Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

5:20 PM
Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat - Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat. Dalam pembuatannya tanah liat diproses melalui beberapa tahapan. Selain itu ada juga materi perhiasan lain yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah diproses dan siap dicetak menjadi gerabah kemudian dibuat dengan pribadi memakai tangan   atau memakai alat putar.

 Gerabah merupakan salah satu hasil karya seni terapan yang banyak ditemukan di Indonesia. Seni terapan merupakan seni yang akhirnya mempunyai fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Gerabah ini banyak dipakai sebagai perkakas dengan materi dasarnya ialah tanah liat, dimana tanah liat tersebut diolah dengan bermacam-macam teknik, kemudian dihias untuk menunjukkan kesan artistik. Gerabah juga dikenal dengan istilah tembikar atau keramik dan sudah ada di Indonesia semenjak zaman Neolitikum sekitar 3000–1100 SM.

Adapun pembahasan dalam pengertian pembuatan gerabah dari tanah liat yang saya bahas ketika ini yaitu Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat Bagi anda yang ingin tahu cara pembuatanya gak uasah khawatir lagi ini udah saya siapkan dibawah ini. pahami dalam setiap bacaannya.

Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

 Bahan dasar yang dipakai untuk menciptakan gerabah ialah tanah liat. Sebelum dibuat gerabah, tanah liat tersebut diproses terlebih dahulu dalam beberapa tahapan. Selain itu, ada juga materi perhiasan lain, yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah siap kemudian dibuat dengan tangan pribadi atau memakai alat putar.

  Bentuk gerabah yang akan dibuat diubahsuaikan dengan fungsi benda tersebut ketika digunakan. Ada gerabah yang dipakai untuk alat memasak menyerupai periuk dan belanga, ada yang dipakai untuk menyimpan air atau beras menyerupai tempayan, ada yang dipakai untuk menyimpan air minum menyerupai kendi, dan ada yang dipakai untuk hiasan menyerupai guci dan vas bunga.

 Peralatan yang dipakai untuk menciptakan gerabah, antara lain pisau cukil yang terbuat dari kayu/bambu, sundip yang terbuat dari kawat, butsir dengan tangkai kayu, tali pemotong, meja putaran (subang pelarik), kayu salab atau kayu rol penggilas, dan pisau.

 Dalam menciptakan benda yang terbuat dari materi tanah liat diharapkan teknikteknik tertentu semoga dalam prosesnya gampang dan efektif. Adapun teknik-teknik yang biasanya dipakai oleh pembuat gerabah atau keramik antara lain teknik lempeng, teknik pijat, teknik pilin, teknik putar, teknik cetak tekan, dan teknik tuang.

1. Teknik Lempeng (Slabing).

 Teknik lempeng (slabing) merupakan teknik yang dipakai untuk menciptakan benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. Teknik ini diawali dengan pembuatan lempengan tanah liat dengan memakai rol kayu penggilas. Setelah menjadi lempengan dengan ketebalan yang sama, kau sanggup memotong dengan pisau atau kawat sesuai dengan ukuran yang kau inginkan. Selanjutnya, kau sanggup menciptakan menjadi bentuk kubus atau persegi. Kemudian, tahap simpulan diberi hiasan dengan cara ditoreh pada ketika tanah setengah kering.


Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

2. Teknik Pijat (Pinching)

   Teknik pijat (pinching) merupakan teknik menciptakan keramik dengan cara memijat tanah liat pribadi memakai tangan. Tujuan dari penggunaan teknik ini ialah semoga tanah liat lebih padat dan tidak gampang mengelupas sehingga akhirnya akan tahan lama. Proses pijat sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut.

A. Ambil segumpal tanah liat plastis.
B. Tanah liat tersebut diulet-ulet dan dipijitpijit dengan ibu jari sambil dibuat sesuai dengan bentuk benda yang kau inginkan.
C. Haluskan memakai kuas atau kain halus.

Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

3. Teknik Pilin (Coiling)

 Teknik pilin (coiling) ialah cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibuat menyerupai tali. Cara melaksanakan teknik ini ialah segumpal tanah liat dibuat pilinan dengan kedua telapak tangan. Ukuran tiap pilinan diubahsuaikan dengan ukuran yang kau inginkan. Panjangnya pilinan juga diubahsuaikan dengan kebutuhan. Kemudian, pilinan tanah liat tersebut kau susun secara melingkar sehingga menjadi bentuk yang kau inginkan. Jangan lupa tiap susunan ditekan dan tambahkan air supaya menempel.

Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

4. Teknik Putar (Throwing)

 Untuk menciptakan gerabah dengan teknik putar (throwing), kau memerlukan alat bantu berupa subang pelarik atau alat putar elektrik. Cara melaksanakan teknik ini ialah dengan mengambil segumpal tanah liat yang plastis dan lumat. Setelah itu, taruhlah tanah liat di atas meja putar sempurna di tengahtengahnya. Lalu, tekan tanah liat dengan kedua tangan sambil diputar. Bentuk tanah liat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Teknik putar umumnya menghasilkan benda berbentuk bundar atau silindris.

Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

5. Teknik Cetak Tekan (Press)

 Teknik cetak tekan dilakukan dengan menekan tanah liat yang bentuknya diubahsuaikan dengan cetakan. Teknik ini dilakukan untuk mendapat hasil dengan waktu yang cepat.

Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

6. Teknik Cor atau Tuang


  Teknik cor atau tuang dipakai untuk menciptakan gerabah dengan memakai pola alat cetak. Tanah liat yang dipakai untuk teknik ini ialah tanah liat cair. Cetakan ini biasanya terbuat dari gips. Bahan gips dipakai alasannya ialah gips sanggup menyerap air lebih cepat sehingga tanah liat menjadi cepat kering.

Gerabah ialah perabotan yang terbuat dari materi dasar tanah liat Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat


Demikianlah sedikit materi Seni Budaya kali ini khususnya dalam membahasa Materi seni Rupa yang berjudul Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat Semoga sanggup menambah pengetahuan kita dalam memahami aneka ragam seni budaya yang ada di indonesia. terimakasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