Akan saya share catatan sistematis kelas X untuk membantu mempermudah mengingat dengan banyak sekali soal soal OK semoga bermanfaat
SOAL
1. Pengertian biologi yang paling sempurna dijabarkan sebagai berikut...
a. biologi ialah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi ialah ilmu yang mempelajari relasi antara produsen dan konsumen.
c. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup kini ini.
d. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi ialah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
2. Biologi sebagai ilmu mempunyai objek kajian berupa banyak sekali permasalahan makhluk hidup dalam banyak sekali tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi ialah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah saat masak
b. bangkai tikus berbau busuk sesudah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada banyak sekali benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan memakai mikroskop
e. pembuatan tempe memakai jamur.
3. Biologi sebagai salah satu sains mempunyai ciri – ciri....
a. logis, abstrak, universal
b. obyektif, sistematis, logis
c. obyektif, logis, abstrak
d. subyektif, sistematis, logis
e. universal, abstrak, obyektif
4. Jika kita mengawinkan secara pribadi tumbuhan A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan kesannya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel. Hal ini memperlihatkan bahwa biologi mempunyai ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan menurut pengalaman empiris.
c. dikaji dengan memakai langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa aturan yang berlaku umum.
5. Cabang biologi yang berkaitan dengan Jaringan binatang adalah…
a. Histologi
b. Anatomi
c. Fisiologi
d. Sitologi
e. Taksonomi
6. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi ialah .......
a. genetika
b. sitologi
c. embriologi
d. patologi
e. sanitasi
7. Pasangan yang tidak cocok antara cabang biologi dan obyeknya adalah…
8. Dalam penyelidikan kasus bayi tertukar, spesialis biologi sering dilibatkan untuk mengungkap kasus ini. Hal ini memperlihatkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. aturan dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. aturan dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
9. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi tanggapan adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
10. Berikut ialah barang yang dijumpai pada sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. bejana plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri ialah ...
a. 1, 2 dan 3.
b. 1, 2 dan 4.
c. 2, 4 dan 5.
d. 1, 4 dan 5
e. 2, 3 dan 5
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber masakan gres
4. membantu memecahkan dilema lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi kehidupan insan adalah...
a. 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
e. 1, 2, 3 dan 4
12.Perhaikan gambar tumbuhan ini
Tumbuhan yang kita sentuh akan segera mengatupkan daunnya. Hal ini memperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu...
a. penyesuaian
b. iritabilitas
c. nutrisi
d. reproduksi
e. sirkulasi
13. Berikut ini yang merupakan tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah...
a. populasi, komunitas dan planet
b. plantae, animalia dan basil
c. organisme, ekosistem dan bioma
d. molekul, jaringan dan protozoa
e. bioma, komunitas dan animalia
14. Berikut ini ialah komponen organisasi kehidupan.
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 3 – 2 – 5
d. 4 – 2 – 1 – 3 – 5
e. 2 – 4 – 1 – 3 – 5
15. Sekelompok ayam leghorn di Kandang memperlihatkan hierarki kehidupan pada tingkatan...
a. organisme
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
16.Manakah yang merupakan rujukan obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
17. Pernyataan berikut ini yang tidak benar perihal tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan banyak sekali organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
18. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
19. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ
b. molekul
c. sel
d. jaringan
e. sistem organ
20. Perhatikan beberapa rujukan penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan masakan adalah...
a. 1, 2 dan 4
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
21. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
22. Jawaban terhadap pertanyaan atau dilema penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. observasi
d. variabel
e. eksperimen
23. Seorang siswa melaksanakan penelitian perihal imbas suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. observasi
b. hipotesis
c. analisa
d. eksperimen
e. kesimpulan
24. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Rumusan dilema yang sempurna dari penelitian diatas adalah...
a. Mengapa tumbuhan jagung diberi pupuk fosfat ?
b. Apakah imbas dukungan pupuk fosfat terhadap panjang daun tumbuhan jagung ?
c. Siapa yang memperlihatkan pupuk fosfat pada tumbuhan jagung ?
d. Berapa kilo pupuk fosfat yang diberikan pada tumbuhan jagung ?
e. Apakah dukungan pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tumbuhan jagung ?
25. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel bebas dalam penelitian diatas adalah..
a. jenis jagung
b. tinggi tumbuhan jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
26. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel terikat dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis jagung
b. tinggi tumbuhan jagung jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
27. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel kontrol dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis dan jumlah jagung yang ditanam
b. luas petak tanah
c. banyaknya pupuk fosfat tiap petak
d. jawaban A dan B benar
e. jawaban A dan C benar
28. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Hipotesis alternatif dari penelitian diatas adalah...
a. Pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tumbuhan jagung.
b. Pupuk fosfat tidak mempengaruhi tinggi tumbuhan jagung
c. Tanaman jagung terhambat pertumbu- hannya kalau diberi pupuk fosfat.
d. Tanaman jagung akan mati kalau diberi pupuk 3 kg
e. Tanaman jagung yang tidak diberi pupuk akan mati.
29. Proses pertumbuhan sesudah terjadi perkecambahan tercepat terjadi pada bagian ...
a. ujung batang.
b. pangkal batang
c. tempat defrensiasi batang
d. tempat elongasi batang
e. pangkal akar
30.Berikut ini yang bukan perilaku ilmiah seorang ilmuwan adalah...
a. jujur terhadap fakta
b. bertanggung jawab
c. disiplin dan tekun
d. melaksanakan penelitian untuk kepentingan sendiri
e. peduli terhadap lingkungan
31.Salah satu ilmuwan yang mendorong inovasi virus ialah A. Meyer (1882). Permasalahan yang mendorong A. Meyer melaksanakan penelitian ialah ....
a. Adanya tumbuhan tembakau yang terjangkit penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b. Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c. Apa ciri-ciri tumbuhan tembakau yang terjangkit penyakit mosaik ?
d. Bagaimana cara mengobati tumbuhan yang terjangkit mosaik ?
e. Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
32. Seorang ilmuwan dari Amerika yang pertama kali berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik pada tumbuhan tembakau (TMV) adalah...
a. Beijerinck
b. Ivanosky
c. Louis Pasteur
d. Wendell Stanley
e. Adolf Meyer
33. Amatilah data dibawah ini !
1. Dapat dikristalkan
2. Memiliki sitoplasma
3. Parasit obligat intraseluler
4. Prokariotik
5. Aseluler
Dari data diatas yang merupakan ciri – ciri virus adalah….
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
34. Virus tidak sanggup hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh lantaran itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium biar – biar
c. medium kentang dan biar – biar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
35. Virus sanggup dianggap sebagai makhluk hidup, alasannya ialah virus...
a. hanya sanggup hidup dalam sel – sel hidup
b. sanggup dikristalkan
c. sanggup menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
36. Dilihat dari struktur badan yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
37. Secara umum virus merupakan penyebab utama penyakit pada manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri. Berdasarkan cara hidupnya, virus tergolong organisme...
a. epifit
b. autotrof
c. saprofit
d. benalu obligat
e. benalu fakultatif
38. Perhatikan gambar berikut ini
Bagian badan virus yang dipakai untuk proses bisul (penetrasi) DNA ke dalam sel basil adalah…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
39. Perhatikan gambar berikut ini
Bagian yang mengandung materi genetik ditunjukan oleh...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
40. Berikut ini ialah tahapan daur litik pada perkembangbiakan virus.
1. Penetrasi.
2. Eklifase
3. Lisis
4. Adsorpsi
5. Perakitan
Urutan tahapan daur litik yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
d. 1 – 4 – 2 – 5 – 3
e. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
41. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini.
Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e 5
42. Pada siklus lisogenik terjadi fase penggabungan antara DNA virus dan DNA basil membentuk….
a. profase
b. viral
c. profage
d. bakteriofage
e. virion
43. Kelompok penyakit berikut ini yang disebabkan oleh virus adalah...
a. malaria, cacar dan difteri
b. rabies, kolera dan AIDS
c. DB, influenza dan tifus
d. AIDS, difteri dan influenza
e. rabies, DB dan cacar
44. Berikut ini ádalah nama-nama virus:
1. ebola
2. NCD
3. CVPD
4. tungro
5. TMV
6. dengue
Kelompok virus yang menjadikan penyakit pada tumbuhan adalah...
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 6
c. 2, 4 dan 6 d. 3, 4 dan 5
e. 4, 5 dan 6
45. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a. Sistem saraf dan kulit
b. Sistem kekebalan badan
c. Sistem peredaran darah
d. Sistem peredaran darah dan pernapasan
e. Sistem pencernaan dan peredaran darah
KUNCI JAWABAN
1. D 11. E 21. D 31. B 41. C
2. C 12. B 22. A 32. D 42. C
3. B 13. C 23. D 33. B 43. E
4. E 14. D 24. E 34. D 44. D
5. B 15. D 25. D 35. E 45. B
6. C 16. E 26. B 36. E
7. C 17. D 27. A 37. D
8. A 18. B 28. A 38. E
9. C 19. A 29. D 39. A
10. D 20. B 30. D 40. C
SOAL SEMESTER 1
KLIK INI
SOAL KINGDOM MONERA
SOAL
1. Pengertian biologi yang paling sempurna dijabarkan sebagai berikut...
a. biologi ialah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi ialah ilmu yang mempelajari relasi antara produsen dan konsumen.
c. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup kini ini.
d. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi ialah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
2. Biologi sebagai ilmu mempunyai objek kajian berupa banyak sekali permasalahan makhluk hidup dalam banyak sekali tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi ialah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah saat masak
b. bangkai tikus berbau busuk sesudah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada banyak sekali benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan memakai mikroskop
e. pembuatan tempe memakai jamur.
3. Biologi sebagai salah satu sains mempunyai ciri – ciri....
a. logis, abstrak, universal
b. obyektif, sistematis, logis
c. obyektif, logis, abstrak
d. subyektif, sistematis, logis
e. universal, abstrak, obyektif
4. Jika kita mengawinkan secara pribadi tumbuhan A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan kesannya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel. Hal ini memperlihatkan bahwa biologi mempunyai ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan menurut pengalaman empiris.
c. dikaji dengan memakai langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa aturan yang berlaku umum.
5. Cabang biologi yang berkaitan dengan Jaringan binatang adalah…
a. Histologi
b. Anatomi
c. Fisiologi
d. Sitologi
e. Taksonomi
6. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi ialah .......
a. genetika
b. sitologi
c. embriologi
d. patologi
e. sanitasi
7. Pasangan yang tidak cocok antara cabang biologi dan obyeknya adalah…
Cabang biologi | Obyek biologi | |
a. | Histologi | Jaringan |
b. | Mikologi | Jamur |
c. | Sitologi | Struktur tubuh |
d. | Patologi | Penyakit |
e. | Mikrobiologi | Mikroorganisme |
a. aturan dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. aturan dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
9. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi tanggapan adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
10. Berikut ialah barang yang dijumpai pada sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. bejana plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri ialah ...
a. 1, 2 dan 3.
b. 1, 2 dan 4.
c. 2, 4 dan 5.
d. 1, 4 dan 5
e. 2, 3 dan 5
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber masakan gres
4. membantu memecahkan dilema lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi kehidupan insan adalah...
a. 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
e. 1, 2, 3 dan 4
12.Perhaikan gambar tumbuhan ini
Tumbuhan yang kita sentuh akan segera mengatupkan daunnya. Hal ini memperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu...
