Pengertian, Komponen Dan Macam Macam Ekosistem

9:53 PM

Pengertian, Komponen dan Macam macam Ekosistem


A. PENGERTIAN EKOSISTEM


Ekosistem ialah suatu proses yang terbentuk alasannya ialah adanya korelasi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, jadi kita tahu bahwa ada komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik(tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem ini, kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi, misalnya saja korelasi binatang dengan air. Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat mempunyai fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang terganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga.

B. KOMPONEN DALAM EKOSISTEM
Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem sanggup dibedakan menjadi dua komponen, yaitu sebagai berikut.
Komponen Abiotik, yaitu komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati), yang mencakup komponen fisik dan kimia, menyerupai tanah, air, matahari, udara, dan energi.
Ada 2 pembagian komponen biotik dalam suatu ekosistem, yaitu Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof, nah tentu saja sobat sudah sering mendengar kedua kata ini, silahkan saja disimak lagi lanjutannya ya :

Organisme Autotrof ialah semua organisme yang bisa menciptakan atau mensintesis makanannya sendiri, berupa materi organik dan bahan-bahan anorganik dengan dukungan energi matahari melalui proses fotosintesis. Semua organisme yang mengandung klorofil terutama tumbuhan hijau daun disebut organisme autotrof. Ada dua pembagian atas Organisme autotrof ini yaitu :

1. Fotoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi cahaya untuk mengubah materi anorganik menjadi materi organik.

2. Kemoautotrof yang merupakan organisme pemanfaat energi dari reaksi kimia untuk menciptakan materi kuliner sendiri dari materi organik. Contohnya ialah basil besi, dalam menjalankan proses ini mereka membutuhkan oksigen.

Organisme Heterotrof ialah semua organisme yang tidak sanggup menciptakan makanannya sendiri, akan tetapi meman faat kan bahan-bahan organik dari organisme lainnya sebagai materi makanannya. Organisme ini terdiri atas 3 tingkatan yaitu :

Konsumen yang secara pribadi memakan organisme lain
Pengurai yang mendapat kuliner dari penguraian materi organik dari bangkai
Detritivor yang merupakan pemakan partikel organik atau jaringan yang telah membusuk, teladan nya ialah lintah dan cacing

C. SATUAN MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM
Individu merupakan satu makhluk hidup, misalnya seekor burung.
Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup yang menetap disuatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan bisa berkembangbiak, misalnya sekumpulan semut.
Komunitas merupakan kumpulan dari populasi yang menempati kawasan yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang.
Ekosistem merupakan kumpulan dari komunitas tadi yang melibatkan interaksi yang muantap antara makhluk hidup.


D. MACAM-MACAM EKOSISTEM

Ada dua macam ekosistem yang terbentuk di bumi kita ini, yaitu

Ekosistem alamiah


Ekosistem ini ialah ekosistem yang tercipta dengan sendirinya tanpa ada campur tangan dari manusia, oleh alasannya ialah itu lah kita sebut sebagai ekosistem Alamiah. Contohnya ialah ekosistem bahari dan sungai.

Ekosistem Buatan


Seperti namanya, ekosistem ini merupakan yang terbentuk dengan adanya campur tangan manusia, Dibuat kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun keanekaragaman hayati di sini terbatas, alasannya ialah bukan itu tujuan dari menciptakan ekosistem ini. Contohnya ialah sawah.

E. INTERAKSI DALAM EKOSISTEM
Tentunya sesudah mengetahui komponen dalam suatu ekosistem kita bertanya-tanya bagaimana sesungguhnya hubangan antara makhluk hdup yang tinggal menetap dalam suatu ekositem, nah begini nih sahabat

Setiap makhluk hidup akan berusaha untuk mempertahankan populasinya, tentu dengan cara mencari kuliner dan terus berkembang biak, menyerupai yang kita ketahui ada makhluk hidup karnivora dan herbivora hal ini akan mengakibatkan korelasi bersahabat yang biasa dinamakan rantai kuliner dan jaring jaring makanan. Saya akan menambahkan gambar saja ya, mudah-mudahan sobat semuanya sanggup mengerti melalui gambar ini

1.Rantai makanan


2. Jaring-jaring makanan

F. PENCEMARAN EKOSISTEM





 Ekosistem ini bekerjsama menunjukkan banyak laba dalam kehidupan manusia, namun banyak dari kita tidak menyadarinya sehingga bertindak hanya demi kepentingan pribadi tanpa memikirkan dampaknya bagi kehidup anak cucu kita, betapa tidak, banyak orang melaksanakan penebangan liar, pembakaran hutan, membuang limbah berbahaya ke laut, nah lihatlah dampaknya !!

marilah kita menjaga lingkungan disekitar kita jangan hingga merusak dan mencemarinya biar sanggup dirasakan dan dinikmati ke indahannya serta kealamiannya oleh anak dan cucu kita kelak. Terimakasih telah berkunjung di materi-sekolah.com, blog yang membuatkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Jangan lupa like dan komentarnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