Soal Biologi Ukg 2015

8:39 PM
UKG 2015




KERJA ENZIM

1. Kecepatan reaksi enzimatis dipengaruhi beberapa faktor. Grafik berikut ini memperlihatkan relasi antara kecepatan reaksi dan faktor yang memengaruhi kerja enzim.
Apabila X dalam grafik tersebut yakni pH, pernyataan manakah yang sesuai dengan grafik
tersebut?
A. Enzim bekerja baik pada suasana asam
B. Pada pH > l0 enzim masih bekerja dengan baik:
C. Enzim bekerja secara optirnum pada pH optimum.
D. Enzim yang berbeda mempunyai pH optimum yang berbeda pula.
E. Kerja enzim tidak terlalu dipengaruhi oleh pH.

2. Perhatikan tabel hasil percobaan yang memperlihatkan faktor-faktor yang besar lengan berkuasa terhadap kerja enzim katalase!
Dari hasil percobaan di atas sanggup disimpulkan bahwa kerja enzim katalase lebih efektif
pada suasana ….
A. panas
B. dingin
C. netral
D. basa
E. asam


3. Perhatikan grafik yang melukiskan relasi antara acara enzim katalase dengan suhu berikut ini!
Kesimpulan yang sempurna untuk grafik tersebut yakni . . ..
A. pada suhu 0 o C enzim katalase tetap aktif
B. enzim katalase mengalami denaturasi pada suhu di 40o C
C. suhu tidak menghipnotis keria enzint katalase
D. berapa pun suhunya enzim katalasc tetap aktit
E. enzim katalase bekerja optimurn pada stthu 40 o C

4. Perhatikan data hasil percobaan cara kerja enzim:
Berdasarkan data tersebut, sanggup disimpulkan bahwa kerja enzim dipengaruhi oleh
A. derajat keasaman (pH)
B. kecepatan reaksi
C. konsentrasi ekstrak hati
D. volume gelembung udara
E. nyala api


FOTOSINTESIS


1. Reaksi gelap pada fotosintesis dinamakan demikian karena…
a. tidak sanggup berlangsung siang hari
b. berlangsung di tempat gelap
c. memerlukan energi tidak dari cahaya
d. terjadi terutama malam hari
e. proses yang belum sanggup dijelaskan

Reaksi gelap fotosintesis terjadi di stroma. Disebut reaksi gelap lantaran dalam reaksi ini tidak diharapkan energi cahaya.
Jawab : C

2. Yang tidak diharapkan untuk proses fotosintesis adalah…
a.air
b.oksigen
c. karbon dioksida
d.sinar matahari
e. klorofil

pembahasan :
Oksigen tidak diharapkan untuk fotosintesis.
Jawab : B

3. Faktor yang tidak besar lengan berkuasa dalam meningkatkan acara fotosintesis yaitu...
a. penambahan intensitas sinar merah
b. penambahan konsentrasi CO2
c. penambahan konsentrasi O2 udara
d. suhu optimum fotosintesis
e. penambahan intensitas sinar violet

pembahasan :
Kecepatan fotosintesis sanggup berubah, tergantung pada faktor lingkungan dan ketersediaan materi baku fotosintesis (CO2 dan H2O) juga sinar matahari yang berperan dalam reaksi terang, yaitu merah dan violet. Suhu optimum penting untuk tercapainya kecepatan fotosintesis maksimum. Penambahan kadar O2 udara tidak menghipnotis kecepatan fotosintesis.
Jawab : C

4 Pada fotosintesis, reaksi pengikatan CO2 berlangsung di dalam...
a. klorofil
b. kloroplas
c. amiloplas
d. sitoplasma
e. stomata

Pembahasan :
Pada fotosintesis, proses pengikatan CO2 memerlukan klorofil. Klorofil terdapat dalam plastida yang disebut kloroplas.tepatnya pada stroma


