Ulangan Mid Semester 1 Biologi Ipa X

6:24 AM
Ini soal latihan ujian semester 1 kelas X untuk mereview kembali materi yang udah usang diajarkan apakah masih bisa OK

SOAL

1. Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan, prinsip, hukum, dan teori yang dibuat melalui serangkaian acara ilmiah. Suatu pengetahuan disebut ilmu bila mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ....
a. mempunyai objek kajian
d. universal
b. subjektif
e. sistematis
c. objektif

2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari perihal penggolongan makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi
d. histologi
b. teratologi
e. anatomi
c. filogeni

3. Pengertian ilmu biologi yakni ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada kini ini
c. ilmu yang mempelajari kekerabatan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari perihal keseimbangan alam

4. Cara untuk menciptakan hipotesis yang baik yakni ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami persoalan dan mempunyai daypikir yang baik
e. perlu melaksanakan percobaan atau eksperimen

5. Kegiatan observasi mencakup hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan
d. melihat
b. membau
e. meraba
c. mengecap

6. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi yakni ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan air kolam dengan mikroskop dan menemukan ada banyak sekali benda kecil yang bergerak aktif
c. bangkai tikus berbau busuk sehabis beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tumbuhan polong-polongan

7. Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti gres yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu

8. Berikut ini perilaku ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melaksanakan penelitian untuk kepentingannya
b. jujur
c. bertanggung jawab
d. disiplin
e. tekun

9. Makhluk hidup yang mempunyai kekerabatan bersahabat yakni yang mempunyai ....
a. persamaan dalam pemanfaatannya
b. banyak persamaan ciri-ciri
c. sedikit persamaan ciri-ciri
d. tidak mempunyai persamaan ciri-ciri
e. banyak perbedaan

10. Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut ....
a. klasifikasi
b. sistematika
c. taksonomi
d. takson
e. anatomi

11. Tujuan ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup yakni sebagai berikut, kecuali ....
a. untuk pelestarian makhluk hidup
b. untuk memudahkan dalam mempelajarinya
c. untuk memudahkan dalam mengenalinya
d. untuk memilih kedudukannya dalam takson
e. untuk memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya

12. Urutan tingkatan takson dari tingkat terendah ke tingkat tinggi yakni sebagai berikut ....
a. species – genus – kelas – ordo – famili – filum
b. species – genus – kelas – famili – ordo – filum
c. species – genus – famili – ordo – kelas – filum
d. species – genus – ordo – famili – kelas – filum
e. species – ordo – genus – kelas – famili – filum

13. Tokoh aktivis sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup, yaitu ....


a. Lamarck
b. Gregor Mendel
c. Charles Darwin
d. Carolus Linnaeaus
e. Robert Hooke

14. Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.

  1. Panthera leo
  2. Canis familiaris
  3. Cavia cobaya
  4. Panthera tigris
Kekerabatan yang paling bersahabat di antara makhluk hidup tersebut yakni ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 3

15. Pasangan berikut ini yang mempunyai kekerabatan paling dekat, yaitu ....
a. anjing dan serigala
b. serigala dan beruang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan rubah
e. beruang dan rubah

16. Cara penulisan yang benar untuk nama jenis tumbuhan ini yakni adalah ....


a. Zea mays L.
b. Zea Mays L
c. Zea M. L
d. Zea mays L
e. Zea Mays. L.

17. Nama ilmiah kelapa yakni Cocos nucifera L. Arti abjad L yakni ....
a. nama species
b. petunjuk takson
c. nama genus
d. akronim nama orang yang pertama mengidentifikasi
e. nama kelas

18. Jamur/fungi dipisahkan menjadi kingdom tersendiri lantaran ....
a. berkembang biak dengan spora
b. bersifat heterotrof
c. tidak mempunyai dinding sel
d. tidak mempunyai membran inti
e. hidupnya sebagian besar saprofit dan parasit

19. Virus dianggap sebagai makhluk hidup lantaran mempunyai ciri ....
a. sanggup menyerang manusia
b. sanggup bergerak
c. sanggup berkembang biak dalam sel hidup
d. sanggup menularkan penyakit
e. sanggup dikristalkan

