Tujuan Dari Religius, Magis, Simbolis, Estetis, Komersil, Dan Verbal Dalam Seni Lukis

5:20 AM
Tujuan Dari Religius, Magis, Simbolis, Estetis, Komersil, dan Ekspresi Dalam Seni Lukis - Seni lukis ialah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis ialah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis ialah aktivitas mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk menerima kesan tertentu.

Dalam melukis niscaya si pelukis itu menggambar dengan tujuan tertentu karna ada maksut yang ingin disampaikan atau diluapkan. Tujuan tersebut antara lain yaitu Religius, Magis, Simbolis, Estetis, Komersil, dan Ekspresi

Adapun pembahasan ihwal pengertian seni lukis, namun yang akan kita bahas bukanlah itu. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi ihwal seni lukis silahkan baca artikel yang telah disiapkan yaitu tentang Tujuan Dari Religius, Magis, Simbolis, Estetis, Komersil, dan Ekspresi Dalam Seni Lukis. Selamat belajar.

Seni lukis ialah salah satu cabang dari seni rupa Tujuan Dari Religius, Magis, Simbolis, Estetis, Komersil, dan Ekspresi Dalam Seni Lukis
Dalam menciptakan sebuah karya seni lukis, para seniman memilih tujuan pembuatan karya tersebut. Tujuan-tujuan yang dipilih oleh para seniman antara lain tujuan religius, magis, simbolis, estetis, komersil, dan ekspresi.

a. Tujuan Religius
Seorang seniman yang mempunyai tujuan religius menjadikan lukisan yang dibuatnya sebagai dedikasi yang ditunjukan kepada Tuhan, nenek moyang, atau para dewa, baik politheisme atau monotheisme. Salah satu bentuk lukisan yang dibentuk dengan tujuan religius ialah lukisan pada gua leang-leang di Maros, Sulawesi Selatan.

b. Tujuan Magis
Seorang seniman yang mempunyai tujuan magis menjadikan lukisan yang dibentuk untuk mendatangkan magis atau sihir. Lukisan ini bersifat primitif. Akan tetapi, pelukis modern juga banyak yang melukis tema dan motif primitif biar mengakibatkan kesan magis. Mereka menganut paham primitivisme. Seniman-seniman yang banyak melukis tema dan motif primitif banyak terdapat di Bali.

c. Tujuan Simbolis

Seorang seniman yang mempunyai tujuan simbolis melaksanakan aktivitas melukis untuk melambangkan suatu keinginan kehidupan langsung atau kelompok. Misalnya, keinginan berupa kebahagiaan, kedamaian, kekuatan, dan kehendak faktual yang bermanfaat bagi manusia. Contoh lukisan yang dibentuk dengan tujuan simbolis ialah lukisan kepahlawanan Pangeran Diponegoro karya Basuki Abdullah.

d. Tujuan Estetis

Seorang seniman yang mempunyai tujuan estetis akan melukis dengan semata-mata mengutamakan rasa keindahan saja sehingga lukisannya sanggup dinikmati sebagai penghias dekorasi. Contoh lukisan yang mempunyai tujuan estetis ialah lukisan pemandangan atau lukisan aktivitas masyarakat.

e. Tujuan Komersil
Seorang seniman yang mempunyai tujuan komersil akan melukis dengan mengutamakan selera pembeli. Contohnya ialah para pelukis di jalan.

f. Tujuan Ekspresi

Seorang pelukis yang melukis dengan tujuan ekspresi akan melukis untuk mengekspresikan perasaannya sendiri, tanpa melihat unsur-unsur lain. Di sini seniman benar-benar total mencurahkan semua ekspresi dan perasaannya ke dalam sebuah lukisan. Teknik yang digunakan pun bermacam-macam dan biasanya seorang seniman ini mempunyai teknik khas tersendiri.

Mungkin itu saja yang sanggup aku sampaikan mengenai Seni Budaya khususnya Seni Rupa. Semoga sanggup menambah ilmu pengetahuan anda semua dengan adanya Tujuan Dari Religius, Magis, Simbolis, Estetis, Komersil, dan Ekspresi Dalam Seni Lukis, mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