Jawab : B

5. Tumbuhan yang sebagian materi baku untuk berfotosintesis diambil dari tumbuhan inangnya disebut...
A. parasit fakultatif
B. semiparasit
C. euparasit
D. saprofit
E. autotrof

Pembahasan
tumbuhan parasit dibedakan atas :

1. parsit fakultatif : tumbuhan yang sanggup bersifat parasit atau saprofit
2. parasit obligat
* euparasit (parasit sungguh)
* semiparasit (1/2 parasit) : berklorofil, CO2, diambil sendiri, H2O, diambil dari tumbuhan lainnya, misalnya benalu.
3. hiperparasit : parasit pada tumbuhan parasit
Jawab : B
6. Pada reaksi terang fotosintesis dihasilkan...
A. NADPH2, ATP, dan glukosa
B. NADPH2, ATP dan O2
C. ATP, O2, RDP
D. NADPH2, APG, H2O
E. RDP, APG, NADP+
Pembahasan :Reaksi terang fotosintesis yang berlangsung di grana menghasilkan oksigen, ATP, dan NADPH2.
Jawab : B
7. Pada foosintesis nonsiklik terjadi pemecahan molekul air yang membebaskan oksigen dan hidrogen yang diikat oleh molekul akseptor. Berikut ini manakah yang merupakan peserta hidrogen?
A. Flavin Adenin Dinukleotida (FAD)
B. Nikotinamin Adenin Dinukleotida (NAD)
C. Nikotinamin Adenin Dinukleotida Phosphat (NADP)
D. Asam phospoenolpiruvat (PEP)
E. Ribulose diphosphat (RDP)
Pembahasan :2H+ dari fotolisis H2O akan diikat oleh peserta hidrogen NADP menjadi NADPH2.
Jawab : C
8. Percobaan dengan oksigen radioaktif memperlihatkan bahwa waktu fotosintesis...
a.semua molekul air dipakai untuk berfotosintesis
b. semua O2 yang dikeluarkan berasal dari CO2
c. semua O2 yang dikeluakan beasal dari H2O
d. O2 yang dikeluarkan berasal dari CO2 dan H2O
e. yan keluar, keluar melalui epidermis daun
Pembahasan :Percobaan Ruben dan Carmen menunjukan bahwa O2 yang dilepaskan dalam fotosintesis berasal dari H2O yang diberi unsur radioaktif.
Jawab : C
9. Tempat energi cahaya menjelma energi kimia dalam sel berlangsung dalam organel...
a.mitokondria
b. nukleus
c. ribosom
d. kloroplas
e. stomota

Pembahasan :Fotosintesis berlangsung pada kloroplas. Kloroplas termasuk plastida yang berwarna hijau.
Jawab : D
10. Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis terbentuk pada...
a. reaksi terng dikala fotolisis berlangsung
b. reaksi terang dikala sensibilitas
c. reaksi gelap dikala berlangsung oksidasi CO2
d. reaksi gelap dikala berlangsung fiksasi oksidasi
e.reaksi gelap dikala pengubahan gliseraldehid 3-P menjadi glukosa
Pembahasan :Oksigen yang dihasilkan pada fotosintesis berasal dari fotolisis H2O menjadi 2e- + ½ O2 + 2H+. Fotolisis sama dengan reaksi terang yang berlangsung di grana.
Jawab : A
11. Pada fotosintesis yang berlangsung di dalam kloroplas terjadi proses-proses :
1.penguraian air oleh energi cahaya matahari
2. perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
3. pengikatan karbon dioksida dari udara
4. pengikatan oksigen dari udara
Pembahasan :pada fotosintesis terjadi proses-proses :
1. reaksi terang : energi cahaya menjelma energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH2.
NADPH2 terbentuk waktu H2O berfotolisis menjadi H+ + NADP + e- yang berenergi NADPH2
2. reaksi gelap : CO2 +RDP + APG
ALPG enzim C6H12O6
Jawab : A
12. Fungsi klorofil pada proses fotosintesis adalah...
1. CO2 untuk diubah menjadi glukosa
2. membebaskan oksign dari karbohidrat
3. menyerap sinar terutama sinar hijau
4. menyerap energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia

pembahasan :
* fungsi klorofil ialah sebagai donor elektron dan pentransfer energi cahaya menjadi energi kimia (reaksi cahaya) dalam bentuk ATP.
* CO2 diubah menjadi glukosa dengan energi kimia dan enzim.
CO2 + RDP APG
APG + NADPH2 ALPG
ALPG enzim glukosa
* sinar hijau tidak bermanfaat pada proses fotosintesis dan dipantulkan oleh klorofil.
Jawab : D
13. Bila daun hijau disinari cahaya dengan panjang gelombang 700 nm akan menghasilkan...
1. NADPH2
2. oksigen
3. glukosa
4. ATP

Pembahasan :
Jika hanya panjang gelombang 700 nm, maka yang terjadi yakni reaksi terang siklik yang hanya menghasilkan ATP.
Jawab : D
14. Fotosintesis terutama terjadi di dalam jaringan bunga karang daripada dalam jaringan tiang
SEBAB
Jaringan bunga karang mengandung klorofil lebih banyak dibandingkan jaringan tiang
Pembahasan :
Fotosintesis terjadi terutama di jaringan tiang (palisade) lantaran jaringan tiang berklorofil lebih banyak daripada jaringan bunga karang.

Jawab : E

15. Proses pembentukan karbohidrat dalam sel tumbuhan berlangsung dalam kloroplas
SEBAB
Di dalam kloroplas terdapat klorofil dan enzim yang diharapkan untuk pembentukan karbohidrat.

Pembahasan :

Proses pembentukan karbohidrat ialah melalui proses fotosintesis yang berlangsung dengan energi matahari, klorofil, dan enzim. Tempat klorofil yakni plastida yang dinamakan kloroplas.
Jawab : A

SUBSTANSI GENETIK


1. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melaksanakan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

2. Hubungan gen dengan kromosom sanggup ditunjukkan oleh pernyataan berikut ,kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA gotong royong kromosom menentukan sifat makhluk hidup

3. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

4. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

5. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin lantaran
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

6. Kromosom yang mempunyai 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

7. Yang membedakan kariotip pria dengan perempuan yakni
A. Laki-laki mempunyai kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok
C pada perempuan terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2kromosom XC. kromosom pada pria berjumlah 45 pada perempuan berjumlah 46
D. perempuan mempunyai kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

8. Bagian ujung – ujung kromosom yang sanggup membedakan sel muda dan sel yang sudah renta adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

9. Yang dimaksud genom yakni
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

10. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar yakni ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – kromosom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA

11. Informasi genetik yang dimiliki makhluk hidup tingkat tinggi terdapat dalam bentuk
A. kromosom
B. RNA
C. DNA
D. DNA dan RNA

12. Pernyataan yang paling sempurna untuk relasi gen dengan DNA
A. gen yakni DNA sedangkan DNA belum tentu gen
B. DNA yakni material genetik yang menentukan fungsi gen
C. Gen menentukan sifat makhluk hidup dengan tunjangan DNA
D. Urutan basa DNA menentukan fungsi gen

13. Replikasi DNA terjadi secara semi konservatif, hal ini mengandung arti
A. dua pita DNA akan memisah, salah satu pita akan mencetak pita DNA baru
B. dua pita DNA akan memisah dan masing-masing berfungsi sebagai cetakan pitaDNA baru
C. dua pita DNA akan mencetak pita DNA baru
D. pita DNA induk akan mencetak pita gres secara berselangseling

14. Pernyataan berikut benar perihal proses pencetakan RNAm oleh DNA, kecuali ........
A. prosesnya dikenal sebagai proses transkripsi
B. pita DNA cetakan yakni pita 3’ – 5’
C. pita RNAm yang dicetak yakni pita 5’ – 3’
D. prosesnya dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

