungan
E. Membutuhkan nutrisi
6. Keberadaan tumbuhan menjadi sangat penting bagi kelangsungan hidup di muka bumi. Hal ini disebabkan lantaran tumbuhan ... Dapat dimanfaatkan untuk materi bangunan Menghasilkan fosil Mengendalikan daur CO2 dan O2 Memiliki klorofil Berperan sebagai produsen dalam ekosistem darat
7. Kelompok kucing, harimau dan anjing merupakan pola keanekaragaman hayati tingkat ................. Gen Species Jenis Ekosistem Komunitas
8. Berikut ini yakni beberapa nama jenis tumbuhan : mawar berbunga merah mawar berbunga putih kelapa sawit mawar berbunga ungu kelapa hijau kurma Jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat gen, adalah.. 1, 2 dan 3 1, 2 dan 4 2, 4 dan 5 3, 4 dan 5 4, 5 dan 6
9. Kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang kapri merupakan keanekaragaman hayati tingkat species lantaran ........... Keempat jenis tersebut merupakan satu species yang sama Keempatnya sama-sama berjulukan kacang Mereka mempunyai kandungan zat yang sama Keempatnya berbeda species tapi masih satu famili yang sama Keempatnya berbeda species tapi varietasnya sama
10. Cacing tanah, keluwing dan rayap merupakan komponen biotik dalam ekosistem yang berperan sebagai ...... Detritivor Karnivora Produsen Konsumen Dekomposer
0 Komentar
Penulisan markup di komentar