Uraian Ujian Nasional Kelas X 2015 Dengan Pola Soal

12:22 AM
Jauh jauh hari sebaiknya kita melaksanakan persiapan apa saja yang harus dipersiapkan semoga nilai Ujian Nasional lebih baik tidak memalukan orang bau tanah dan Gurunya. Tentu persiapan pertama apakah sudah lengkap materi dan catatn kelas X yang sudah 2 tahun nggak disentuh masih ada untuk itu saya persiapkan materi yang ada untuk kelas X OK semoga mempunyai kegunaan  

INDIKATOR 1 : MENJELASKAN OBJEK DAN PERMASALAHAN BIOLOGI

Pada permasalahan biologi ialah Apa yang dipelajari biologi ialah mahkluk hidup maka mahkluk hidup harus tahu isi tubuhnya itu apa maka dimulai dari unit terkecilnya sel harus dipahami, Sel ngumpul membentuk apa dst sampai membentuk Mahkluk hidup atau individu jikalau ia mengumpul jadi apa dst disinggung disini OK


1.1 Sel
adalah kesatuan struktur dan fungsional terkecil dari mahkluk hidup.
Cakupannya membran plasma, organel dan inti, termasuk sel pada organnisme uniseluler dan multiseluler.

1.2. Jaringan
adalah kumpulan sel yang sejenis, mempunyai bentuk, ukuran, dan fungsi sel yang sama.
Pada flora jaringannya ada jaringan parenkim, penguat, pengangkut, pelindung.
Sedangkan pada binatang ada jaringan epitel, otot, saraf, dan  ikat.

1.3. Organ
adalah kumpulan dari aneka macam jaringan yang berbeda yang membentuk sebuah struktur dan berfungsi untuk mendukung sistem tertentu. contohnya ialah jantung, paru-paru, mata, dsb.

1.4. Sistem organ
adalah kumpulan organ-organ yang menjalankan sistem tertentu.
Sistem organ yang sanggup dijumpai pada insan ialah sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem koordinasi, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem gerak, sistem pernafasan, sistem kekebalan tubuh

1.5 INDIVIDU/organisme
individu ialah unit tunggal organisme yang berada di lingkungan mencakup mahkluk hidup uniseluler atau multiseluler yang terdiri dari kumpulan aneka macam sistem organ.

2.1 Populasi
Populasi ialah kumpulan individu sejenis. pada istilah ini tidak akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi ataupun ada interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

2.2. Komunitas
komunitas ialah kumpulan aneka macam macam individu pada suatu area. Areanya bisa sawah, sungai, danau, maritim dsb. Kaprikornus jikalau ada kata kunci lokasi di dalam lingkungan merupakan indikator yang mengacu pada istilah komunitas. pada istilah ini akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi dan tidak ada istilah interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

2.3 Ekosistem
Ekosistem ialah interaksi yang terjadi di dalam lingkungan, baik itu interaksi: antar faktor biotik, antar faktor abiotik ataupun antar faktor biotik dan abiotik.           

2.4. Bioma
Suatu areal lingkungan yang luas dengan flora mayoritas tertentu. diantaranya adalah


  1. Bioma hutan hujan tropis..
  2. Bioma gurun.
  3. Bioma tundra
  4. Bioma taiga
  5. Bioma Savana
  6. Bioma Stepa
Karena Mahkluk hidup yang dipelajari dan variasinya banyak maka Biologi mempunyai cabang cabang beraneka ragam ini hanya beberapa cabang yang perlu diketahui sehingga secara specifik dari ilmu ini sebaiknya dicari buku untuk mengetahui secara detail misal cari buku Histologi: yang specifik membahas Jaringan maka akan tahu lebih detail OK

ILMU ILMU BIOLOGI
Selain itu lantaran Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya materi kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :


  1. Zoologi, ilmu yang mempelajari wacana hewan
  2. Botani, Ilmu yang mempelajari wacana tumbuhan
  3. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari wacana faal/fungsi kerja tubuh
  4. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari wacana bagian-bagian tubuh
  5. Genetika, ilmu yang mempelajari wacana pewarisan sifat
  6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari wacana organism
  7. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari wacana bakteri
  8. Mikologi, ilmu yang mempelajari wacana jamur
  9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
  10. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
  11. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari wacana manipulasi sifat genetic
  12. Ekologi, ilmu yang mempelajari wacana kekerabatan timbal balik/interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
  13. Taksonomi, ilmu yang mempelajari wacana sistematika makhluk hidup
  14. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari wacana ikan
  15. Malakologi, ilmu yang mempelajari wacana moluska
  16. Terratologi ialah cabang ilmu biologi yang mempelajari kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan
  17. Ornitologi, ilmu yang mempelajari wacana burung
  18. Entomologi, Ilmu yang mempelajari wacana serangga
  19. Protozoologi, ilmu yang mempelajari wacana protozoa
  20. Limnologi, ilmu yang mempelajari wacana perairan air tawar
  21. Embriologi, ilmu yang mempelajari wacana perkembangan embrio
  22. Patologi, ilmu yang mempelajari wacana penyakit
  23. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari wacana hormone
  24. Sitologi, ilmu yang mempelajari wacana sel
  25. Histologi, ilmu yang mempelajari wacana jaringan
  26. Organologi, ilmu yang mempelajari wacana organ
  27. Morfologi, ilmu yang mempelajari wacana bentuk atau ciri luar organism
  28. Enzimologi, ilmu yang mempelajari wacana enzim
  29. Virologi, ilmu yang mempelajari wacana virus