20. Selubung virus tersusun dari ....


a. virion
d. karbohidrat
b. protein
e. vitamin
c. lemak

21. Berikut ini merupakan ciri-ciri sains, kecuali ….
a. dasar perkembangannya dari pengalaman empiris
b. terdapat langkah-langkah sistematis dan baku
c. cara berpikir logis
d. objek kajian berupa benda konkret
e. hasil yang diperoleh bersifat subjektif

22. Cara mempelajari IPA dengan memakai keterampilan proses. Langkah keterampilan proses yang tidak perlu dilakukan oleh peneliti yakni ….
a. observasi
d. memprediksi
b. menggolongkan
e. meramalkan
c. menafsirkan

23. Urutan organisasi kehidupan dari tingkat rendah ke tinggi yakni ….
a. sel - molekul - jaringan - organ - sistem organ - individu
b. molekul - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu
c. jaringan - sel - molekul- organ - sistem organ - individu
d. sel - jaringan - sistem organ - organ - individu
e. makhluk hidup - sistem organ - organ - jaringan - sel - molekul

24. Kanker yakni penyakit yang diakibatkan lantaran adanya pertumbuhan sel yang tidak sanggup dikendalikan dan bersifat ganas. Cabang biologi yang memegang peranan dalam hal ini yakni ....
a. epidemiologi
d. sitologi
b. teratologi
e. bakteriologi
c. patologi

25. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri dari virus yakni ….
a. hanya sanggup hidup dalam sel-sel hidup
b. sanggup berbentuk kristal
c. tidak sanggup melewati saringan bakteri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas protein

26. Vaksin yakni suatu zat yang mengandung bibit penyakit yang sudah dilemahkan untuk membentuk kekebalan aktif. Vaksin yang biasa diberikan secara oral yakni vaksin untuk mencegah penyakit ....
a. tipus
d. polio
b. campak
e. hepatitis
c. difteri

27. Berikut ini nama-nama basil yang bermanfaat dalam produksi makanan.

  1. Lactobacilus casei 
  2. Lactobacillus bulgaricus 
  3. Acetobacter xylinum
  4. Streptococcus lactis
  5. Clostridium bitiricum
Di antara basil tersebut yang bermanfaat untuk pembuatan yoghurt dan nata de coco yakni ….
a. 1, 2, 3
d. 5, 4, 3
b. 1, 4, 3
e. 5, 2, 3
c. 1, 5, 3

28. Habitat basil terdapat di banyak sekali macam tempat. Jika keadaan lingkungan buruk, maka basil akan membentuk ….
a. kapsid dan endospora
d. flagela dan endospora
b. endospora dan selaput lendir
e. flagela dan selaput lendir
c. kapsid dan selaput lendir

29. Ketika nyamuk Anopheles betina menggigit manusia, maka akan keluar cairan ludah yang masuk ke dalam darah insan dan ada kemungkinan masuknya Plasmodium ke dalam tubuh manusia
dan membentuk ….
a. tropozoit
d. sporozoid
b. merozoid
e. ookista
c. ookinet

30. Jamur yang hidup bersama dengan tumbuhan tingkat tinggi dalam bentuk simbiosis mutualisme dinamakan ….
a. parasit
d. lichenes
b. saprofit
e. mikoriza

c. heterotrof

31. Bakteriofage yakni virus yang menyerang ....
a. bakteri
d. manusia
b. tumbuhan
e. serangga
c. hewan

32. Kultur yang paling sesuai untuk pembiakan virus yakni ....
a. medium agar
b. embrio tikus
c. kaldu steril
d. garam fisiologis yang steril
e. embrio ayam hidup

33. Tahap-tahap daur litik yang benar yakni ....
a. adsorpsi – injeksi – litik – perakitan – sintesis
b. adsorpsi – perakitan – sintesis – litik – injeksi
c. adsorpsi – injeksi – sintesis – perakitan – litik
d. adsorpsi – injeksi – sintesis – litik – perakitan
e. adsorbsi – sintesis – injeksi – perakitan – litik

34. Fase yang tidak terdapat pada daur litik yakni ....
a. sintesis
d. penggabungan
b. perakitan
e. adsorbsi
c. injeksi

35. Virus yang mempunyai asam nukleat RNA yakni virus ....
a. HIV
d. influenza
b. cacar
e. herpes
c. hepatitis

LATIHAN LAGI YA

1. Menurut sistem tiga kingdom, makhluk hidup dibagi sebagai berikut . . . .
a. Plantae, Animalia, Monera
b. Plantae, Animalia, Protista
c. Plantae, Animalia, Fungi
d. Plantae, Animalia, Archaeobacteria
e. Plantae, Animalia, Eubacteria