a. penyesuaian
b. iritabilitas
c. nutrisi
d. reproduksi
e. sirkulasi
13. Berikut ini yang merupakan tingkatan organisasi dalam kehidupan adalah...
a. populasi, komunitas dan planet
b. plantae, animalia dan basil
c. organisme, ekosistem dan bioma
d. molekul, jaringan dan protozoa
e. bioma, komunitas dan animalia
14. Berikut ini ialah komponen organisasi kehidupan.
- komunitas
- populasi
- ekosistem
- organisme
- bioma
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 3 – 2 – 5
d. 4 – 2 – 1 – 3 – 5
e. 2 – 4 – 1 – 3 – 5
15. Sekelompok ayam leghorn di Kandang memperlihatkan hierarki kehidupan pada tingkatan...
a. organisme
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
16.Manakah yang merupakan rujukan obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
17. Pernyataan berikut ini yang tidak benar perihal tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan banyak sekali organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
18. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
19. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ
b. molekul
c. sel
d. jaringan
e. sistem organ
20. Perhatikan beberapa rujukan penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan masakan adalah...
a. 1, 2 dan 4
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
21. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
22. Jawaban terhadap pertanyaan atau dilema penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. observasi
d. variabel
e. eksperimen
23. Seorang siswa melaksanakan penelitian perihal imbas suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. observasi
b. hipotesis
c. analisa
d. eksperimen
e. kesimpulan
24. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Rumusan dilema yang sempurna dari penelitian diatas adalah...
a. Mengapa tumbuhan jagung diberi pupuk fosfat ?
b. Apakah imbas dukungan pupuk fosfat terhadap panjang daun tumbuhan jagung ?
c. Siapa yang memperlihatkan pupuk fosfat pada tumbuhan jagung ?
d. Berapa kilo pupuk fosfat yang diberikan pada tumbuhan jagung ?
e. Apakah dukungan pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tumbuhan jagung ?
25. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel bebas dalam penelitian diatas adalah..
a. jenis jagung
b. tinggi tumbuhan jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
26. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel terikat dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis jagung
b. tinggi tumbuhan jagung jagung
c. luas petak tanah
d. banyaknya pupuk fosfat
e. jumlah jagung yang ditanam
27. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Variabel kontrol dalam penelitian diatas adalah...
a. jenis dan jumlah jagung yang ditanam
b. luas petak tanah
c. banyaknya pupuk fosfat tiap petak
d. jawaban A dan B benar
e. jawaban A dan C benar
28. Seorang petani ingin meneliti perihal imbas dukungan pupuk fosfat terhadap kecepatan pertumbuhan tumbuhan jagung dengan mengukur tinggi tanaman. Petani menanam tumbuhan dalam 4 petak sawah
Kelompok I : tidak diberi pupuk.
Kelompok II : diberi pupuk 1 kg
Kelompok III : diberi pupuk 2 kg
Kelompok IV : diberi pupuk 3 kg
Hipotesis alternatif dari penelitian diatas adalah...
a. Pemberian pupuk fosfat mempengaruhi tinggi tumbuhan jagung.
b. Pupuk fosfat tidak mempengaruhi tinggi tumbuhan jagung
c. Tanaman jagung terhambat pertumbu- hannya kalau diberi pupuk fosfat.
d. Tanaman jagung akan mati kalau diberi pupuk 3 kg
e. Tanaman jagung yang tidak diberi pupuk akan mati.
29. Proses pertumbuhan sesudah terjadi perkecambahan tercepat terjadi pada bagian ...
a. ujung batang.
b. pangkal batang
c. tempat defrensiasi batang
d. tempat elongasi batang
e. pangkal akar
30.Berikut ini yang bukan perilaku ilmiah seorang ilmuwan adalah...
a. jujur terhadap fakta
b. bertanggung jawab
c. disiplin dan tekun
d. melaksanakan penelitian untuk kepentingan sendiri
e. peduli terhadap lingkungan
31.Salah satu ilmuwan yang mendorong inovasi virus ialah A. Meyer (1882). Permasalahan yang mendorong A. Meyer melaksanakan penelitian ialah ....
a. Adanya tumbuhan tembakau yang terjangkit penyakit mosaik sehingga merugikan petani
b. Apa penyebab penyakit mosaik tembakau ?