CONTOH SOAL


1.    Kumpulan beberapa organ yang mempunyai fungsi dan kiprah saling berkaitan dinamakan ….
a. jaringan                   
b. individu
c. populasi                   
d. sistem organ
e. komunitas

2.    Sekumpulan siswa sedang melaksanakan pengamatan burung. Cabang Biologi yang berperan adalah 
a. Ornitologi              
b. Bakteriologi
c. Zoologi                    
d. Virologi
e. Mikrobiologi

3.    Kumpulan semut di rumah Andi mempunyai seekor ratu. Seekor ratu semut tersebut disebut ….
a. populasi                   
b. komunitas
c. individu                  
d. ekosistem
e. satu populasi

4.    Hutan di Indonesia, merupakan salah satu bioma yang khas, yaitu bioma ….
a. tundra                      
b. hutan hujan tropis
c. padang rumput        
d. gurun
e. taiga

5.    Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat ….
a. sel                           
b. jaringan
c. organ                       
d. organel
e. sistem organ

INDIKATOR 2 : 


  1. Menjaelaskan Peran VIRUS
  2. Menjelaskan Peran ARCHAEBACTERIA
  3. enjelaskan kiprah EUBACTERIA Bagi kehidupan manusia 

Peran menguntungkan virus antara lain sanggup dimanfaatkan untuk :


  1. Virus dipakai untuk memproduksi interferon, yakni homogen senyawa yang sanggup dimanfaatkan untuk mencegah replikasi virus di dalam sel inang ( hospes )
  2. Profage sanggup dimanfaatkan untuk mengubah fenotip basil sehingga menjadi bermanfaat dalam dunia kedokteran / medis
  3. Virus dipakai untuk pembuatan vaksin aneka macam jenis mikroba penyebab penyakit. 
  4. Seperti vaksin sabin dan Salk untuk mencegah penyakit polio,  vaksin Pasteur untuk mencegah penyakit rabies dll.
PERAN VIRUS
  • Peran virus secara umum ialah penyebab kerugian lantaran beliau secara alami bersifat benalu obligat pada mahkluk hidup. berikut ini penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dalam dunia pertanian:


  1. Mosaik (bercak kuning) pada daun tembakau. disebabkan olehTobacco Mozaik Virus/TMV
  2. Daun menggulung pada tanaman kapas dan lobak yang disebabkan oleh virus bernama Turnip Yellow Mozaic Virus ( TYMV ).
  3. Tungro pada tanaman padi yang disebabkan oleh virus tungro
  4. Kanker pada tanaman jeruk yang disebabkan oleh Citrus PVD (CPVD)
Dalam dunia peternakan, ada beberapa penyakit yang juga disebabkan oleh virus, antara lain :


  1. penyakit tetelo atau New Castle Disease ( NCD ) yang menyerang sistem saraf unggas ( ayam, itik )
  2. penyakit kuku dan lisan atau Foot and Mouth Disease yang menyerang organ kuku dan lisan binatang ternak menyerupai sapi, kambing, kerbau dan kuda
  3. penyakit flu burung yang menyerang sistem pernapasan ternak unggas
  4. Penyakit pada manusia. Beberapa di antara nya yang ketika ini gres populer ialah :
  5. AIDS yang disebabkan oleh HIV ( Human Imunodeficiency Virus ) menyerang sistem kekebalan tubuh manusia
  6. Campak
  7. Cacar air
  8. Demam berdarah yang disebabkan oleh Virus Dengue
  9. Influenza  
  10. H1N1 yang menimbulkan flu Spanyol tahun 1918, dan flu babi tahun 2009
  11. H2N2 yang menimbulkan Flu Asia di tahun 1957
  12. H3N2 yang menimbulkan Flu di Hong Kong 1968
  13. 13.  H5N1, (Flu Burung) sebuah bahaya pandemi merupakan flu musiman 2007-2008
  14. Rabies
  15. SARS - penyakit pada saluran pernafasan

PERAN ARKAEOBAKTERIA


  • Arkaeobakteria ada tiga kelompok yaitu kelompok Metahonogen, thermofilik dan halofil. Yang paling mungkin dijadikan soal ialah kelompok methanogen lantaran menghasilkan metana.
  • Metana berupa gas dalam kehidupan sehari-hari sanggup dipakai dalam pembuatan biogas dengan memanfaatkan materi organik menyerupai samapah atau feses hewan.

PERAN EUBAKTERIA
Berikut ini kiprah basil di sekitar kita
Contoh Bakteri yang Menguntungkan

1) Peran basil dalam Industri Makanan
  1. Lactobacillus casei berperan dalam pembuatan keju dan yoghurt.
  2. Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan asam cuka dan nata de coco.
  3. Streptococcus lactis dan S. cremoris berperan dalam pembuatan keju dan mentega.
  4. Lactobacillus bulgaricus berperan dalam pembuatan yoghurt (susu asam).
  5. Spirulina berperan dalam pembuatan PST (protein sel tunggal).



