Begitu banyaknya yang dipelajari belum tentu banyaknya tadi akan bisa digunakan, namun keefektifan dan kepentingan yang lebih aplikatif mungkin menjadi lebih berguna. Ini saya upload soal UKG yang lebih membumi semoga berguna
SOAL
1. Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional memperlihatkan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan yaitu pengembangan teknologi warta dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang meliputi kiprah dibawah ini, kecuali .....:
a. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
b. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
c. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
d. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.
e. Pengembangan talenta dan daya kreatifitas siswa
2. Pemanfaatan akomodasi internet dalam pembelajaran yang dipakai untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan akomodasi ini mereka sanggup saling mengirim dan mendapatkan surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini sanggup pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan akomodasi ini, pengguna sanggup pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....
a. Teleconverence
b. Email
c. Website
d. Chatting
e. Browsing
3. Kegiatan guru dalam: melibatkan penerima didik mencari warta yang luas dan dalam perihal topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; mencar ilmu dari aneka sumber; memakai bermacam-macam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara penerima didik dengan guru, lingkungan, dan sumber mencar ilmu lainnya; melibatkan penerima didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi penerima didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan...............
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual teaching learning
4. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan klarifikasi terperinci dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ........
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan penerima didik,
b. Menfasilitasi penerima didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri penerima didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci penerima didik melalui ber- bagai sumber,
d. Memfasilitasi penerima didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan,
e. Memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
5. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan penerima didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....
a. 1. memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis penerima didik 3.respons penerima didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons penerima didik.
b. 1. reaksi guru terhadap respons penerima didik; 2. penyiapan kondisi psilogis penerima didik, 3. memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespon; 4. respons penerima didik untuk merespons;
c. 1. memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespon; 2. respons penerima didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons penerima didik; 4. penyiapan kondisi psilogis penerima didik
d. 1. memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespon; 2. respons penerima didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons penerima didik; 4. penyiapan kondisi psilogis penerima didik.
e. 1. penyiapan kondisi psilogis penerima didik, 2. memperlihatkan pertanyaan atau kiprah sebagai seruan kepada penerima didik untuk merespon; 3. respons penerima didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons penerima didik
6. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi mencar ilmu siswa dan semoga proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
7. Standar ketuntasan minimal mencar ilmu (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
8. Jenis-jenis pembelajaran sanggup diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, perilaku
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, mekanisme
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, mekanisme
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, sanggup mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
10. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
- potensi penerima didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
- tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual penerima didik
- kebermanfaatan bagi penerima didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
- kemampuan guru dan ketersediaan referensi
- relevansi dengan kebutuhan penerima didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
- dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6 11. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk memilih ketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut……..
a. memilih kriteria keberhasilan mencar ilmu
b. mengklasifikasi siswa menurut hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi
12. Upaya merancang pengayaan bagi penerima didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memperlihatkan perhiasan materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
b. memperlihatkan tes perhiasan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c. memperlihatkan perhiasan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang mempunyai kesulitan tinggi
e. memperlihatkan perhiasan materi berupa sumber didik dari penerbit yang berbeda
13. Dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan
b. Melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian
c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan kegiatan perbaikan dan pengayaan
e. Semua indikator ditagih dengan banyak sekali teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
14. Pada setiap simpulan kegiatan pembelajaran, guru bersama penerima didik melaksanakan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan penerima didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur hal-hal yang belum dipahami penerima didik
d. memilih langkah-langkah pertemuan berikutnya
e. mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran
15. Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007
c. Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e. Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
16. Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai penerima didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a. soal pilihan ganda
4. b. soal balasan singkat
c. soal uraian objektif
d. kriteria
e. tes performance
17. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara….
a. memperlihatkan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas penerima didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran balasan hasil tes harian dan ulangan simpulan semester tiap penerima didik
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing penerima didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan penerima didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran balasan hasil ulangan tiap penerima didik untuk melihat kesulitan penerima didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap penerima didik
18. Dalam menyebarkan instrumen penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a. substansi, konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
19. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
c. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan menurut pola norma, memakai banyak sekali teknik dan instrument penilaian
d. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan menurut pola kriteria, memakai banyak sekali teknik dan instrument penilaian
e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, kiprah proyek, portofolio
20. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik dipakai untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik, materi laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan simpulan semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c. Penilaian hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
e. Ujian sekolah meliputi semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan adab mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
MATERI BIOLOGI SMP
MATERI BIOLOGI SMP
1. Pada waktu sore hari daun lamtoro tampak mengatup. Hal itu memperlihatkan bahwa tumbuhan mempunyai ciri….
A. tumbuh
B. bernapas
C. bergerak
D. berkembang
2. Akibat membuang sampah tidak pada tempatnya sanggup menimbulkan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan banyak sekali macam penyakit. perjuangan untuk menanggulanginya adalah...
A. mengolah sampah untuk makan ternak
B. menimbun sampah plastik di dalam tanah
C. mengolah sampah untuk pupuk kompos
D. dibuang kesungai semoga tidak menumpuk
3. Fase-fase daur hidup Aurelia sp (ubur-ubur):
1. Medusa
2. Planula
3. Efira
4. Skifistoma
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 2 – 4 – 3 – 1
C. 3 – 1 – 4 – 2
D. 4 – 2 – 1 – 3
4. Hormon yang memengaruhi atau merangsang pertumbuhan akar disebut ….
A. rhizokalin
B. kaulokalin
C. anthokalin
D. filokolin
5. Daun putri aib mengatup saat disentuh. insiden ini memperlihatkan makhluk hidup ...
A. membutuhkan makanan
B. peka terhadap rangsang
C. mengeluarkan zat sisa
D. bergerak aktif
6. Jika ujung syaraf pada retina seseorang mengalami kerusakan, maka orang tersebut akan menderita kelainan berupa ...
A.katarak
B.miopi
C.kebutaan
D.buta warna
7. Tika mengamati jamur dengan ciri-ciri berikut.
1. Miselium berkembang dalam substrat
2. Sporangium tumbuh pada ujung hifa yang muncul tegak dari substrat
3. Termasuk dalam kelompok zygomycotina
4. Bersifat saprofit pada: roti kotoran ternak, dan sisa makanan yang mengandung karbohidrat
Jamur tersebut yaitu …
A. Mucor mucedo
B. Rhizopus oligosporus
C. Aspergilus oryzae
D. Volvariela volvacea
8. Rekayasa reproduksi untuk mendapatkan individu gres dengan jumlah yang banyak, cepat dan bebas dari virus sanggup dilakukan dengan teknik...
A. kultur jaringan
B. transgenik
C. persilangan
D. mutase
9. Perhatikan nama-nama binatang berikut!
1. Ular kobra
2. Kelinci
3. Burung elang www.indoamaterasu.com
4. Kucing
5. kambing hutan
6. Sapi bali
7. Serigala
8. Macan tutul
Hewan yang tergolong ke dalam ordo Karnivora adalah…
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 5 dan 6
D. 4, 7 dan 8
10. Dalam bidang bioteknologi mikroorganisme banyak yang dimanfaatkan dalam fermentasi makanan atau minuman. Misalnya kuman Lactobacillus casei dimanfaatkan dalam pembuatan…
A. nata de coco
B. minuman yakult
C. keju beraroma
D. minuman yoghurt
0 Komentar
Penulisan markup di komentar