15. Bila pita DNA cetakan mengandung basa AAG GCC TTC TGC maka RNAm yangditranskrip akan mempunyai urutan basa ......................
A. TTC CGG AAG ACG
B. AAG GCC TTC TGC
C. UUC CGG UUC ACG
D. TTC GCC AAC TCG

16. Struktur DNA double helix berdasarkan Watson & Crick yakni hal-hal berikut ini, kecuali
A. basa nitrogen akan berikatan dengan gula pada C nomor 1
B. nukleotida satu dengan lainnya dihubungkan oleh ikatan fosfodiester
C. basa-basa saling berpasangan A – G,dan C – T
D. basa nitrogen yang satu dihubungkan dengan basa lainnya melalui ikatan hidrogen

17. Pada tahap inisiasi translasi terjadi hal-hal berikut, kecuali
A. RNAm menempatkan diri didalam ribosom sub unit kecil
B. RNAm ditransfer keluar dari inti
C. Ribosom membaca kodon-kodon pada RNAm
D. Terjadi penggabungan ribosom sub unit kecil dan besar

18. Dimanakah proses replikasi, transkripsi dan translasi berlangsung?
A. replikasi dan transkripsi terjadi di inti sel, translasi terjadi di sitoplasma
B. replikasi terjadi di inti sel, transkripsi dan translasi di sitoplasma
C. replikasi terjadi di sitoplasma, transkripsi dan translasi di intisel
D. transkripsi terjadi di inti sel, replikasi dan translasi di sitoplasma

19. Pada proses replikasi DNA arah 3’-5’ terjadi secara diskontinyu, lantaran
A. proses replikasi terjadi secara semikonservatif
B. proses perpanjangan DNA selalu dalam arah 5’ – 3’
C. terbentuk fragmen okazaki
D. dikatalisis oleh enzim DNA polimerase

20. Informasi genetik dipindahkan dari satu sel induk ke sel anak melalui proses...
A. pembelahan sel
B. replikasi
C. transkripsi
D. translasi

21. Yang dimaksud mutasi adalah.........
A. perubahan sifat pada makhluk hidup
B. perubahan pada gen yang sifatnya menetap dan sanggup menimbulkan perubahan genotip
C. proses yang menimbulkan munculnya sifat abnormal
D. proses yang menimbulkan terjadinya evolusi

22. Mutasi sanggup terjadi secara impulsif maupun diinduksi. Berikut ini yakni contoh sifat yangtimbul lantaran mutasi yang diinduksi
A. penyakit kanker kulit
B. kelainan hemoglobin
C. semangka tidak berbiji
D. varietas padi unggul

23. Mutagen atau distributor penyebab mutasi yang dayanya rendah yakni .....
A. sinar alfa
B. Neutron
C. asam nitrat
D. sinar ultra violet

24. Kodon AUG menjelma AUA. Ini merupakan contoh mutasi......
A. mutasi salah arti (missens mutation)
B. mutasi tanpa arti (nonsense mutation)
C. mutasi insersi
D. mutasi semu (silent mutation)

25. Berikut ini mana contoh mutasi transversi
A. AG CT
B. AT GC
C. AT CG
D. GC AT

26. Mutasi berikut ini mana yang disebabkan oleh mutagen HNO2
A. deaminasi adenin menjadi hipoxantin
B. deamionasi citosin menjadi xantin
C. perubahan AG menjadi TC
D. perubahan Timin menjadi urasil

27. Mutagen dibawah ini mana yang menimbulkan mutasi Timin dimer?
A. ion radioaktif
B. sinar ultra violet
C. sinar infra merah
D. sinar X

28. Perubahan kodon triplet dari CTT menjadi CTA ataupun CTG tidak besar lengan berkuasa terhadapprotein yang disintesis lantaran ketiganya mengkode asam amino yang sama yaitu leusin. Kasusmutasi ini dikenal dengan istilah.....
A. mutasi silent
B. mutasi nonsens
C. mutasi missens
D. mutasi frameshift