2) Peran basil dalam Bidang Obat-obatan dan Vitamin
  1. Bacillus brevis berperan dalam pembuatan antibiotik tirotrisin.
  2. Bacillus subtilis berperan dalam pembuatan antibiotik basitrasin.
  3. Bacillus polymyxa berperan dalam pembuatan antibiotik polimiksin.
  4. Streptomyces griseus berperan dalam pembuatan antibiotik streptomisin.
  5. Pseudomonas denitrificans berperan dalam pembuatan vitamin B12.
  6. Streptomyces venezuelae berperan dalam pembuatan antibiotik kloromisin.
  7. Streptomyces aureofaciens berperan dalam pembuatan antibiotik aureomisin.
  8. Streptomyces rimosus berperan dalam pembuatan antibiotik tetrasiklin.



3) Peran basil di Bidang Lain
  1. Bakteri nitrit (Nitrosomonas dan Nitrosococcus) dan basil nitrat (Nitrobacter) merupakanbakteri yang membantu proses pembentukan senyawa nitrat dalam tanah.
  2. Rhizobium leguminosarum (hidup bersimbiosis pada akar flora Leguminosae), Azotobacter, Clostridium pasteurianum, dan Rhodospirillum rubrum merupakan basil yang bisa mengikat N2bebas dari udara.
  3. Escherichia coli membusukkan sisa makanan di usus besar, membantu pembentukan vitamin K, serta sanggup menguraikan asam semut (HCOOH) menjadi CO2 dan H2O (dalam keadaan tertentu).
  4. Methanobacterium ruminatum sanggup menguraikan asam cuka menjadi metana dan karbon dioksida.
  5. Clostridium acetobutylicum sanggup menghasilkan aseton dan butanol.
  6. Methanobacterium sanggup membusukkan sampah daun dan kotoran hewan. Pembusukan tersebut menghasilkan metana/biogas yang sanggup dipakai sebagai energi alternatif.



Contoh Bakteri yang Merugikan

1) Penyebab Penyakit pada Manusia
Nama basil dan penyakit yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Vibrio cholerae sanggup menimbulkan penyakit kolera.
  2. Mycobacterium tuberculosis sanggup menimbulkan penyakit TBC.
  3. Mycobacterium leprae sanggup menimbulkan penyakit lepra.
  4. Shigella dysentriae sanggup menimbulkan penyakit disentri.
  5. Salmonella typhi sanggup menimbulkan penyakit tifus.
  6. Pasteurella pestis sanggup menimbulkan penyakit pes.
  7. Clostridium tetani sanggup menimbulkan penyakit tetanus.
  8. Treponema pallidum sanggup menimbulkan penyakit sifilis.
  9. Neisseria gonorrhoeae sanggup menimbulkan penyakit gonore.
  10. Bordetella pertusis sanggup menimbulkan penyakit batuk rejan.
  11. Leptospira sp. sanggup menimbulkan penyakit leptospirosis.



2) Penyebab Penyakit pada Hewan

Nama basil dan penyakit yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Bacillus anthracis menimbulkan penyakit antraks pada sapi, kerbau, dan domba.
  2. Brucella abortus sanggup menimbulkan penyakit bruselosis pada sapi.
  3. Actynomyces bovis sanggup menimbulkan penyakit infeksi rahang pada sapi.
  4. Streptococcus agalactiae dan Staphylococcus epidermisis sanggup menimbulkan penyakit mastitis pada binatang menyusui.
  5. Salmonella pullorum sanggup menimbulkan berak kapur pada ayam.


3) Penyebab Penyakit pada Tumbuhan

Nama basil dan penyakit yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Xanthomonas citri menimbulkan penyakit kanker pada batang jeruk.
  2. Agrobacterium tumefaciens menimbulkan penyakit kanker pada batang kopi.
  3. Erwinia tracheiphila menimbulkan busuk pada daun labu.
  4. Pseudomonas cattleyae menimbulkan busuk pada daun anggrek.


4) Penyebab Kerusakan Makanan

Nama basil dan kerusakan makanan yang ditimbulkan sebagai berikut.
  1. Clostridium botulinum pada makanan kaleng yang rusak.
  2. Pseudomonas cocovenenans pada tempe bongkrek.
  3. Leuconostoc mesentroides pada makanan basi.
  4. Enterobacter aerogenes menimbulkan air susu menjadi berlendir.



CONTOH SOAL :

1.    Virus tidak sanggup masuk dalam kelompok makhluk hidup lantaran ….
a. virus sanggup dikristalkan
b. virus sanggup melaksanakan pembuahan
c. virus sanggup menularkan penyakit
d. virus sanggup bergerak
e. virus sanggup berkembang biak

2.    Ukuran virus sangat kecil, yaitu ….
a. 10 milimikron                     

b. 20 – 300 milimikron
c. 1 – 3 milimikron                 

d. 200 – 3000 milimikron
e. <10 milimikron="" span="">

3.    Virus tersusun atas selubung protein yang disebut ….
a. virion                                  

b. vaksinc. kapsid                                
d. partikel virus
e. hospes

4.    Virus mengambil alih fungsi DNA bakteri. Tujuan tindakan virus ini ialah ….
a. melipat gandakan bakteri
b. mensintesis protein dan menciptakan struktur tubuh virus yang baru
c. semoga DNA basil melaksanakan replikasi sebagai persiapan pembelahan sel
d. untuk menciptakan basil hancur
e. untuk mengaktifkan inti sel basil sampai sanggup memproduksi enzim baru

