Lidah Sebagai Indra Perasa

4:20 PM

LIDAH SEBAGAI INDRA PERASA

Lidah merupakan alat indra Perasa / pengecap . Jika diamati di depan cermin, permukaan lidahmu tampak kasar. Di cuilan yang agresif itu terdapat saraf pengecap rasa. Lidah sanggup mencicipi empat macam rasa, yaitu asam, manis, pahit, dan asin. Pada beberapa cuilan pengecap terdapat kawasan yang peka rasa.
Lidah berkhasiat dalam mencicipi rasa makanan. Jika pengecap mengalami gangguan, kau tidak akan sanggup mencicipi lezatnya suatu makanan. Oleh lantaran itu, kau harus selalu menjaga kesehatan lidahmu. Misalnya, jangan meminum minuman atau memakan kuliner yang terlalu panas atau terlalu dingin.

 Di cuilan yang agresif itu terdapat saraf pengecap rasa LIDAH SEBAGAI INDRA PERASA

Alat indra pengecap kita ialah lidah.Menggunakan lidah, kita sanggup membedakan majemuk rasa. Rasa yang berbeda dikecap oleh cuilan pengecap yang berbeda pula. Coba julurkan lidahmu!
Pada permukaan pengecap terdapat bintil-bintil. Pada bintil-bintil tersebut terdapat ujung-ujung saraf pengecap yang sangat peka terhadap rangsang rasa kuliner atau minuman yang masuk ke dalam
mulut.

Cara Kerja Lidah

Bagaimana proses pengecap mengecap rasa? Makanan atau minuman yang telah berupa larutan di dalam ekspresi akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Oleh saraf pengecap, rangsangan rasa ini diteruskan ke sentra saraf pengecap di otak. Selanjutnya, otak menang-gapi rangsang tersebut sehingga kita sanggup mencicipi rasa suatu jenis kuliner atau minuman.

Kelainan pada Lidah

Kepekaan indra pengecap (lidah) setiap orang dalam hal mendapatkan rangsang rasa berbeda-beda. Salah satunya disebabkan oleh kebiasaan. Misalnya, orang yang biasa makan kuliner pedas, kepekaan lidahnya terhadap rasa pedas berbeda dengan orang yang jarang makan kuliner pedas. Jika kita makan terlalu panas, terlalu pedas, terlalu asin, atau terlalu asam, maka kepekaan pengecap kita akan terganggu. Gangguan ini hanya bersifat sementara. Oleh lantaran itu, sebaiknya kita makan kuliner yang tidak terlalu panas, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu asam. Fungsi pengecap juga sanggup terganggu kalau pengecap terjangkit sariawan.
Sariawan ialah sejenis jerawat jamur yang berupa bintik-bintik putih agak menye-rupai sisa-sisa susu pada lidah, langit-langit mulut, dan gusi. Penyakit ini disebabkan kekurangan vitamin C.

Memelihara Kesehatan Lidah

Beberapa cara memelihara kesehatan lidah, antara lain sebagai berikut.
  1. Menghindari makan kuliner yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas atau hambar sanggup merusak bintil pengecap. Jika bintil pengecap rusak, maka pengecap tidak sanggup mencicipi lezatnya makanan.
  2. Menyikat pengecap dikala menggosok gigi semoga kotoran pada pengecap hilang. Gunakanlah sikat gigi yang higienis dan lembut. Sikat gigi yang agresif sanggup melukai pengecap dan gusi.
  3. Makan kuliner yang mengandung vitamin C. Vitamin C bermanfaat mencegah sariawan.
Begitulah Materi IPA perihal Indra Perasa ( Lidah ). Semoga sanggup menambah wawasan kepada anda sekalian..

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