29. Penyakit anemia sel sabit merupakan salah satu contoh insiden mutasi.
Berikut ini manapernyataan yang tidak benar 
A. terjadi perubahan isyarat pada basa ke enam rantai beta
B. penderita mempunyai eritrosit berbentuk sabit
C. penderita mengalami kelainan hemoglobin
D. hemoglobin penderita dikenal sebagai hemoglobin A (HbA)

30. Contoh penyakit jawaban mutasi oleh sinar ultra violet
A. kanker hati
B. kanker kulit
C. eritrosit bentuk sel sabit

D. hemoglobin abnormal

31. Gen atau DNA mengontrol sifat makhluk hidup dengan cara
A. melaksanakan pembelahan sel
B. mensintesis protein
C. menentukan fenotip
D. menentukan genotip

32. Hubungan gen dengan kromosom sanggup ditunjukkan oleh pernyataan berikut , kecuali ..............
A. gen menempati lokus-lokus tertentu dalam kromosom
B. gen terdapat dalam kromosom
C. gen/DNA bersama protein histon membentuk struktur kromatin
D. gen/DNA gotong royong kromosom menentukan sifat makhluk hidup

33. Informasi genetik yang dimiliki oleh DNA ditentukan oleh .....
A. urutan basa-basa yang menyusun DNA
B. ikatan basa – gula – fosfat
C. jumlah basa yang menyusun DNA
D. nukleotida penyusun DNA

34. Unit terkecil dari DNA adalah.......
A. nukleotida
B. nukleosida
C. nukleosom
D. nukleoid

35. Dalam suatu molekul DNA jumlah basa purin = jumlah basa pirimidin sebab
A. basa A selalu berpasangan dengan T, basa G selalu berpasangan dengan C
B. jumlah A = T, jumlah G = C
C. basa A + G = basa T + C
D. semua jawaban benar

36. Kromosom yang mempunyai 2 lengan sama panjang disebut .......
A. kromosom metasentrik
B. kromosom sub meta sentrik
C. kromosom akrosentrik
D. kromosom telosentrik

37. Yang membedakan kariotip pria dengan perempuan adalah
A. Laki-laki mempunyai kromosom akrosentrik lebih sedikit disbanding perempuan
B. kromosom kelompok C pada perempuan terdiri dari kromosom nomor 6-12 + 2 kromosom X
C. kromosom pada pria berjumlah 45 pada perempuan berjumlah 46
D. perempuan mempunyai kromosom submetasentrik lebih sedikit dibanding laki-laki

38. Bagian ujung – ujung kromosom yang sanggup membedakan sel muda dan sel yang sudah tua
adalah............
A. centromer
B. lengan
C. telomer
D. kromatin

39. Yang dimaksud genom adalah
A. seluruh DNA yang dimiliki individu
B. seluruh DNA dalam kromosom haploid
C. DNA yang ada di dalam sel soma
D. Seluruh DNA yang ada dalam kromosom diploid

40. Urutan organisasi pengemasan DNA yang benar yakni ........
A. kromosom – kromatin – gen – DNA
B. DNA – gen – kromatin – krom osom
C. DNA – nukleosom – solenoid – kromatin – kromosom
D. Kromatin – kromosom – nukleosom – DNA.


SOAL PEDAGOGIK

1.     Keuntungan memakai PAN yakni ...
A.Dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.Praktis
C.Dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.Dapat mengetahui prestasi kelompok
E.Semua jawaban benar

2.     Analisis soal secara kualitatif sangat baik lantaran setiap soal dilihat oleh ....
A.Ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.Beberapa andal secara gotong royong dalam diskusi didasarkan materinya
C.Beberapa andal yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.Ahli materi dengan memakai perhitungan yang sederhana
E.Ada 2 jawaban benar

3.     Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio yakni ...
A.Mengumpulkan hasil karya siswa
B.Meningkatkan rasa saling percaya
C.Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.Menilai hasil mencar ilmu siswa
E.Semua jawaban benar

