Tari Gambyong

6:49 PM

Tari Gambyong

Masyarakat Jawa populer dengan kelembutan dan keluwesannya dalam bertingkah laku. Tarian satu ini merupakan citra kelembutan dan keluwesan perempuan Jawa. Namanya yakni Tari Gambyong.

Apakah Tari Gambyong itu?
Tari Gambyong yakni salah satu tarian tradisional dari Jawa Tengah.  Tarian ini biasanya di lakukan oleh beberapa penari perempuan dengan gerakan yang indah dan anggun.Tari Gambyong ini merupakan tarian pengembangan dari tarian tradisional terdahulu yaitu Tari Tayub.

Menurut sejarahnya, Nama Tari Gambyong ini di ambil dari nama seorang penari tledek yang berjulukan Gambyong. Selain kecantikanya, gambyong juga mempunyai bunyi indah dan gerakan yang gemulai sehingga banyak dikenali oleh masyarakat pada jaman itu. Atas seruan dari Sinuhun Paku Buwono IV yang memerintah kesunanan Surakarta, gambyong mengadakan pementasan di lingkungan kraton Surakarta. Sejak ketika itu tarian yang di bawakan oleh gambyong tersebut dinamakan Tari Gambyong. 

Sebelum pihak kraton Surakarta menata ulang dan membakukan struktur gerakannya, Tari Gambyong ini merupakan tarian rakyat sebagai kepingan dari upacara ritual sebelum bercocok tanam biar di berikan kesuburan dan di berikan panen yang melimpah. Setelah masuk kelingkungan kraton Tari Gambyong ini sering di jadikan tarian hiburan dan penyambutan tamu kehormatan. Namun seiring dengan perkembangan jaman Tari Gambyong ini mulai di pertunjukan lagi kepada masyarakat umum dan menjadi salah satu tarian tradisional di Jawa Tengah.

Gerakan dalam Tari Gambyong lebih memainkan gerakan pada kaki, tangan, badan dan kepala. Untuk gerakan dasar yang menjadi ciri khas Tari Gambyong yakni gerakan kepala dan tangan. Pandangan mata penari sering menuju ke arah jari tangan seiring dengan gerakan tangannya. Pada gerakan kaki bergerak secara harmonis. Dengan gerakan bertempo pelan penari menari lemah gemulai menggambarkan sebuah keindahan dan kelembutan seorang wanita.

Pada pertunjukannya, Tari Gambyong terdiri dari tiga kepingan yaitu maju beksan (gerakan awal), beksan (gerakan utama) dan mundur beksan ( gerakan penutup). Saat menari, penari sering mengatakan verbal wajah yang anggun dengan riasan wajah dan senyum sapa yang cantik. Selain itu penari gambyong juga di balut dengan busana elok ibarat kemben pada kepingan atas dan kain bermotif batik pada kepingan bawahnya. Pada di lengkapi dengan selendang yang di gunakan untuk menari. Selain itu di hiasi dengan asesoris berupa gelang, anting dan kembang yang di rangkai. pada kepingan kepala biasanya memakai sanggul dan wajah yang di rias dengan tata rias khas Jawa sehingga menambah kecantikan para penarinya. Untuk busana para penari gambyong ini identik dengan nuansa warna kuning dan hijau sebagai simbol kemakmuran dan kesuburan.

Pada pertunjukannya, Tari Gambyong di iringi dengan musik pengiring Gamelan. Instrument yang di gunakan yakni kempul, kendang, kenong, gong, gender dan lain – lain. instrument yang sangat penting dalam mengiringi tarian ini yakni kendang, sebab gerakan dalam tarian ini harus di selaraskan dengan bunyi kendang. Sehingga di butuhkan penabuh kendang yang bisa memadukan gerakan dan menyelaraskan dengan instrument lainnya.

 Masyarakat Jawa populer dengan kelembutan dan keluwesannya dalam bertingkah laris Tari Gambyong

Dalam perkembangannya, Tari Gambyong ini memang berawal dari tarian ledek. Namun sehabis ditata ulang dan di bakukan gerakannya, Tari Gambyong menjadi salah satu tarian tradisional pujian masyarakat Jawa Tengah terutama Surakarta. Tarian ini sering di tampilkan pada program ijab kabul adat, penyambutan tamu dan program kesenian budaya di Jawa Tengah.

Nah cukup sekian pengenalan wacana “Tari Gambyong Tarian Tradisional dari Jawa Tengah”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda wacana tarian tradisional di Indonesia.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