5.    HIV di dalam penderita AIDS menimbulkan penderita mengalami ……
a. Peningkatan kadar trombosit
b. Penurunan kadar trombosit
c. Rapuhnya sistem kekebalan
d. Menurunya sistem kekebalan
e. Kerusakan hati

INDIKATOR 3 : MENGIDENTIIKASI CIRI/PERAN KELOMPOK JAMUR DAN PROTISTA (JAMUR, PROTITA,PROTOZOA, ALGA)

Ciri-ciri Protista :


  • Bersifat eukariotik
  • Uniseluler atau multiseluler
  • Belum mempunyai jaringan yang sebenarnya
  • Protista dikelompokkan menjadi : protista menyerupai jamur, protista menyerupai flora (Alga) dan protista menyerupai binatang (protozoa)
Ciri-Ciri Fungi :


  • Eukariotik
  • Tidak berklorofil
  • Memiliki dinding sel dari kitin
  • Tubuh tersusun dari hifa yang membentuk anyaman atau miselium
  • Habitat tempat lembab
  • Reproduksi vegetative dengan membentuk tunas, dan reproduksi generative dengan spora seksual
Klasifikasi fungi menurut spora seksualnya


  1. Zygomycotina - Zygospora
  2. Ascomycotina - Ascospora
  3. Basidiomycotina - Basidiospora
  4. Deuteromycotina - Konidiospora
PROTISTA
  1. umumnya tidak sanggup menciptakan makanan sendiri
  2. tidak hidup sendiri (soliter) atau berkoloni (kelompok)
  3. memiliki alat gerak yaitu ada yang berupa kaki semu, bulu getar, atau bulu cambuk
  4. mampu bertahan hidup dalam lingkungan kering maupun basah
  5. tidak mempunyai dinding sel
  6. organisme bersel banyak

CONTOH SOAL
1.    Jenis ascomycota yag sanggup mengubah ampas kacang menjadi oncom adalah...
a.    Aspergillus flavus             
b.    Neurospora sitophyla
c.    Aspergillus niger               
d.    Ustilago maydis
e.    Puccinia graminis

2.    Yang termasuk ciri-ciri protozoa adalah.....
a.    1,2, dan 3                         
b.    2,3, dan 4
c.    3,4, dan5                          
d.    6 saja
e.    1,2,4, dan 5

3.    Kelompok jamur yang menguntungkan bagi insan adalah...
a.    Pythium sp, pytophtora infestans, aspergillus fumigatos
b.    Epidermophyton floocosoem, ustilago maydis, saprolegnia
c.    Sprolegnia, aspergillus flavus, aspergillus fumigatus
d.    Ustilago maydis, aspergillus flavus, penicilium camemberti
e.    Volvariella volvaceae, auticularia polytrica, aspergillus oryzae

4.     Bagian tubuh ganggang biru berbentuk benang yag sanggup tumbuh menjadi individu gres adalah...
 a.    Nukleus
 b.    Pirenoid
 c.    Heterokista
 d.    Hormogonium
 e.    Reseptakulum

5.    Ditemukan satu jenis ganggang dengan ciri-ciri tubuh berbentuk benang, mempunyai kloroplas, berbentuk spiral dan tempat hidup di air tawar. Berdasarkan karakteristik tersebut, ganggang tersebut adalah...
a.    Volvox                            

b.    Rivularia
c.    Spirogyra                      

d.    Clorococ

INDIKATOR 4 : MENENTUKAN DASAR PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP



1. TUJUAN KLASIFIKASI ::


  1. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-iap jenis, semoga gampang dikenal;
  2. Mengelompokkan makhluk hidup menurut ciri-cirinya;
  3. Mengetahui kekerabatan kekerabatan antar makhluk hidup; dan
  4. Mengetahui evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya.


2. DASAR KLASIFIKASIKlasifikasi makhluk hidup memakai dasar atau kriteria tertentu, yaitu persamaan ciri atau sifat morfologi, fisiologi, dan anatomi yang terdapat pada makhluk hidup.

Sistem penjabaran makhluk hidup. Saat ini diketahui terdapat 3 (tiga) system penjabaran makhluk hidup, yaitu


Sistem Artifisial (Buatan),Sistem Alami, dan Sistem Filogenetik.
  1. Sistem Artifisial ialah penjabaran yang memakai satu atau dua ciri pada makhluk hidup. Sistem ini disusun dengan memakai ciri-ciri atau sifat-sifat yang sesuai dengan kehendak manusia, atau sifat lainnya.Misalnya penjabaran flora sanggup memakai dasar habitat (tempat hidup), habitus atau menurut perawakan (berupa pohon, perdu, semak, ternak dan memanjat).
  2. Klasifikasi sistem alami memakai dasar persamaan dan perbedaan morfologi (bentuk luar tubuh) secara alami atau wajar.Contoh, binatang berkaki dua, berkaki empat, tidak berkaki, binatang bersayap, binatang bersirip, binatang berbulu, bersisik, berambut dan lain-lain. Sedangkan pada tumbuhan, ada kelompok flora berkeping biji satu, berkeping biji dua
  3. Sistem filogenetik disususn menurut jauh dekatnya kekerabatan antara takson yang satu dengan yang lainnya. Selain mencerminkan persamaan dan perbedaan sifat morfologi dan anatomi maupun fisiologinya, sistem ini pun menjelaskan mengapa makhluk hidup semuanya mempunyai kesamaan molekul dan bio kimia, tetapi berbeda-beda dalam bentuk susunan dan fungsinya pada setiap makhluk hidup.
CONTOH SOAL