c. Apa ciri-ciri tumbuhan tembakau yang terjangkit penyakit mosaik ?
d. Bagaimana cara mengobati tumbuhan yang terjangkit mosaik ?
e. Penyakit mosaik tembakau akan menurunkan kualitas tembakau
32. Seorang ilmuwan dari Amerika yang pertama kali berhasil mengisolasi dan mengkristalkan virus mosaik pada tumbuhan tembakau (TMV) adalah...
a. Beijerinck
b. Ivanosky
c. Louis Pasteur
d. Wendell Stanley
e. Adolf Meyer
33. Amatilah data dibawah ini !
1. Dapat dikristalkan
2. Memiliki sitoplasma
3. Parasit obligat intraseluler
4. Prokariotik
5. Aseluler
Dari data diatas yang merupakan ciri – ciri virus adalah….
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
34. Virus tidak sanggup hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh lantaran itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium biar – biar
c. medium kentang dan biar – biar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
35. Virus sanggup dianggap sebagai makhluk hidup, alasannya ialah virus...
a. hanya sanggup hidup dalam sel – sel hidup
b. sanggup dikristalkan
c. sanggup menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
36. Dilihat dari struktur badan yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
37. Secara umum virus merupakan penyebab utama penyakit pada manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri. Berdasarkan cara hidupnya, virus tergolong organisme...
a. epifit
b. autotrof
c. saprofit
d. benalu obligat
e. benalu fakultatif
38. Perhatikan gambar berikut ini
Bagian badan virus yang dipakai untuk proses bisul (penetrasi) DNA ke dalam sel basil adalah…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
39. Perhatikan gambar berikut ini
Bagian yang mengandung materi genetik ditunjukan oleh...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
40. Berikut ini ialah tahapan daur litik pada perkembangbiakan virus.
1. Penetrasi.
2. Eklifase
3. Lisis
4. Adsorpsi
5. Perakitan
Urutan tahapan daur litik yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
b. 2 – 3 – 4 – 1 – 5
c. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
d. 1 – 4 – 2 – 5 – 3
e. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
41. Perhatikan gambar siklus reproduksi virus dibawah ini.
Tahap replikasi ditunjukan oleh nomor ................
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e 5
42. Pada siklus lisogenik terjadi fase penggabungan antara DNA virus dan DNA basil membentuk….
a. profase
b. viral
c. profage
d. bakteriofage
e. virion
43. Kelompok penyakit berikut ini yang disebabkan oleh virus adalah...
a. malaria, cacar dan difteri
b. rabies, kolera dan AIDS
c. DB, influenza dan tifus
d. AIDS, difteri dan influenza
e. rabies, DB dan cacar
44. Berikut ini ádalah nama-nama virus:
1. ebola
2. NCD
3. CVPD
4. tungro
5. TMV
6. dengue
Kelompok virus yang menjadikan penyakit pada tumbuhan adalah...
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 6
c. 2, 4 dan 6 d. 3, 4 dan 5
e. 4, 5 dan 6
45. HIV merupakan jenis virus yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Virus ini menyerang ......
a. Sistem saraf dan kulit
b. Sistem kekebalan badan
c. Sistem peredaran darah
d. Sistem peredaran darah dan pernapasan
e. Sistem pencernaan dan peredaran darah
KUNCI JAWABAN
1. D 11. E 21. D 31. B 41. C
2. C 12. B 22. A 32. D 42. C
3. B 13. C 23. D 33. B 43. E
4. E 14. D 24. E 34. D 44. D
5. B 15. D 25. D 35. E 45. B
6. C 16. E 26. B 36. E
7. C 17. D 27. A 37. D
8. A 18. B 28. A 38. E
9. C 19. A 29. D 39. A
10. D 20. B 30. D 40. C
SOAL SEMESTER 1
KLIK INI
SOAL KINGDOM MONERA
0 Komentar
Penulisan markup di komentar