2. Pencetus teori abiogenesis atau generatio spontanea yakni . . . .
a. Francisco Redi
b. Louis Pasteur
c. Lazzaro Spallanzani
d. Schleiden
e. Aristoteles

3. Bagian sel yang berperan sebagai sentra pengaturan segala proses yang terjadi di dalam sel adalah


a. tubuh golgi
b. mitokondria
c. ribosom
d. nukleus
e. retikulum endoplasma

4. Perbedaan sel binatang dan tumbuhan yakni . . . .
a. dinding sel binatang kuat, dinding sel tumbuhan tipis
b. dinding sel binatang tipis, dinding sel tumbuhan kuat
c. sel tumbuhan tidak mempunyai vakuola, sel binatang mempunyai vakuola
d. sel tumbuhan tidak berplastida, sel binatang berplastida
e. sel tumbuhan di dalam pada dasarnya terdapat sentrosom, sel binatang tidak

5. Jaringan pada hewan, yang berfungsi mengoordinasikan dan meneruskan rangsang yakni . . . .
a. jaringan epitel
b. jaringan ikat
c. jaringan saraf
d. jaringan darah
e. jaringan tulang

6. Jaringan mesofil pada tumbuhan berfungsi untuk . . . .
a. melindungi permukaan tubuh tumbuhan
b. menciptakan masakan dengan proses fotosintesis
c. menyokong dan menguatkan tubuh tumbuhan
d. menghasilkan sel-sel gres untuk pertumbuhan
e. mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh

7. Kelompok individu dari satu spesies yang menduduki areal tertentu disebut . . . .
a. individu
b. ekosistem
c. bioma
d. komunitas
e. populasi

8. Pada bioma tundra didominasi oleh tumbuhan . . . .
a. lumut
b. rumput
c. kaktus
d. tumbuhan berbunga
e. tumbuhan paku

9. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus, yaitu . . .
a. zoologi
b. ekologi
c. botani
d. embriologi
e. bioteknologi

10. Manfaat mempelajari biologi di antaranya yakni . . . .
a. menjadi takut lantaran terdiri banyak sekali cabang ilmu
b. menjadi kurang berkembang lantaran ilmu yang dikajinya terbatas
c. kurang memuaskan dibanding mempelajari ilmu yang lain
d. kurang bisa menerapkan secara eksklusif pada kehidupan lantaran terlalu umum
e. di bidang pertanian bisa menghasilkan varietas gres lantaran ada genetika, evolusi, dan taksonomi

11. Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari kekerabatan . . . .
a. insan dengan organisme-organisme yang berada di sekelilingnya
b. suatu organisme dengan organisme lainnya
c. organisme dengan keadaan sekelilingnya
d. insan dengan organisme patogen
e. komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem

12. Sekelompok padi yang hidup pada sebidang tanah berdasarkan konsep dalam ekologi merupakan . .
a. spesies
b. individu
c. populasi
d. komunitas
e. ekosistem

13. Makhluk hidup sebagai komponen biotik dengan komponen abiotik merupakan satu kesatuan yang disebut sebagai . . . .
a. ekosistem
b. bioma
c. biosfer
d. habitat
e. komunitas

14. Sistem bercocok tanam monokultur pada dasarnya sangat merugikan, di antaranya yakni . . . .
a. meningkatkan sistem keanekaragaman hayati yang ada
b. meningkatkan kesuburan tanah
c. jumlah hama yang menyerang tumbuhan menjadi semakin berkurang
d. sanggup mengembalikan kualitas tanah menjadi lebih baik
e. sistem keanekaragaman hayati semakin berkurang sehingga memengaruhi sistem keseimbangan ekologi

15. Suatu kawasan yang mempunyai vegetasi yang khas lantaran efek ketinggian dan garis lintang disebut . .
a. ekosistem
b. populasi
c. habitat
d. bioma
e. biosfer

16. Hubungan yang terjadi antara seekor kambing dan lembu dalam suatu padang rumput yakni . .
 a. portokooperasi
b. alelopati
c. simbiosis
d. parasitisme
e. kompetisi

