Panduan Pembelajaran Biologi Kelas Xii

3:00 PM
  1. Mengamati carta/video wacana pertumbuhan pada makhluk hidup, mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  2. Menyusun rancangan, melaksanakan percobaan, mendiskusikan hasil percobaan serta menyusun laporan wacana pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
  3. Mempresentasikan/menuliskan dalam log-book/buku kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi wacana konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
  4. Melakukan percobaan uji enzim katalase , fermentasi alkohol dan percobaan fotosintesis untuk menemukan sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme
  5. Mendiskusikan wacana sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan anabolisme mencakup bahan, proses, hasil dan daerah berlangsungnya
  6. Menyimpulkan hasil diskusi, pengamatan percobaan dan memperesentasikan wacana sifat-sifat, cara kerja enzim
  7. Mengamati diagram/ gambar/film struktur DNA, RNA, dan kromosom serta semua aktivitasnya (replikasi, transkripsi dan translasi)
  8. Membahas wacana bagaimana keterkaitan antara sistesa protein dan pembentukan sifat makhluk hidup
  9. Mengamati banyak sekali sifat morfologis pada Mahluk hidup, misalnya, banyak sekali bentuk dan warna bunga, bulu pada badan hewan, warna dan bentuk rambut pada manusia
  10. Mensimulasikan kekerabatan antara sintesis protein dengan pembentukan sifat pada mahluk hidup dengan melaksanakan analisis suatu DNA makhluk serta menggambarkan sifat yang dibuat menjadi suatu ujud makhluk hidup
  11. Mengkaji literatur wacana mitosis dan meiosis mencakup tujuan, proses/tahapan, hasil, daerah berlangsung
  12. Mengaitka kekerabatan antara pembelahan mitosis dan meiosis/ gametogenesis dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya berdasarkan pengamatan gambar/diagram/film
  13. Menarik kesimpulan wacana persamaan dan perbedaan antara: Mitosis dan meiosis.Ssrta perbedaan Oogenesis dan spermatogenesis.
  14. Pembentukan sifat pada anak campuran sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya.
  15. Mengomunikasikan hasil diskusi dan kesimpulannya
  16. Melakukan studi literatur wacana pewarisan sifat berdasarkan Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel serta istilah-istilah : Allel, genotip, fenotip dan gamet
  17. Mengamati keanekaragam gen, dan jenis pada lingkungan sekitar (keluarga, sobat sekolah, tetangga, dll) dan mendiskusikan bagaimana hal tersebut sanggup terjadi
  18. Menerapkan pemahaman wacana contoh pewarisan sifat berdasarkan Mendel dengan menciptakan sketsa persilangan monohibrid, dihibrid
  19. Membuat kesimpulan wacana persilangan berdasarkan contoh Mendel dan penyimpangan semu aturan Mendel
  20. Membuat laporan tertulis hasil percobaan persilangan dengan kancing /baling-baling genetika berdasarkan contoh Mendel dan penyimpangan semu aturan Mendel
  21. Menyimpulkan contoh pewarisan sifat non Mendelian didasarkan pada hasil pengamatan adanya kenyataan sifat-sifat pada anak yang tidak sama atau menyimpang dari kedua orang tuanya
  22. Menerapkan konsep gen letal, pautan, pautan sex, pindah silang dan gagal berpisah dalam menuntaskan kasus dengan latihan soal
  23. Mengaitkan adanya perbedaan variasi dalam satu keturunan dengan contoh pewarisan sifat Mendelian
  24. Menyimpulkan bahwa ada pewarisan sifat non Mendelian
  25. Mempresentasikan hasil diskusi dan latihan soal
  26. Membaca peta silsilah Ratu Victoria dan mengaitkan dengan pola-pola penurunan sifat heredite
  27. Membuat analisis bagaimana penurunan sifat hemofilia dari peta silsilah Victoria
  28. Menyimpulkan wacana penurunan sifat-sifat pada mahkluk hidup (Golongan darah, cacad dan penyakit, jenis kelamin)
  29. Menerapkan konsep penurunan sifat penyakit menurun dan golongan darah dan jenis kelamin dalam menuntaskan persoalan
  30. Membahas prosedur pewarisan penyakit menurun dan golongan darah 
  31. Menyusun peta silsilah keluarga
  32. Mempresentasikan hasil hasil diskusi wacana pewarisan sifat pada manusia
  33. Membahas wacana mutasi berdasarkan pengamatan tayangan/ gambar mutan pada tumbuhan, hewan, dan manusia
  34. Membahas prosedur dan penyebab mutasi (proses, faktor penyebab, hasil dan imbas mutasi) yang menyebabkan timbulnya variasi dan kelainan pada makhluk hidup
  35. Menganalisis imbas positif dan negatif mutasi dan mempresentasikan hasilnya
  36. Mengamati banyak sekali fenomena variasi morfologi , contohnya variasi bentuk paruh burung finch, cakar banyak sekali burung, warna sayap ngengat Biston betularia, sayap kumbang kelapa dari Manado
  37. Mendiskusikan teori-teori asal ajakan Mahkluk hidup dihubungkan dengan pohon Filogeni Mahkluk hidup
  38. Mengaitkan kekerabatan antara variasi dengan proses mutasi dan kompetisi serta adaptasi
  39. Mengaitkan terjadinya variasi makhluk hidup sebagai dasar terjadinya proses evolusi
  40. Menyimpulkan hasil diskusi dan kajiannya wacana teori evolusi dan mempresentasikannya
  41. Mengamati banyak sekali produk-produk bioteknologi melalui tayangan video/gambar
  42. Membahas wacana bioteknologi (bahan, proses, produk, dampak)
  43. Membuat rencana dan melaksanakan pembuatan produk bioteknologi konvensional dan menyusun laporan
  44. Simulasi DNA Rekombinan dengan memakai puzzle
  45. Membuat kesimpulan hasil diskusi wacana imbas bioteknologi dan mempresentasikannya

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