4.     Suatu sekolah memutuskan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika yakni 70%. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus yakni ...
A.45,5
B.56
C.65
D.70
E.75

5.     Soal dikatakan tidak sanggup membedakan kelompok siswa pintar dengan kelompok siswa ndeso apabila ..
A.Butir soal mempunyai 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.Pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.Materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.Semua jawaban benar

6.     Tahapan PTK yang paling sempurna yakni .....
A.Perencanaan – pelaksanaan tindakan – refleksi – analisis
B.Refleksi – analisis – perencanaan – pelaksanaan
C.Perencanaan – pelaksanaan tindakan – observasi – refleksi
D.Refleksi –perencanaan – pelaksanaan – analisis.
E.Perencanaan - Pelaksanaan - Analisis

7.     Suatu sistem sosial yang secara terperinci mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu penemuan merupakan . . . .
A.Kegiatan pemeliharaan terbatas
B.Fasilitas fisik
C.Ukuran kewilayahan
D.Penggunaan waktu
E.Tidak ada jawaban

8.     Komunikasi intern antara atasan dengan karyawan untuk meminta isu lebih efektif dan efisien menggunakan....
A.Surat tugas
B.Memo
C.Nota dinas
D.Surat ajakan resmi

9.     Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.Catatan pelajaran siswa
B.Catatan harian perilaku siswa
C.Hasil pekerjaan siswa
D.Profil perkembangan siswa
E.Semua jawaban benar

10. Fanatisme tempat yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh kendala yang timbul dalam penemuan pendidikan pada bidang . . . .
A.Cultural Block
B.Mental Block Barries
C.Social Block
D.System Block
E.Social System

11. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.Kurang sanggup membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.Bisa dipakai dengan cooperative learning
C.Pengetahuan dan keterampilan siswa sanggup diintegrasikan
D.Bisa dipakai untuk individu maupun kelompok.
E.Ada 2 jawaban benar

12. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.  Siswa tidak sekedar dilatih menentukan jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk sanggup mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.  Pengumpulan isu perihal siswa sanggup dilakukan dengan memakai variasi cara dan berkesinambungan.
C.  Hasil mencar ilmu siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil mencar ilmu siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.  Penilaian dilakukan sehabis proses mencar ilmu mengajar selesai, sehingga sangat mudah bagi guru.
E.  Tidak ada jawaban

13. Salah satu peranan utama surat adalah....
A.Mampu menyebarkan organisasi kantor
B.Menjadikan seseorang tetap bekerja
C.Dapat merekam isu secara terperinci
D.Mempercepat penyelesaian pekerjaan

14. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada dikala anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.Helen Parkhust
B.Kak Seto
C.John Dewey
D.Montessori
E.Ki Hajar Dewantara

15. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio yakni ...
A.Mengumpulkan hasil karya siswa
B.Meningkatkan rasa saling percaya
C.Mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.Menilai hasil mencar ilmu siswa
E.Semua jawaban benar

16. Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
A.Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B.Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
C.Memfasilitasi siswa untuk menunjukan rumus
D.Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
E.Semua jawaban benar

17. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan goresan pena ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.Kelayakan ilham untuk dipublikasikan
B.Wacana perihal ilham yang sedang berkembang
C.Kesiapan ilham untuk didiskusikan
D.Persamaan persepsi para andal di bidang yang sama
E.Ada 2 jawaban yang benar

18. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melaksanakan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A.Pembelajaran sains sanggup diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B.Pembelajaran sains sanggup diceramahkan secara rinci
C.Pembelajaran sains memerlukan alat peraga
D.Pembelajaran sains belum diperlukan
E.Semua jawaban benar

19. Komunikasi intern antara atasan dengan karyawan untuk meminta isu lebih efektif dan efisien menggunakan....
A.Surat tugas
B.Memo
C.Nota dinas
D.Surat ajakan resmi

20. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.Information
B.Convergence
C.Mutual Understanding
D.Network Relationship
E.Semua jawaban salah

21. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan sanggup berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.Abstrak
B.Pendahuluan
C.Diskusi
D.Referensi
E.Ada 2 jawaban benar

22. Cara pemecahan duduk masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.Kondisi lingkungan sekolah
B.Jumlah siswa dalam kelas
C.Waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.Sarana dan akomodasi yang tersedia.
E.Semua jawaban benar

23. Sains mencakup:
(1) metode ilmiah; (2) perilaku ilmiah; (3) produk ilmiah; (4) pengetahuan
Pernyataan yang benar yakni ....
A.Pernyataan (1) dan (3)
B.Pernyataan (2) dan (4)
C.Pernyataan (2) dan (3)
D.Pernyataan (1), (2), dan (3)
E.Pernyataan 1,2,3, 4

24. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi yakni ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.Menentukan planning sampling
E.Semua jawaban salah

25. Inovasi merupakan suatu perubahan gres yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.Santosa S. Hamidjaja
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani
D.Rabbin
E.Semua jawaban salah

26. Artikel sanggup dikelompokkan menjadi
A.Artikel laporan dan artikel rujukan
B.Artikel konseptual dan artikel teoritis
C.Artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D.Artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E.Tidak ada jawaban yang benar

27. Tunjukkan salah satu prinsip yang dihentikan diterapkan guru dalam ber-inovasi, yaitu:
A.Metode dihentikan mengganggu janji mengajar;
B.Pengumpulan data yang sanggup menambah waktu guru;
C.Metodologi menyesuaikan dengan situasi kelas;
D.Masalah sendiri di kelas;

28. Di antara pernyataan-pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan proyek adalah...
A.Kurang sanggup membangkitkan kreativitas dan daya cipta siswa
B.Bisa dipakai dengan cooperative learning
C.Pengetahuan dan keterampilan siswa sanggup diintegrasikan
D.Bisa dipakai untuk individu maupun kelompok.
E.Ada 2 jawaban benar

29. Kriteria PT. Pos terhadap beban biaya pengiriman surat yang mempertimbangkan jarak dan beratnya yakni untuk surat....
A.Sangat segera
B.Penting
C.Kilat khusus
D.Paket

30. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...
A.Perencanaan dan penyusunan alat penilaian
B.Penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasi
C.Pengumpulan isu dan pengolahan hasil penilaian
D.Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
E.Semua jawaban salah

31. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A.Fakta atau kenyataan
B.Argumentasi
C.Teori yang diakui kebenarannya
D.Data empirik/hasil penelitian
E.Semua jawaban salah

32. Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi penemuan yakni . . . .
A.Inovators
B.Early Adopters
C.Early Majority
D.Late Majority
E.Tidak ada jawaban

33. Penilaian hasil mencar ilmu sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan semoga ...
A.Tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.Siswa sanggup memperlihatkan apa yang dipahaminya
C.Kemampuan siswa sanggup meningkat
D.Siswa tidak merasa rendah diri
E.Semua jawaban salah
34. Pada pada dasarnya tujuan penulisan surat adalah....
A.Ingin memberikan isu kepada pihak lain
B.Membantu pimpinan dalam menciptakan kebijakan
C.Memperlancar penyusunan dokumen kantor
D.Mendapatkan kejelasan kiprah karyawan

35. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhatikan dalam menelaah soal bentuk uraian, kecuali ....
A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.Ada petunjuk yang terperinci perihal cara mengerjakan soal
D.Tabel atau grafik disajikan dengan terperinci dan terbaca
E.Tidak ada jawaban

36. Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang mendapatkan atau menolak, merupakan adopsi penemuan pada tahap ...
A.Design
B.Evaluation
C.Trial
D.Wareness Interest
E.Trial Evaluation

37. Skor maksimum suatu tes yakni 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa yakni 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya yakni ...
A.41,5
B.54,15
C.56,6
D.79,25
E.64,25