1.    Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam flora buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam penjabaran sistem ….
a. natural                                             
b. manfaat
c. artifisial                                            
d. buatan
e. praktis

2.    Penulisan nama Latin padi yang benar ialah ….
a. Oryza sativa                                    
b. Oryza sativa
c. oryza sativa                                     
d. Oriza sativa
e. Oriza Sativa

3.    Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, kondisi jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….
a. semakin sedikit                             
b. semakin banyak
c. berubah-ubah                                  
d. mengikuti posisi taksonnya
e. konstan

4.    Euglena kurang cocok jikalau hanya dimasukkan dalam animalia, lantaran Euglena juga mempunyai ciri yang   dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
a. cara makannya autotrof                  
b. bersifat tidak bergerak
c. selalu bergerak                                  
d. cara hidup berkoloni
e. cara makannya heterotrof

5.    Filum dalam penjabaran binatang yang disebut juga ….
a. divisio                                                         
b. ordo
c. genus                                                          
d. spesies
e. marga

INDIKATOR 5 : MENJELASKAN UPAYA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM TERTENTU

Pemanfaatan keanekaragaman hayati melalui perjuangan pelestarian
  1. Tebang pilih, yaitu penebangan pohon secara selektif (terpilih) bagi pohon-pohon yang memenuhi persyaratan untuk ditebang, baik dari segi umur, ketersediaan jenisnya, maupun jumlahnya.
  2. Reboisasi, yaitu penanaman kembali hutan bekas tebangan dengan flora yang masih muda.
  3. Perburuan musiman, yaitu pemanfaatan SDA pada demam isu tertentu, yaitu menghindari berburu pada demam isu kawin, masa hamil, atau masa beranak.
  4. Penganekaragaman materi pangan, yaitu pemanfaatan SDA sebagai materi pangan secara bervariasi dengan menghindari penggunaan materi makanan satu jenis saja sehingga tidak menghabiskan jenis tersebut.
Pelestarian keanekaragaman hayati melalui perjuangan perlindungan


  • Perlindungan alam, dalam perjuangan menjaga kelestarian alam. Ada 2 cara, yaitu: 
  1. pelestarian in situ, yaitu pelestarian alam di habitat aslinya. Misalnya taman wisata, taman nasional, dan hutan lindung. 
  2. pelestarian ex situ, pelestarian alam bukan di habitat aslinya. Misalnya kebun koleksi, kebun botani, kebun binatang, dan kebun plasma nuftah.
  • Macam-macam proteksi alam
  1. perlindungan alam umum, yaitu secara terbimbing oleh para jago atau diarahkan (seperti Kebun Raya Bogor dan Taman Nasional), dan secara ketat yang sesuai kehendak alam tanpa adanya campur Tangan insan kecuali jikalau diperlukan..
  2. perlindungan alam khusus, yaitu yang ditujukan kepada satu atau beberapa unsure alam tertentu. Contohnya: proteksi botani, proteksi zoology, proteksi geologi, proteksi alam antropologi, dan proteksi ikan.
  3. Perlindungan satwa langka, yaitu yang dikenal dengan suaka marga satwa.

 Cara pelestariannya diantaranya:


  1. dibuat undang-undang perburuan serta tindakan eksekusi bagi pelanggar.
  2. membiarkan hewan-hewan langka yang hampir punah.
  3. memindahkan binatang langka yang hamper punah ke habitat yang lebih cocok.
Konservasi,  perlu dilakukan untuk mengimbangi pemanfaatan terhadap keanekaragaman hayati.

Usaha-usaha pemerintah dalam konservasi (pelestarian) keanekaragaman hayati atau biodiversitas, antara lain sebagai berikut
  1. Cagar alam, yaitu proteksi terhadap tumbuhan, hewan, dan keindahan alamnya. Keadaannya dibiarkan sesuai dengan perkembangan alam.
  2. Taman Nasional, yaitu daerah konservasi alam dengan ciri khas tertentu. Berfungsi untuk melindungi jenis binatang dan flora untuk kepentingan ilmu pengetahuan, kebudaaan dan rekreasi.
  3. Kebun Raya, yaitu kumpulan tumbuhan-tumbuhan yang berasal dari aneka macam daerah yang ditanam untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan, dan rekreasi
  4. Wana Wisata, yaitu daerah hutan yyang berfungsi unt daerah wisata
  5. Hutan Lindung, yaitu daerah hutan yang berfungsi untuk melindungi lahan semoga tidak terkena abrasi dan mengetur tata guana air.
  6. Taman Laut, yaitu wilayah lautan yang mempunyai ciri berupa keindahan alam, berfungsi untuk melindungi plasma mutfah lautan

1.  Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati sanggup dilakukan secara in situ, contohnya :
a.    Penangkaran harimau Sumatera di kebun binatang
b.    Pembiakan rino bercula satu di Ujung Kulon secara alami
c.    Pembuatan taman kota di perkotaan
d.    Memelihara burung beo di dalam sangkar
e.    Melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya

2.  Pendirian cagar alam di Ujung Kulon Jawa Barat bertujuan untuk :
a.    Pelestarian populasi Badak bercula satu
b.    Mengembang biakkan jenis-jenis flora langka
c.    Melestarikan aneka macam jenis anggrek
d.    Melindungi kondisi alam di wilayah Ujung Kulon
e.    Menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara

3.  Beberapa jenis binatang orisinil Indonesia  yang terancam punah antara lain : orang utan, rino bercula satu, komodo, harimau Sumatera. Upaya terbaik yang sanggup dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan tersebut , ialah :
a.    Perluasan areal kebun binatang
b.    Konservasi secara ex situ
c.    Konservasi secara in situ
d.    Penurunan populasi penduduk
e.    Melakukan penelitian ilmiah mengenai kehidupan mereka

4.  Pelestarian secara ex situ sanggup dilakukan melalui cara-cara di bawah ini, kecuali :
a.    Pendirian kebun plasma nutfah
b.    Pengembangan kebun raya
c.    Pemeliharaan flora endemik
d.    Pelestarian binatang / flora langka di habitatnya
e.    Pendirian bank biji dan bank sperma

5.  Pendirian Taman Laut Bunaken di Sulawesi bertujuan untuk :
a.    Melestarikan sumber daya hayati
b.    Menjaga kelestarian biota laut
c.    Melindungi sumber daya non hayati di laut
d.    Menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri
e.    Memenuhi harapan para pemerhati lingkungan

DETAIL

1. Perlindungan terhadap keanekaragaman hayati sanggup dilakukan secara in situ, contohnya :


  1. Penangkaran harimau Sumatera di kebun binatang
  2. Pembiakan rino bercula satu di Ujung Kulon secara alami
  3. Pembuatan taman kota di perkotaan
  4. Memelihara burung beo di dalam sangkar
  5. Melakukan penghijauan di sepanjang jalan raya

2. Pendirian cagar alam di Ujung Kulon Jawa Barat bertujuan untuk :


  1. Pelestarian populasi Badak bercula satu
  2. Mengembang biakkan jenis-jenis flora langka
  3. Melestarikan aneka macam jenis anggrek
  4. Melindungi kondisi alam di wilayah Ujung Kulon
  5. Menarik kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara

3.  Beberapa jenis binatang orisinil Indonesia  yang terancam punah antara lain : orang utan, rino bercula satu, komodo, harimau Sumatera. Upaya terbaik yang sanggup dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan tersebut , ialah :
a.    Perluasan areal kebun binatang           
b.    Konservasi secara ex situ
c.    Konservasi secara in situ                  
d.    Penurunan populasi penduduk
e.    Melakukan penelitian ilmiah mengenai kehidupan mereka

4.  Pelestarian secara ex situ sanggup dilakukan melalui cara-cara di bawah ini, kecuali :
a.    Pendirian kebun plasma nutfah
b.    Pengembangan kebun raya
c.    Pemeliharaan flora endemik
d.  Pelestarian binatang / flora langka di habitatnya
e.    Pendirian bank biji dan bank sperma

5.  Pendirian Taman Laut Bunaken di Sulawesi bertujuan untuk :
a.    Melestarikan sumber daya hayati
b.  Menjaga kelestarian biota laut
c.    Melindungi sumber daya non hayati di laut
d.    Menarik kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri
e.    Memenuhi harapan para pemerhati lingkungan

INDIKATOR 6 : MENGIDENTIIKASI CIRI-CIRI KELOMPOK TUMBUHAN
  • Tingkatan penjabaran pada flora yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Tingkatan penjabaran pada binatang yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), species (jenis)
  • Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa ialah genus/marga, paradisiaca ialah penunjuk jenis.
Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :
  1. Talofita (Thallophyta) : ganggang (Algae) & jamur (Fungi)
  2. Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)
  3. Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda (Equisetinae), paku sejati (Filicinae)
  4. Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)
Berdasarkan warnanya, ganggnag dibedakan menjadi 4, yaitu :
  1. Ganggang hijau (Chloropyceae) : Chlamydomanas & Spirogyra
  2. Ganggang cokelat (Phaeophyceae) : Sargasum, Fucus, Laminaria
  3. Ganggang merah (Rhodophyceae) : Euchema gracialis
  4. Ganggang pirang (Chrysophyceae) : Synendra
Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :
1. Jamur ganggang (Phycomycetes) à hifa tidak bersekat
Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)
2. Jamur sejati (Eumycetes) à hifa bersekat

Dibagi menjadi 4, yaitu :
  1.  Zygomicotina 
  2. Askomicotina, contohnya Penicillium sp (penghasil penisilin), Sacharomyces sp (jamur tape)
  3. Basidiomicotina, contohnya Jamur kuping, jamur merang, jamur kayu
  4. Deuteromicotina, contohnya jamur oncom
Ciri-ciri flora berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga

Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :
  1. Gimnospermae (terbuka) à ex : melinjo & pakis haji
  2. Angiospermae (tertutup) à ex : mangga, rambutan
Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :
1. Dikotil (berkeping dua)
2. Monokotil (berkeping satu)

Ciri monokotil, yaitu
1.    tulang daun umumnya sejajar
2.    batang tak berkambium
3.    akar serabut
4.    bagian-bagian bunga kelipatan tiga.
Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :

  1. Rumut-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi
  2. Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu
  3. Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja
  4. Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili
  5. Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit
Ciri dikotil, yaitu 

  1. tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip dll
  2. batang berkambium
  3. akar tunggang
  4. bagian-bagian bunga kelipatan 2,4, atau 5.
Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :

