Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya

6:33 PM Add Comment
Pastinya kalian sudah tidak ajaib lagi dalam pelajaran matematika mengenai Koefisien, Variabel, Konstanta dan Suku, Di kelas VII kalian telah mempelajari mengenai bentukbentuk aljabar. Coba kalian ingat kembali bahan tersebut, supaya kalian sanggup memahami pecahan ini dengan baik. Selain itu, kalian juga harus menguasai bahan perihal KPK dari dua bilangan atau lebih dan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat. Perhatikan uraian berikut.

Bonar dan Cut Mimi membeli alat-alat tulis di koperasi sekolah. Mereka membeli 5 buku tulis, 2 pensil, dan 3 bolpoin. Jika buku tulis dinyatakan dengan x, pensil dengan y, dan bolpoin dengan z maka Bonar dan Cut Mimi membeli 5x + 2y + 3z. Selanjutnya, bentuk-bentuk 5x + 2y + 3z, 2x Penyelesaian: a. Misalkan bilangan tersebut x dan x + 2, berarti x + x + 2 = 20. b. Misalkan bilangan tersebut x, berarti 5x – 3 = 12. Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 2 , 4xy – 1, dan (x – 1) (x + 3) disebut bentuk-bentuk aljabar. Sebelum mempelajari faktorisasi suku aljabar, marilah kita ingat kembali istilah-istilah yang terdapat pada bentuk aljabar.

Untuk lebih lengkap dan Jelasnya anda sanggup melihat daftar isi yang menjadi pokok bahasan kali ini yaitu :
  1. Pengertian Variabel
  2. Pengertian Koefisien
  3. Pengertian Konstanta
  4. Pengertian Suku
Ada 4 Bahsan dalam postingan kali ini, yuk eksklusif saja mari kita bahas satu persatu;Pastinya kalian sudah tidak ajaib lagi dalam pelajaran matematika mengenai  Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya

Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya


1. Variabel

Variabel ialah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan abjad kecil a, b, c, ... z.

Contoh :
  • Tulislah setiap kalimat berikut dengan memakai variabel sebagai pengganti bilangan yang belum diketahui nilainya. a. Jumlah dua bilangan ganjil berurutan ialah 20. b. Suatu bilangan bila dikalikan 5 lalu dikurangi 3, balasannya ialah 12.
Penyelesaian:
  • Misalkan bilangan tersebut x dan x + 2, berarti x + x + 2 = 20.
  • Misalkan bilangan tersebut x, berarti 5x – 3 = 12.

2. Konstanta

Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta.

Contoh :

Tentukan konstanta pada bentuk aljabar berikut.
  • 2x2( kuadrat) + 3xy + 7x - y - 8
  • 3 - 4x2 ( kuadrat) - x
Penyelesaian :
  • konstanta ialah suku yang tidak memuat variabel, sehingga konstanta dari 2x2( kuadrat) + 3xy + 7x - y - 8 ialah -8
  • Kontanta dari 3 - 4x2 ( kuadrat) - x ialah 3

3. Koefisien

Koefisien pada bentuk aljabar ialah faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.

Contoh Koefisien:

Tentukan koefisien x pada bentuk aljabar berikut.
  • 5x2y( 5x kuadrat y ) + 3x
  • 2x2( Dua x Kuadrat )  + 6x – 3
penyelesaian :
  • Koefisien x dari 5x2y( 5x kuadrat y ) + 3x ialah 3
  • Koefisien x dari 2x2( Dua x Kuadrat )  + 6x – 3 ialah 6

4. Suku

Suku ialah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
  1. Suku satu ialah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih. Contoh: 3x, 4a , –2ab, ... 
  2. Suku dua ialah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu 2 operasi jumlah atau selisih. Contoh: a 2 + 2, x + 2y, 3x – 5x, ... 
  3. Suku tiga ialah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih. Contoh:  3x22 + 4x – 5, 2x + 2y – xy, ... 
 Bentuk aljabar yang memiliki lebih dari dua suku disebut suku banyak atau polinom. Nanti, di tingkat yang lebih lanjut kalian akan mempelajari mengenai suku banyak atau polinom.

