Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Fungsi Festival Karya Seni Rupa

7:04 PM

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

Pengertian Pameran

Pameran merupakan acara yang dilakukan untuk memberikan inspirasi atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. Melalui acara ini diharapkan terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator. Hal ini sejalan dengan definisi yang diberikan Galeri Nasional bahwa: “Pengertian festival ialah suatu acara penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sampai sanggup diapresiasi oleh masyarakat luas.”

Penyelenggaraan festival dalam konteks pembelajaran seni budaya bisa dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah (masyarakat). Penyelenggaraan festival di sekolah menyajikan bahan festival berupa hasil studi para siswa dari acara pembelajaran kurikuler, dan acara ekstrakurikuler. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada selesai semester atau selesai tahun ajaran. Adapun konteks festival dalam arti luas, di masyarakat, bahan festival yang disajikan berupa aneka macam jenis karya seni rupa untuk diapresiasi oleh masyarakat luas.

 Pameran merupakan acara yang dilakukan untuk memberikan inspirasi atau gagasan perupa kepa Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

Setelah membaca paparan singkat di atas, kalian sanggup mengumpulkan informasi dari aneka macam sumber perihal festival karya seni rupa, cobalah kemukakan dengan kata-kata kalian sendiri apa pengertian dari festival karya seni rupa.

Jenis-Jenis Pameran

Berdasarkan waktu penyelenggaraannya, festival bisa dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
  1. Pameran periodik yakni festival yang diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, contohnya sebulan sekali atau setahun sekali.
  2. Pameran insidental yakni festival yang diselenggarakan kalau diharapkan sehingga waktunya tidak bisa ditentukan.
  3. Pameran permanen yaitu festival yang diadakan dengan kawasan yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. Contohnya, festival di museum.

Unsur-Unsur Perlengkapan Pameran Seni Rupa

Unsur-unsur perlengkapan dalam festival seni rupa sebagai berikut.
  • Karya-karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  • Panel atau sketsel, standart display atau box untuk memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  • Dekorasi yakni perlengkapan untuk menyajikan karya seni semoga lebih indah.
  • Sound system yakni sarana audio yang diharapkan untuk membuat suasana nyaman bagi pengunjung pameran.
  • Label karya dipakai untuk menulis identitas (judul, pecipta, teknik dan tahun penciptaan) dan ditempel di akrab karya seni yang dipamerkan.
  • Katalog yakni lembaran petunjuk yang berisi penyelenggaraan pameran.
  • Buku tamu yang diisi oleh pengunjung pameran.
  • Buku pesan atau kesan, dipakai untuk mengetahui jawaban pengunjung terhadap karya yang dipamerkan.
Baca : Pengertian, Teknik, Aliran Seni Lukis

Fungsi Pameran Seni Rupa

Pameran mempunyai fungsi sosial yang sangat penting dalam upaya meningkatkan dan memenuhi kebutuhan batil dan emosional masyarakat adapun fungsi festival seni rupa berikut ini.
  • Saranna Edukasi yaitu festival mendidik siswa pentingnya pengalaman batin yang berkhasiat untuk menyeimbangkan acara nalar dan pikiran manusia.
  • Sarana Apresiasi yaitu Apresiasi dalam menilai karya seni sangat penting bagi pencipta karya tersebut, proses apresiasi sanggup dipakai menjadi 2 yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.
  • Sarana Prestasi yaitu festival bisa menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni, alasannya melalui karya seni kita akan tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta seni dalam membuat karya.
  • Sarana Rekreasi yaitu Rutinitas sekolah kita setiap hari tentu menguras energi dan pikiran, untuk membuat pikiran rileks kita bisa mengunjungi festival seni.

Tujuan Pameran Seni Rupa

Pameran di sekolah mempunyai beberapa tujuan, menyerupai tujuan sosial, komersial dan kemanusian.
  1. Tujuan sosial ialah karya seni yang dipamerkan dipakai untuk kepentingan sosial.
  2. Tujuan komersial ialah festival bertujuan untuk menghasilkan laba bagi seniman atau penyelenggara seniman, diharapkan karya yang dipamerkan terjual.
  3. Tujuan kemanusiaan ialah demi kepnetingan pelestarian, pelatihan nilai-nilai serta pengembangan hasil karya seni budaya yang masyarakat miliki. Penjualan karya dengan tujuan ini akan disumbangkan ke panti asuhan, korban bencana, maupun masyarakat kurang mampu.
Pameran di sekolah mempunyai tujuan utama yakni untuk menerima apreasiasi dan jawaban dalam pengunjung dengan tujuan meningkatkan tujuan berkarya dan peningkatan wawasan seni rupa.
Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran Karya Seni Rupa. Semoga dengan adanya ulasan tersebut sanggup menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