  1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet
  2. Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang
  3. Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat
  4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air
  5. Komposite (Compositae), ex : bunga matahari
CONTOH SOAL
1.    Suatu flora mempunyai ciri-ciri urat daun sejajar, bagian  bunga keliipatan tiga, akar dan batang tidak tumbuh membesar.  Tumbuhan demikian termasuk ….
a.   gymnospermae                   
b.   angiospermae
c.  monokotil                           
d.   dikotil
e.   spermatophyta

2. Tumbuhan yang bakal bijinya tidak terdapat didalam bakal buah tersebut ….
a.   gymnospermae                 
b.   spermatophyta
c.   angiospermae                     
d.   thalophyta
e.   bryophyta

3. Pada angiospermae terjadi pertumbuhan ganda  dengan adanya peleburan antara inti generatif dengan sel telur dan inti generatif dengan ….
a. sel antipoda                         
b. inti sinergid
c. inti lembar primer                
d. inti kandung forum primer

4. Padi, jagung, rumput, alang-alang termasuk kedalam famili ….
a. poaceae                              
b. malvaceace
c. papilionaceae                      
d. euporbiaceae

5. Monokotil dan dikotil memeliki persaman dalam hal ….
a. satu kotiledon
b. jalur-jalur (venasi) pada daun
c. bulat tahunan pada batang
d. xilem yang berkembang dengan baik
e. floem terletak konsentris dengan xylem

INDIKATOR 7 : MENGIDENTIFIKASIKAN CARA PERKEMBANGAN HEWAN INVERTEBRATA

Dalam perkembangbiakannya, hewan-hewan invertebrata bereproduksi secara generatif, vegetatif, dan metagenesis.
1. Reproduksi Generatif
Reproduksi generatif terjadi melalui fertilisasi antara sel kelamin jantan dan betina. Hasil fertilisasi ialah zigot yang kemudian tumbuh menjadi individu gres yang mempunyai sifat dari kedua induknya. Reproduksi generatif umumnya terjadi pada invertebrata tingkat tinggi, contohnya pada cacing hati (Fasciola hepatica) dan cacing pita(Taenia saginata).

a. Fasciola hepatica
Fasciola hepatica adalah cacing golongan Trematoda (cacing isap) yang hidup benalu di dalam kanal empedu atau dalam pembuluh darah hati insan dan binatang ternak menyerupai sapi, babi, kerbau, dan domba. Daur hidup Fasciola hepatica berawal dari telur - mirasidium - masuk ke tubuh Lymnaea (siput air tawar) - sporokista - redia - serkaria - keluar dari tubuh siput - metaserkaria - kista - masuk ke tubuh domba - cacing dewasa.

b. Taenia saginata
Taenia saginata adalah cacing dari golongan Cestoda (cacing pita) yang menjadi benalu di dalam kanal pencernaan insan apabila insan tersebut mengonsumsi daging yang kurang masak. Daur hidup Taenia saginata yaitu telur - zigot (keluar bersama feses manusia) - masuk tubuh sapi atau babi - larva onkosfer - menuju otot lurik - sisteserkus - masuk ke tubuh insan jikalau insan tersebut makan daging yang kurang masak - cacing dewasa.


2. Reproduksi Vegetatif
Reproduksi vegetatif ialah reproduksi secara aseksual yang tidak melibatkan sel kelamin. Individu yang terbentuk berasal dari belahan anggora tubuh induk sehingga sifat yang dimiliki individu gres tersebut sama dengan induknya. Contoh reproduksi vegetatif ialah fragmentasi pada planaria dan pembentukan tunas (budding)pada Hydra.
3. Metagenesis
Metagenesis ialah pergiliran keturunan dari fase generatif ke fase vegetatif. beberapa binatang invertebrata mengalami metagenesis dalam hidupnya, antara lain berasal dari kelompok Coelenterata, yaitu Obelia sp. dan Aurelia sp.

CONTOH SOAL
1.    Hewan yang pencernaannya berlangsung secara intraseluler di koanosit tergolong dalam  filum…………
a. Mollusca                 
b. Echinodermata
a.    Porifera
b.    Annelida
c.    Coelenterata

2.    Ada dua macam bentuk polip Obelia sp. Polip yang berfungsi untuk reproduksi disebut
a.      gonangium
b.      hidrant
c.       tentakel
d.      mesoglea
e.      gastrozoid

3.    Pada daur hidup Aurelia, stadium dengan ciri berenang bebas, mempunyai silia, dan tidak bertentakel dinamakan ………….
a.       efira
b.      skifistoma
c.       planula
d.      medusa
e.      strobilus

4.    Selama daur hidupnya, cacing hati (Fasciola hepatica) membutuhkan inang sebanyak…………
a.       1
b.      3
c.       5
d.      2
e.      4
5.    Pencegahan penularan cacing hati (Fasciola hepatica) pada insan sanggup dilakukan d
dengan cara berikut, kecuali………
a.       Memutus rantai hidup cacing hati
b.      Memberantas siput air sebagai inang sporokist
c.       Berusaha tidak memakan daging babi
d.      Mengonsumsi daging yang benar-benar matang atau aman
e.      Memasak flora sebelum dimakan

INDIKATOR 8 : MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI KELOMPOK HEWAN VERTEBRATA

·           Vertebrata mempunyai tubuh simetris bilateral dengan pembagian tubuh terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor.
·           Meskipun demikian, ada pula anggota Vertebrata tidak berleher dan tidak berekor.
·           Vertebrata mempunyai susunan ruas tulang belakang (Kolumna Vertebralis) dan mempunyai otak di dalam kranium (tulang tengkorak).
·           Vertebrata mempunyai endoskeleton (ragka dalam) dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh.
·           Pada kerangka menempel otot-otot kerangka.
·           Kulit vertebrata berlapis-lapis, yang terdiri atas epidermis (bagian kulit yang paling luar) dan dermis (kulit belahan dalam).