Nah aku rasa kalian sudah terang bukan, untuk bahan selanjutnya akan aku bahas di kesempatan mendatang, ok cukup sekian dulu ulasan dari bahan sekolah mengenai Pengertian Koefisien, Variabel, Konstanta, Suku Lengkap Contohnya, semoga sanggup bermanfaat dan membantu anda semuanya, terimakasih

Pemetaan Unbk Biologi 2018

5:57 AM Add Comment

PREDIKSI SOAL BIOLOGI 2018/2019

1. Gambar berikut rnenunjukkan tiga jenis tumbuhan yang berasal dari subdivisio yang sama.

Tumbuhan lain yang termasuk dalam sub divisio yang sama dengan flora di atas adalah
A. Oryza sativa (padi)
B. Cocos nucifera (kelapa)
C. Mangifera indica (mangga)
D. Cyathea (paku tiang)
E. Gnetum gnemon (melinjo)  

2. Urutan tahap daur litik yang benar adalah… 
a.   Eklifase – pembentukan virus gres – lisis – adsorpsi – penetrasi
b.  Eklifase – adsorpsi – penetrasi – pembentukan virus gres – lisis
c.   Adsorpsi – penetrasi – eklifase – pembentukan virus gres – lisis
d.  Adsorpsi – penetrasi – eklifase – lisis – pembentukan virus gres
e.   Penetrasi – adsorpsi – eklifase – pembentukan virus gres

3. Jamur yang dijadikan sebagai materi untuk pembuatan tempe dan tape ialah nomor …

Jamur yang dijadikan sebagai materi untuk pembuatan tempe dan tape adalah....

A.  1 dan 2
B.   1 dan 4
C.   2 dan 4
D.  3 dan 5
E.   5 dan 6

4. Seorang siswa menciptakan kelompok-kelompok makhluk hidup. Kelompok 1 terdiri dari kucing, burung kakatua dan paus bongkok. Kelompok 2 terdiri dari katak, ikan lele dan buaya. Pengelompokan tersebut menurut pada …
A.  habitat hidupnya
B.   keberadaan gigi
C.   jumlah ruang jantung
D.  jenis makanan yang dikonsumsi
E.   cara penyesuaian terhadap suhu lingkungan

5. Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara akhir-akhir ini menarik perhatian dunia dengan ditemukannya salah satu terumbu karang terindah di dunia. Berikut ini beberapa kegiatan yang sanggup dilakukan di kepulauan Wakatobi. 
1.     Menjual karang dan ikan warna-warni dengan harga yang mahal
2.     Menjadikan Wakatobi menjadi kawasan tujuan wisata laut dengan kemudahan yang tidak merusak terumbu karang
3.     Melestarikan terumbu karang dengan melarang siapapun menjamah dan mendekatinya.
4.     Menjadikan wilayah Wakatobi sebagai kawasan pemberian bawah air.
Tindakan yang paling sempurna untuk melestarikan kawasan tersebut ialah ....
A.  1 dan 2 
B.   1 dan 4
C. 2 dan 3 
D. 2 dan 4 
E. 3 dan 4

6. Perhatikan ciri-ciri flora berikut: 
1.     System perakaran serabut
2.     Memiliki kambium
3.     Susunan tulang daun menyirip dan menjari
4.     Jumlah penggalan bunga umumnya 4, 5 atau kelipatannya
5.     Berkas pembuluh menyebar
Kelompok memiliki ciri-ciri ….
A.  3, 4, dan 5 
B.   2, 4, dan 5
C.   2,3 dan 4 
D.  1,4 dan 5
E.   1, 2, dan 3

7. Perhatikan gambar binatang di bawah ini
 
Ciri khusus dari kelompok binatang tersebut hingga dimasukkan ke dalam kelompok yang sama ialah …
A.  mempunyai kranium (tulang tengkorak)
B.   mempunyai ruas-ruas tulang belakang
C.   mempunyai system peredaran darah
D.  notochord terdapat di kawasan ekor saja
E.   mempunyai susunan saraf sentra

8. Perhatikan gambar daur hidup (Clonorchis sinensis) berikut ini!

Berdasarkan gambar tersebut, tahap metaserkaria, serkaria, redia, sporokis, dan mirasidium secara berurutan ditunjukkan oleh nomor:
A.  1-2-3-4-5
B.   2-3-4-5-6
C.   3-4-2-4-6
D.  6-5-4-3-1
E.   6-5-4-3-2



9. Perhatikan diagram pada sebuah ekosistem berikut ini!


Jika tanda panah tersebut memperlihatkan perpindahan energi, energi yang tertambat atau tersimpan dalam jumlah paling banyak terdapat pada populasi
….
A.  fitoplankton
B.   zooplankton
C.   Udang
D.  ikan sedang
E.   Ikan Besar
10. Perhatikan berikut ini!



