Soal Essay Biologi Potongan 1 Kelas X

2:41 PM
1. SOAL-SOAL BIOLOGI BAB 1 BIOLOGI SEBAGAI ILMU
1.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan Biologi sebagai ilmu
2.       Jelaskan manfaat dari mempelajari ilmu biologi!
3.       Sebutkan perilaku ilmiah yang harus dimiliki oleh peneliti/ilmuwan!
4.       Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah
5.       Sebutkan nama ilmiah dari:
a. Lidah mertua
b. Kamboja
c. Jambu biji
d. Bakung
e. Anggrek tanah
6.       Sebutkan dan jelaskan secara sistematis objek dan permasalahan biologi!
7.       Dalam melaksanakan eksperimen, kita tidak lepas dari pembuatan hipotesis. Hipotesis itu dibagi menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan!
8.       Sebutkan makhluk hidup yang mempunyai jaringan paling sederhana!
9.       Mengamati merupakan salah satu keterampilan proses yang mendasar. Keterampilan melaksanakan pengamatan (observasi) telah dikuasi apabila dari mendeskripsikan dan menganalisa suatu ojek secara kualitatif dan kuantitatif. Jelaskan perbedaan pengamatan kualitatif dan kuantitatif!
10.   Apa tujuan ditulis “tujuan penelitian” pada hasil observasi?


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a. Patologi
b. Hematologi
c. Embriologi
d. Malakologi
Jawab :
a. Patologi ialah ilmu yang mempelajari wacana penyakit organisme
b. Hematologi ialah ilmu yang mempelajari wacana darah
c. Embriologi ialah ilmu yang mempelajari perkembangan embrio hingga lahir
d. Malakologi ialah ilmu yang mempelajari wacana moluska

2. Jelaskan manfaat dari mempelajari ilmu biologi!
Jawab :
1.       Sangat membantu para petani untuk melaksanakan perkembangan melalui bioteknologi, budidaya, dan rekaya genetika serta kultur jaringan
2.       Menemukan penyebab dan pengobatan banyak sekali macam penyakit baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan
3.       Menyikapi diam-diam proses kehidupan, pewarisan sifat dan pengendali proses kehidupan
4.       Mengkaji dan melestarikan lingkungan untuk kelestarian kehidupan
5.       Berkembangnya mikrobiologi telah berhasil menemukan beberapa mikroorganisme yang sangat bermanfaat, ibarat pada pembuatan nata de coco, tempe dan kecap.

3. Sebutkan perilaku ilmiah yang harus dimiliki oleh peneliti/ilmuwan!
Jawab :
1) Rasa ingin tahu yang tinggi
2) Jujur
3) Teliti
4) Terbuka
5) Mau mendapatkan masukan
6) Bersifat objektif

4. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah!
Jawab :
1) Merumuskan duduk masalah
2) Menyusun kerangka berpikir
3) Menyusun hipotesis (dugaan)
4) Melakukan eksperimen (percobaan)
5) Menganalisa data
6) Menarik kesimpulan
7) Mempublikasikan data

5. Sebutkan nama ilmiah dari:
a. Lidah mertua
b. Kamboja
c. Jambu biji
d. Bakung
e. Anggrek tanah
Jawab :
a. Lidah mertua = Senzi vera
b. Kamboja = Plumeria acuminata
c. Jambu biji = Psilium guajava
d. Bakung = Trinum asiatiaum
e. Anggrek tanah = Spatholottis plicata

6. Dalam melaksanakan eksperimen, kita tidak lepas dari pembuatan hipotesis. Hipotesis itu dibagi menjadi dua. Sebutkan dan jelaskan!
Jawab :
  1. Hipotesis alternatif Hipotesis alternatif ialah dugaan yang menyatakan ada pengaruh
  2. Hipotesis nol Hipotesis nol ialah dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh


7. Sebutkan dan jelaskan secara sistematis objek dan permasalahan biologi!
Jawab :
1.       Molekul Setiap inti sel makhluk hidup mempunyai molekul organik yang berperan mengendalikan struktur dan fungsi setiap sel. Inti sel juga membawa warta genetik yang diturunkan. Molekul organik tersebut ialah DNA (deoxyribonucleic acid = asam deoksiribonukleat). Selain DNA, dalam inti sel juga terdapat RNA (ribonucleic acid = asam ribonukleat) yang berperan dalam mengatur sintesis protein di dalam sel.
2.       Sel Makluk hidup(organisme) tersusun oleh sel. Sel merupakan satuan (unit) kehidupan terkecil dari makhluk hidup. Makhluk hidup yang tersusun oleh satu sel disebut organisme uniseluler (misalnya bakteri, protozoa) dan makhluk hidup yang tersusun oleh banyak sel disebut organisme multiseluler.Sel tersusun atas inti sel (nucleus), membran sel, sitoplasma, dan organel sel. DNA yang terdapat di dalam sel merupakan senyawa kimia yang paling penting pada organisme yang membawa warta genetik.Semua organisme, kecuali beberapa virus, mempunyai DNA.Bagian terbesar DNA terdapat di dalam nukleus, terutama di dalam kromosom.
3.       Jaringan Pada organisme multiseluler, sel-sel yang homogen dan mempunyai fungsi sama tersusun membentuk jaringan. Contoh jaringan pada insan atau binatang vertebrata ialah jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, jaringan tulang, jaringan tulang rawan, jaringan lemak, dan jaringan darah.Jaringan pada tumbuhan contohnya jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan parenkima, jaringan penyokong, dan jaringan pengangkut.
4.       Organ Jaringan tidak bisa melaksanakan fungsi hidup sendiri-sendiri.Berbagai jaringan bersatu dan menjalankan fungsi tertentu membentuk alat badan yang disebut organ.Organ pada vertebrata dan insan contohnya mata, paru-paru, jantung, hati dan lambung.Mata terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf. Jantung antara lain terbentuk dari jaringan otot jantung dan jaringan saraf. Organ pada tumbuhan ialah akar, batang, daun dan bunga.
5.       Sistem organ  : Berbagai organ didalam badan organisme multiseluler bekerja sama menjalankan suatu fungsi tertentu. Koordinasi banyak sekali organ membentuk sistem organ. Sistem organ yang terdapat pada insan antara lain sistem otot, sistem rangka, sistem saraf, sistem hormon, sistem transportasi, sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem ekskresi, dan sistem reproduksi.
6.       Individu Sistem organ di dalam badan organisme multiseluler mebentuk suatu organisasi kehidupan sehingga terbentuk organisme yang disebut individu.Individu ialah makhluk hidup tunggal.Contohnya seorang manusia, seekor ikan, seekor sapi, seekor kelinci, sebuah pohon manga, dan sebatang pohon singkong.
7.       Populasi Populasi ialah kumpulan individu homogen yang menempati suatu tempat tertentu.Individu dikatakan homogen kalau sanggup mengadakan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil. Keturunan yang fertil artinya keturunan yang bisa berkembang biak. Misalnya populasi padi di sawah, populasi banteng (Bos javanicus) di Pangandaran (Jabar), dan populasi warak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) di Ujung Kulon (banten).
8.       Komunitas Komunitas ialah kumpulan populasi dari banyak sekali spesies yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain di dalam suatu habitat. Contohnya, komunitas lapanga rumput terdiri dari populasi rumpul, gajah, belalang, burung, cacing tanah, dan semut.
9.       Ekosistem Ekosistem ialah kekerabatan timbal balik antarsesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya.Komponen abiotik ialah bendabenda tak hidup, contohnya air, tanah, cahaya matahari, udara, suhu, dan kelembapan.Antarsesama komponen biotik dan antara komponen biotik dengan abiotik terjadi kekerabatan yang saling mensugesti dalam ekosistem. Contoh ekosistem alami antara lain hutan, danau, rawa, dan sungai. Contoh ekosistem buatan antara lain sawah, kolam dan akuarium.
10.   Bioma Bioma ialah ekosistem darat yang mencakul tempat luas (skala yang luas). Contohnya bioma tundra (padang lumut), bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan bioma padang pasir. Jadi, bioma terdiri dari ekosistem-ekosistem
11.   Biosfer Semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya saling berinteraksi membentuk biosfer atau ekosistem dunia.

8. Sebutkan makhluk hidup yang mempunyai jaringan paling sederhana!
Jawab:
Porifera dan Coelenterata, alasannya makhluk hidup ini hanya mempunyai dua lapisan sel pembentuk badan (diploblastik), yaitu lapisan terluar (ektoderm), dan lapisan terdalam (endoderm).

9. Mengamati merupakan salah satu keterampilan proses yang mendasar. Keterampilan melaksanakan pengamatan (observasi) telah dikuasi apabila dari mendeskripsikan dan menganalisa suatu ojek secara kualitatif dan kuantitatif. Jelaskan perbedaan pengamatan kualitatif dan kuantitatif!
Jawab:
  1. Pengamatan kualitatif dilakukan dengan memakai indra penglihatan, pendengaran, pembau, peraba, dan lidah tanpa mengacu kepada satuan pengukuran baku.
  2. Pengamatan kuantitatif dilakukan dengan memakai alat ukur yang mengacu kepada satuan pengukuran baku.


10. Apa tujuan ditulis “tujuan penelitian” pada hasil observasi?
Jawab:

Tujuan ditulisnya “tujuan penelitian” pada hasil observasi ialah menguraikan atau mendeskripsikan suatu tanda-tanda atau objek untuk menunjukan suatu tanda-tanda atau menguji suatu hipotesis 

LENGKAPNYA KLIK INI

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