Vertebrata terdiri atas dua super kelas, yaitu Pisces dan Tetrapoda. Pisces dibagi menjadi tiga kelas yaitu Agnatha (Cyclostomata), Chrondrichthyes, dan Osteichthyes. Tetrapoda dibagi menjadi empat kelas yaitu Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mamalia
1.    Pisces
Pisces (ikan) hidup di dalam air. Suhu tubuh pisces tidak tetap (berdarah dingin) atau disebut poikiloterm. Tubuh pisces terbagi atas kepala dan tubuh atau kepala, badan, dan ekor. Kulit (cutis)
2.    Amphibia
Amphibia termasuk binatang poikiloterm (berdarah dingin). Tubuhnya terbagi atas kepala dan tubuh atau kepala, tubuh dan ekor. Kulitnya lembab berlendir, terdiri dari dermis dan epidermis. Warna kulit majemuk lantaran adanya pigmen di dalam dermis (biru, hiaju, hitam, coklat, merah, dan kuning) sempurna di bawah epidermis. Amphibia mempunya 2 lubang hidung yang berafiliasi dengan rongga mulut. Penghubung rongga lisan dan rongga hidung disebut koane. Sedangkan antara rongga
3.    Reptilia
Tubuh binatang Reptilia terdiri atas kepala, leher, badan, dan ekor. Kuit reptilia kering, bersisik terbuat dari zat tanduk yang berfungsi mencegah kehilangan cairan tubuh ketika udara kering. Reptilia termasuk binatang poikilotermal, yaitu suhu tubuh menyesuaikan dengan suhu lingkugan. Hewan reptilia hidup di darat tetapi ada beberapa binatang yang hidup di air. Mereka bernapas dengan memakai insang.
4.    Aves
Aves  mempunyai suhu tubuh homoiterm (suhu tubuh tetap, tidak terpengaruh suhu lingkungan). Memiliki tubuh berbulu melindungi tubuh dan bulu yang membentuk sayap dipakai untuk terbang. Tulangnya berongga sehingga ringan. Berkembang biak secara bertelur (ovipar) dan pembuahan di dalam tubuh.  Telur aves bercangkang dan mempunyai kuning telur yang besar. Bernafas dengan paru-paru
5.    Mamalia
Ciri khas dari mammalia ialah mempunyai kelenjar susu. Susu dihasilkan oleh kelenjar (mammae) yang terdapat  di daerah perut atau dada. Mammalia disebut juga binatang menyusui lantaran menyusui anaknya.
Tubuh mammalia tertutup oleh rambut yang berfungsi sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan, segabai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai pelindung dari goresan maupun sinar matahari, sebagai penyamar atau pertahanan untuk melindungi dari mangsa, dan sebagai penciri kelamin.
Mammalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Hewan ini mempunyai suhu tubuh homoiterm (suhu tubuh tetap) dan bernafas dengan paru-paru. Mammalia mempunyai otak yang lebih
6.    Primata
Kelompok ini mempunyai tangan dan kaki berjari lima. Jari-jari tersebut mempunyai kuku tetapi tidak bercakar. Contoh binatang ordo primata ialah orang utan, monyet ekor panjang

CONTOH SOAL
1.      Dari semua jenis ikan yang ada sekarang, ikan sanggup digolongkan menjadi tiga kelas yaitu
a.      Agnatha, Condrichthyes,dan Osteichthyes
b.      Reptile,agnatha dan osteichthyes
c.       Aves,pisces dan reptile
d.      Mamalia,aves dan reptile
e.       Amphibian,aves dan pisces

2.      Vertebrata merupakan suatu anak filum dari binatang yang mempunyai sumbusaraf atau otak dengan tubuh yang dilengkapi rangka dalam anggota vertebrata tersebut adalah….
a.       Aves-pisces-reptilia-mamalia
b.      Aves-pisces-reptilia-insecta
c.       Pisces-amphibia-insecta-reptilia
d.      Amphibia-aves-pisces-insecta
e.       Aves-pisces-insecta-mamalia

3.      kelas agnatha memiliki ciri-ciri tidak berahang, siripnya tidak berpasangan, rangka tubuhnya tersusun atas tulang rawan serta jantungya hanya mempunyai satu ventrikel. Contoh ikan dari kelas ini ialah ikan
a.       lamprey                                                
b.      paus
c.       gurami                                       
d.      lumba-lumba
e.       hiu

4.      Contoh binatang yang termasuk binatang amphibia adalah
a.       ayam                                         
b.      Badak
c.       Cacing                                       
d.      Domba
e.       Katak

5.      Ikan pesut dan lumba-lumba merupakan fauna air yang termasuk hewan….
a.       Aves                                          
b.      Mamalia
c.       Amphibi                                     
d.      Pisces
e.       Reptilian


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