Proses yang terjadi pada X, Y, dan Z secara berurutan ialah ….
A.  nitritasi, nitratasi, dan fiksasi
B.   nitratasi, nitritasi, dan fiksasi
C.   nitratasi, fiksasi, dan nitritasi
D.  nitritasi, fiksasi, dan nitratasi
E.   fiksasi, nitritasi, dan nitratasi

11. Bila atmosfer bumi mengandung banyak gas CO2 tanggapan meningkatnya penggunaan kendaraan bermotor, hal ini akan menimbulkan pengaruh rumah beling dan sanggup meningkatkan suhu permukaan bumi atau pemanasan global.
Pemanasan global ini akan menjadikan ….
A.  hujan asam
B.   iritasi pada kulit
C.   terurainya lapisan ozon
D.  berkurangnya kesuburan tanah
E.   perubahan iklim dunia yang ekstrim

12. Perhatikan susunan ikatan kimia membrane sel berikut! 


Secara berurutan senyawa yang menyusun membran sel adalah ….
A.  glukosa, protein, lemak
B.   glukosa, lemak, protein
C.   protein, glukosa, lemak
D.  protein, lemak, glukosa
E.   lemak, protein, glukosa


13. Perhatikan gambar sel berikut!



Organel sel yang bernomor 2 dan 4 secara berurutan berfungsi untuk ....
A.  transportasi sel dan respirasi sel
B.   respirasi sel dan metabolisme sel
C.   sintesis protein dan pembelahan sel
D.  metabolisme sel dan sintesis protein
E.   respirasi sel dan pembelahan sel

14. Gambar penampang melintang batang dikotil.


Fungsi jaringan yang bernomor 5 dan 3 ialah ...
A.  mengangkut hasil fotosintesis – mengangkut air dan garam-garam mineral
B.   aktivitas pertumbuhan sekunder – mengangkut air dan garam-garam mineral
C.   menyimpan hasil fotosintesis – mengangkut hasil fotosintesis
D.  membentuk lingkaran tahun – mengangkut hasil fotosintesis
E.   mengangkut air dan garam-garam mineral – mengangkut hasil fotosintesis

JARINGAN

15. Perhatikan prosedur gerak antagonis berikut!

Berdasarkan gambar diatas, X dan Y secara urut ialah gerak antagonis....
A.  fleksor >< ektensor
B.   fleksor >< depresor
C.   elevator >< depresor
D.  reflesor >< ektensor
E.   adduktor>< abductor

16. Perhatikan gambar jantung berikut ini!

Ketika ruang X dan Y berkontraksi, maka kejadian yang terjadi adalah... . A. Darah kaya oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan dipompa ke seluruh badan
B.    Darah kaya karbondioksida dari atrium kiri dan ventrikel kiri dipompa ke paru-paru
C.    Darah kaya karbondioksida dari seluruh badan masukatrium dan ke ventrikel kanan
D.   Darah kaya oksigen dari atrium kanan berpindah ke ventrikel kanan kemudian dipompa ke paru-paru
E.    Darah kaya oksigen dari atrium kiri berpindah ke ventrikel kiri kemudian dipompa ke seluruh badan

17.  Perhatikan gambar sistem pencernaan manusia berikut ini!


Proses penguraian yang terjadi pada organ pencernaan nomor 1 ialah ….


18.  Oksigen diharapkan untuk proses oksidasi makanan jaringan tubuh.
eksternal ialah ....
A.  pertukaran O2 dan CO2 di paru-paru
B.   pertukaran O2 dan CO2 di jaringan badan
C.   pertukaran O2 dan CO2 di lisan
D.  pertukaran O2 dan CO2 di pembuluh nadi
E.   pertukaran O2 dan CO2 di pembuluh balik

19.  Perhatikan gambar nefron berikut !


Proses yang terjadi pada nomor 1 ialah ....
A.  penyerapan kembali zat-zat yang masih dibutuhkan badan
B.   pengeluaran zat-zat sisa yang tidak diharapkan badan
C.   pembentukan urine bekerjsama yang akan disalurkan menuju tubulus kolektivus
D.  penyaringan zat-zat dalam darah yang masih bermanfaat bagi tubuh=
E.   pembentukan urine sekunder

