Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

10:20 PM
Sistem Peredaran Darah pada Manusia merupakan suatu proses yang dilakukan badan sebagai perjuangan mempertahankan hidup, fungsinya yakni memenuhi zat-zat dan nutrisi badan alasannya dalam proses tersebut, darah mengikan oksigen serta aneka macam zat yang di perlukan oleh badan untuk di distribusikan pada organ yang membutuhkan, menyerupai lemak, gula, protein, aneka macam vitamin dll. 

Sistem peredaran darah pada insan ada dua macam yakni sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil.
  1. Sistem peredaran darah besar yakni peredaran darah oksigen yang dimulai dari bilik kiri kemudian melewati oarta untuk mengalir pada arteri menuju ke seluruh tubuh, kemudian bertukar dengan karbondioksida dan melewati pembuluh vena untuk kembali ke jantung. 
  2. Sedangkan peredaran darah kecil dimulai dari bilik kanan keluar melalui arteri pulmonalis mangalir kearah paru-paru untuk dikeluarkan kandungan karbondioksidanya kemudian paru-paru menghirup oksigen dan darah akan membawanya ke jantung melalui vena pulmonalis. 

Karena terdiri dari dua macam peredaran, peredaran ini disebut dengan peredaran darah ganda, alasannya peredaran ini melewati jantung dua kali. 

 merupakan suatu proses yang dilakukan badan sebagai perjuangan mempertahankan hidup Sistem Peredaran Darah pada Manusia


Sistem peredaran darah pada insan tak lepas dari komponen-komponen yang penting dalam tubuh, diataranya:

1. Darah

Komponen penting dalam sistem peredaran darah yang utama yakni darah, darah merupakan pengikat oksigen serta karbondioksida dan pengangkut zat-zat yang sangat diharapkan tubuh. Darah miliki warna merah alasannya didalamnya mengandung hemoglobin, kepekatan darah ini tergantung kandungan oksigen di dalamnya. Komponen darah terdiri dari a. plasma darah yang merupakan cairan pengankut sari masakan dan zat zat lain ke seluruh bab badan b. Sel darah merah yang befungsi sebagai pengikat oksigen dan karbondioksida c. Sel darah putih yang mempunyai fungsi sebagai anti bodi, melindungi badan dari aneka macam serangan jenis penyakit. Jumlah sel darah putih aakn meningkat seiirng dengan jenis penyakit yang menyerang badan d. Keping darah yang berkhasiat membantu proses pembekuan darah dikala terjadi pendarahan.

2. Pembuluh Darah

Hal terpenting kedua dalam sistem peredaran darah yakni pembuluh darah yang merupakan susukan berjalannya darah biar sanggup memberikan zat-zat yang diharapkan pada organ-organ tertentu. Komponen pembuluh darah terdiri dari: a. Arteri yang membawa darah beroksigen b. Arteriol yang merupakan penghubung antara kapiler dan arteri c. kapiler yang merupakan susukan terjadinya pertukaran antara darah yang mengadung oksigen dengan darah yang mengandung karbondioksida d. Venule merupakan susukan penghubung antara kapiler dengan pembuluh vena e. Vena yang berkhasiat mengalirkan darah berkarbondioksida pada jantung. Baca: Fungsi Sistem Peredaran Darah

3. Jantung

jantung merupakan bab yang tidak sanggup diremehkan fungsinya, tanpa jantung, darah dan pembuluh darah tidak akan sanggup bekerja dengan baik. Jantung merupakan alat pompa darah biar darah sanggup berjalan pada pembuluh darah dan menghantarkan zat-zat penting bagi tubuh. Jangtung terdiri dari 2 rongga atas dan bawah, yaitu serambi dan bilik, dan tiap rongga dibagi lagi menjadi 2 bagian. Pada serambi ada serambi kanan dan serambi kiri, pada bilik, ada bilik kanan dan bilik kiri. Serambi kanan berkhasiat untuk mendapatkan darah berkarbondioksida untuk dialirkan ke bilik kanan sedangkan serambi kiri mendapatkan darah yang mengandung karbondioksida untuk dialirkan ke bilik kanan. Baca : Fungsi Jantung 


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