17. Di bawah ini yang termasuk agroekosistem yakni . . . .
a. sawah, danau, hutan, dan laut
b. sawah, ladang, kebun, dan tambak
c. laut, sawah, ladang, dan danau
d. danau, rawa, ladang, dan pekarangan
e. hutan, laut, danau, dan rawa

18. Di dalam ekosistem ada padi, tikus, ular, dan elang. Apabila populasi padi menurun dari pernyataan  berikut ini yang benar yakni . . . .
a. ekosistem tetap seimbang
b. terjadi ledakan tikus dan elang
c. tidak kuat terhadap populasi tikus dan ular
d. populasi tikus, ular, elang menurun
e. rantai masakan akan berjalan terus

19. Pada ekosistem laut, kawasan yang mempunyai komponen biotik tingkat produsen yang paling tinggi jumlahnya yakni . . . .
a. abisal
b. batial
c. fotik
d. afotik
e. termoklin

20. Makhluk hidup yang bisa menguraikan sampah organik yang berasal dari tumbuhan mati dan bangkai ialah
a. basil dan jamur
b. basil dan ganggang
c. jamur dan rayap
d. ganggang dan cacing tanah
e. cacing tanah dan ulat

21. Proses perubahan nitrit menjadi nitrat disebut proses . . ., salah satu pola basil yang membantu proses tersebut contohnya . . . .
a. nitratasi, Nitrosomonas
b. nitratasi, Nitrobacter
c. nitritasi, Nitrosomonas
d. nitritasi, Nitrococcus
e. denitrifikasi, Nitrobacter

22. Pernyataan berikut ini yang benar, adalah. . . .
a. semakin bersahabat jarak transfer energi dari matahari, energi yang didapat semakin kecil
b. produsen yakni sumber energi yang ada dalam ekosistem di alam
c. semakin jauh jarak transfer energi dari matahari jumlah populasi semakin besar
d. jumlah energi yang didapat dalam setiap trofik jumlahnya selalu sama besar
e. semakin kompleks jaring-jaring masakan menunjukkan semakin stabil pula ekosistem tersebut

23. Proses perubahan nitrit atau nitrat menjadi nitrogen bebas di udara disebut . . . .
a. nitrifikasi
b. denitrifikasi
c. nitritasi
d. amonifikasi
e. nitratasi

24. Berikut yang dimaksud dengan konsumen puncak yakni . . . .
a. organisme yang tidak bisa dimakan oleh organisme yang ada di bawahnya
b. organisme yang sanggup memakan semua trofik
c. organisme yang memakan herbivora
d. trofik yang mempunyai jumlah biomassa yang terbesar
e. tingkat trofik yang mempunyai jumlah individu terkecil

25. Hubungan antara rantai masakan dan jaring-jaring masakan yakni . . . .
a. jaring masakan menyusun rantai makanan
b. mempunyai organisme yang sama
c. rantai masakan merupakan penyusun dari jaring-jaring makanan
d. mempunyai penyusun berbeda, namun tetap saling berhubungan
e. terdapat dalam ekosistem yang sama

26. Manfaat kita mempelajari pedoman energi yang terjadi dalam ekosistem yakni . . . .
a. menjadi dasar pengembangan ilmu biologi molekuler
b. makin menyayangi lingkungan
c. memahami proses terjadinya keseimbangan lingkungan
d. mengerti mengenai pentingnya organisme langka
e. mengerti pentingnya keberadaan produsen dalam ekosistem

27. Dalam ekosistem tersusun atas:
  1. Ikan karnivora
  2. Bakteri pengurai
  3. Fitoplankton
  4. Ikan herbivora
  5. Zat-zat organik
Dari beberapa komponen yang ada di atas, sanggup disusun suatu rantai masakan dengan susunan urutan . . . .
a. 1, 3, 5, 2, dan 4
b. 5, 3, 4, 1, dan 2
c. 5, 4, 3, 1, dan 2
d. 5, 1, 3, 2, dan 4
e. 5, 2, 3, 4, dan 1

28. Hal yang terjadi kalau suatu organisme hanya memakan satu macam organisme saja, yaitu . . . .
a. penyebarannya terbatas
b. gampang mati
c. cepat punah
d. kompetisi tinggi
e. tidak terdapat konsumen puncak