20.  Organ pendengaran yang terdapat di pendengaran tengah berurutan terdiri dari…
A.Tulang martil, tulang landasan, tulang sanggurdi
B. Pembuluh Eustachius dan membran timpani
C. Koklea, tulang sanggurdi dan tulang landasan
D.MSanggurdi , Landasan , Marttil 
E. Saluran setengah lingkran, sakulus dan utrikulus


21. Perhatikan gambar organ reproduksi pada wanita berikut:


Fungsi dari penggalan yang bernomor 1,2 dan 3 berturut-turut ialah ... .
A. perkembangan embrio, fertilisasi dan pembentukan ovum.
B. pembentukan ovum, fertilisasi dan perkembangan embrio
C. fertilisasi, perkembangan embrio dan pembentukan ovum
D. pembentukan ovum, perkembangan embrio dan fertilisasi
E. perkembangan embrio, pembentukan ovum dan fertilisasi.

22. Dalam tipe kekebalan humoral, mekanisme kerja antibodi sebagai respon humoral melawan antigen berupa virus, racun, atau mikroorganisme lain sanggup melalui cara-cara ….
A.  fagositasi, limfositasi, spesialisasi, dan fiksasi suplemen
B.   aglutinasi, presipitasi, spesialisasi, dan differensiasi
C.   netralisasi, aglutinasi, spesialisasi, dan differensiasi
D.  netralisasi, aglutinasi, presipitasi, dan fiksasi suplemen
E.   fagositasi, limfositasi, netralisasi, dan aglutinasi

23. Seorang peneliti menciptakan perlakuan terhadap 2 pot tanaman. Pot pertama disemprotkan air kran dengan giberelin, sedangkan pot kedua hanya disemprot dengan air kran saja. Setelah beberapa hari pertumbuhan pada pot pertama jauh lebih cepat dibandingkan dengan pot kedua.
Dalam percobaan tersebut variabel bebas dan terikat, secara berurutan ialah …
A.  pot dan air yang disemprotkan
B.   air yang disemprotkan dan kecepatan tumbuh
C.   kecepatan tumbuh dan pot tempat tumbuhan
D.  pot dan air yang dicampur gliberelin
E.   kecepatan tumbuh dan air yang disemprotkan
24. Perhatikan grafik berikut yang melukiskan hubungan antara acara enzim katalase dan suhu.

Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik tersebut ialah ....
A.  enzim katalase bekerja optimum pada suhu 300 - 400C
B.   berapapun suhunya, enzim katalase tetap aktif
C.   enzim katalase mengalami denaturasi pada suhu di atas 500C D. suhu tidak menghipnotis kerja enzim katalase
E. pada suhu 00C enzim katalase tetap aktif.

25. Perhatikan denah proses respirasi berikut !

Bagian yang ditunjuk oleh nomor 1, 2, 3, dan 4 secara berurutan adalah….
A.  asam piruvat, transfer elektron, asam oksaloasetat, dekarboksilasi oksidatif.
B.   asam piruvat, dekarboksilasi oksidatif, asam oksaloasetat, transfer elektron.
C.   asam oksaloasetat, dekarboksilasi oksidatif, asam piruvat, , transfer elektron.
D.  asam asetat, dekarboksilasi oksidatif, asam ketoglutarat, transfer elektron.
E.   asam ketoglutarat, dekarboksilasi oksidatif, asam asetat, transfer elektron.
26.  Perhatikan reaksi respirasi sel aerob dimulai dari senyawa glukosa:

Secara berurutan senyawa-senyawa yang ditunjuk adalah:


27.  Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut ini!

Pernyataan yang benar di bawah ini ialah ….


28.  Selama proses fermentasi alkohol, energI yang dihasilkan dalam bentuk
ATP lebih kecil dibandingkan respirasi aerob sebab ….
A.  mitokondria tidak bias dimasuki NADH
B.   NADH masuk ke organel-organel sel lain
C.   melibatkan mitokondria untuk fosforilasi oksidatif
D.  tidak melibatkan mitokondria untuk fosforilasi oksidatif
E.   retikulum endoplasma dan ribosom dengan gampang dimasuki NADH

29. Berikut gambar sepotong DNA.


Jumlah ikatan hydrogen yang mungkin terbentuk ialah ….
A.  3
B.   5
C.   6
D.  7
E.   8


30. Perhatikan denah sintesis protein berikut ini!


Peristiwa transkripsi, ARNd, dan translasi secara berurutan ditunjukkan oleh nomor ….
A.  1 – 2 – 3
B.   1 – 3 – 2
C.   1 – 3 – 5
D.  2 – 3 – 4
E.   2 – 3 – 5


31. Fase-fase pembelahan sel:


Secara berurutan yang menunujukkan kejadian profase, metaphase, anafase dan telofase dalam mitosis ialah …
A.  1, 2, 4 dan 3
B.   2, 3, 4 dan 1
C.   2, 3, 5 dan 4
D.  4, 5, 2 dan 3
E.   5, 4, 2 dan 3

32. Seorang peneliti menyilangkan galur murni kacang kapri berbiji bundar warna kuning (BBKK) dan biji keriput warna hijau (bbkk). Persilangan dilakukan hingga menerima keturunan F2 yang menghasilkan biji sejumlah 400 buah. Secara berurutan, jumlah biji bundar warna hijau dan biji keriput warna hijau ialah ....
A.  175 dan 75
B.   100 dan 75
C.   80 dan 50
D.  75 dan 50
E.   75 dan 25

33. Pada gandum faktor (H) hitam mayoritas terhadap (h) putih, sedangkan faktor (K) kuning mayoritas terhadap (k) putih. Faktor (H) hitam epistasis terhadap (K) kuning. Jika gandum hitam (HhKk) disilangkan dengan gandum kuning (hhKk). Maka rasio fenotipe keturunannya kuning : hitam : putih ialah
...
A.  4 : 3 : 1
B.   3 : 4 : 1
C.   6 : 1 : 1
D.  9 : 3 : 4
E.   12 : 3 : 1

34.  Perhatikan peta silsilah dari keluarga yang mempunyai riwayat buta warna berikut!


Genotipe individu D dan F ialah ...


35.  Perhatikan gambar berikut!


Peristiwa perubahan kromosom tersebut dinamakan ….
A.  inversi
B.   delesi
C.   duplikasi
D.  translokasi resiprok
E.   translokasi heterozigot

36. Perhatikan model eksperimen Stanley Miller berikut ini!


Tempat air mendidih, sumber daya dan air yang mengandung materi organik secara berturut-turut ialah nomor ….
A.  1, 2 dan 4

37. Kucing yang menjadi binatang piaraan di rumah mulanya berasal dari kucing liar yang hidup di hutan. Kedua kucing tersebut telah menjadi spesies yang berbeda. Faktor yang mengakibatkan terbentuknya spesies yang berbeda adalah
….
A.  hibridisasi dan seleksi
B.   adaptasi lingkungan
C.   rekombinasi gen
D.  domestikasi
E.   seleksi alam

38. Pada prinsip dasarnya bioteknologi tradisional mempunyai perbedaan dengan bioteknologi modern dalam hal ….
A.  prosesnya
B.   manfaatnya
C.   produknya
D.  bahan bakunya
E.   prinsip ilmiahnya

39. Pernyataan berikut merupakan prinsip bioteknologi.

1)  produksi kentang dengan kadar pati meningkat 20%.
2)  pembuatan alcohol dengan Saccaromyces sp.
3)  produksi nata de coco dengan Acetobacter xylinum.
4)  produksi hormone somatotropin dengan memanfaatkan E.coli. 5) produksi tempe dengan jamur Rhizopus oryzae.

Proses produksi yang menerapkan bioteknologi konvensional ialah ....
A.  1-2 dan 3
B.   1 3 dan 5
C.   2-3 dan 4
D.  2-3 dan 5
E.   3-4 dan 5

40. Bioteknologi ternyata sanggup menawarkan dampak negatif bagi kelestarian lingkungan terutama penurunan populasi serangga. Hal ini terjadi sebab penggunaan tumbuhan ….
A.  padi transgenik yang menghasilkan vitamin A
B.   hasil pembiakan kultur jaringan
C.   hidroponik yang ditanam dalam tanah
D.  transgenik yang mengandung gen fiksasi nitrogen
E.   transgenik yang mengandung pestisida biologis
REFRESING

PELAJARI YA