29. Ketika belerang dioksida di udara bersenyawa dengan air akan menjadi hujan asam. Berikut ini yakni dampak dari adanya hujan asam, kecuali . . . .
a. berkaratnya logam
b. rapuhnya bangunan
c. mengganggu pertumbuhan tanaman
d. merusak cat pada bangunan
e. manjadikan basa tanah naik

30. Transfer energi matahari yang diterima makhluk hidup dengan urutan sebagai berikut . . . .
a. tumbuhan- matahari- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
b. matahari- pengurai- tumbuhan-herbivora- karnivora- omnivora
c. matahari- herbivora- karnivora-pengurai- tumbuhan- omnivora
d. matahari- tumbuhan- herbivora- karnivora- omnivora- pengurai
e. matahari- omnivora- tumbuhan- herbivora- karnivora- pengurai

TRY AGAIN UN KELAS X

1. Tumbuhan merupakan salah satu pola mahkluk hidup. Salah satu peranan tumbuhan  dalam ekosistem yakni ............ 
A. Berperan penting dalam daur karbon dan oksigen  
B. Menghasikan materi pangan  
C. Sumber karbohidrat  
D. Untuk materi bangunan  
E. Untuk materi obat herbal

2. Ketika melaksanakan pengamatan tumbuhan pisang di kebun belakang rumahnya, Fuji menemukan di sekitar pohon induk pisang lima tunas pohon pisang. Ini menunjukkan bahwa pohon pisang tersebut  melaksanakan ..... 
A. Pertumbuhan  
B. Perkembangan  
C. Perkembang biakan  
D. Metabolisme  
E. Adaptasi terhadap lingkungan

3. Yang bukan merupakan ciri mahkluk hidup yakni ........................... 
A. Tumbuh  
B. Membutuhkan nutrisi  
C. Berkembang biak  
D. Memiliki massa  
E. Melakukan metabolism

4. Berikut ini yakni peranan yang ditunjukkan oleh beberapa mahkluk hidup : 
1. Menghasilkan antibiotik  
2. Menyebabkan materi masakan membusuk 
3. Menimbulkan banyak sekali penyakit pada binatang piaraan  
4. Untuk pembuatan vaksin  
5. Sebagai gulma pada tumbuhan budidaya Peranan negatif yang ditunjukkan oleh mahkluk hidup ditunjukkan pada ..........
A. 1, 2 dan 3  
B. 1, 3 dan 4  
C. 2, 3 dan 4  
D. 2, 3 dan 5  
E. 3, 4 dan 5

5. Salah satu ciri yang ditunjukkan oleh mahkluk hidup yakni iritabilitas, maksudnya adalah.. 
A. Mampu menambah jumlahnya  
B. Menghasilkan stabilitas ekosistem  
C. Bereaksi terhadap adanya rangsang  
D. Beradaptasi terhadap perubahan lingkungan  
E. Membutuhkan nutrisi

6. Keberadaan tumbuhan menjadi sangat penting bagi kelangsungan hidup di muka bumi. Hal ini disebabkan lantaran tumbuhan ... Dapat dimanfaatkan untuk materi bangunan  Menghasilkan fosil  Mengendalikan daur CO2 dan O2  Memiliki klorofil  Berperan sebagai produsen dalam ekosistem darat

7. Kelompok kucing, harimau dan anjing merupakan pola keanekaragaman hayati tingkat ................. Gen  Species  Jenis  Ekosistem  Komunitas

8. Berikut ini yakni beberapa nama jenis tumbuhan : mawar berbunga merah  mawar berbunga putih  kelapa sawit  mawar berbunga ungu  kelapa hijau  kurma Jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat gen, adalah.. 1, 2 dan 3  1, 2 dan 4  2, 4 dan 5  3, 4 dan 5  4, 5 dan 6

9. Kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang kapri merupakan keanekaragaman hayati tingkat species lantaran ........... Keempat jenis tersebut merupakan satu species yang sama  Keempatnya sama-sama berjulukan kacang  Mereka mempunyai kandungan zat yang sama  Keempatnya berbeda species tapi masih satu famili yang sama  Keempatnya berbeda species tapi varietasnya sama


10. Cacing tanah, keluwing dan rayap merupakan komponen biotik dalam ekosistem yang berperan sebagai     ...... Detritivor Karnivora  Produsen  Konsumen  Dekomposer 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