38. Salah satu sifat perubahan dalam penemuan yaitu upaya penyusunan kembali banyak sekali komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.Addition
B.Restructuring
C.Alternation
D.Substitution
E.Tidak ada jawaban

39. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.Senjata makan tuan
B.Kumbang manis pengisap madu
C.Pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.Pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.Semua jawaban benar

40. Surat yang diterima oleh perusahaan atau institusi dari seseorang yang menginginkan pekerjaan termasuk kategori surat....
A.Dinas
B.Setengah resmi
C.Sangat rahasia
D.Penting

41. Sampai sejauh mana suatu penemuan sanggup sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . . . .
A.Relative advantages
B.Complexity
C.Observability
D.Compatibility
E.Semua jawaban salah

42. Salah satu tahap yang tidak termasuk dalam model pembelajaran latihan penelitian adalah
A.Menghadapkan masalah
B.Penyajian data
C.Mencari dan mengkaji data
D.Eksperimen dan mengkaji data

43. Mengaitkan banyak sekali struktur dan relasi antar insan dalam organisasi untuk penemuan pendidikan termasuk ke dalam ....
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
E.Semua jawaban benar

44. Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik yakni ...
A.  Penyediaan lingkungan yang positif dan aman bagi perkembangan fisik.
B.  Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
C.  Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang sanggup mengganggu perkembangan fisik
D.  Anak mempunyai konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E.  Semua jawaban benar

45. Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A.Pengukuran
B.Asesmen
C.Tes
D.Evaluasi
E.Semua benar

46. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan duduk masalah yakni sebagai berikut, kecuali .....
A.Tingkat keseriusan masalah
B.Kemampuan guru untuk menangani masalah
C.Ada tidaknya kawan kolaborasi
D.Kompleks tidaknya masalah.
E.Semua jawaban benar

47. Tahap pada dikala individu/kelompok mulai membentuk perilaku menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan . . . .
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
E.Tidak ada jawaban

48. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar

49. Sebelum pelaksanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....
A.Daftar hadir siswa
B.Skenario tindakan
C.Sarana dan akomodasi pendukung
D.Cara analisis data
E.Semua jawaban benar

50. Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari banyak sekali disiplin ilmu atau banyak sekali aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A.CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B.MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C.PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D.Unit / Pembelajaran Terpadu.
E.PKR - Unit

51. Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia..
A.0-8 tahun
B.0-3 tahun
C.2-8 tahun
D.0-5 tahun
E.9-14 tahun

52. Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A.Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.Ada petunjuk yang terperinci perihal cara mengerjakan soal
D.Tabel atau grafik disajikan dengan terperinci dan terbaca
E.Tidak ada jawaban

53. Dilihat dari wujudnya, surat yang buat oleh seseorang berisi perihal isu penting yang dihentikan diketahui orang lain, kemudian dimasukkan ke dalam sampul dan dikrimkan melalui jasa pos termasuk surat...
A.sangat penting
B.rahasia
C.kilat
D.biasa

54. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.Memberikan umpan balik bagi siswa
B.Mendiagnosis kesulitan mencar ilmu siswa
C.Memberikan umpan balik bagi guru
D.Mengontrol perkembangan siswa
E.Semua jawaban salah

55. Agar sanggup melaksanakan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.Merencanakan penilaian secara sedikit demi sedikit dan terus menerus
B.Menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.Menyusun kriteria yang terperinci dalam pemberian skor
D.Menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.Ada 3 jawaban benar

56. Berikut ini yakni kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan; (2) menarik kesimpulan; (3) merencanakan percobaan;
(4) mengajukan hipotesis; (5) merumuskan masalah; (6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah yakni ....
A.(1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.(4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.(5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.(5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.Semua jawaban salah

57. Salah satu prinsip penilaian yakni reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian yakni ...
A.Alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B.Alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.Petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.Perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.Semua jawaban benar

58. Salah satu prediksi yang sanggup diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ...
A.Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.Tidak ada jawaban benar

59. Salah satu perilaku ilmiah yang harus dikembangkan melalui mencar ilmu sains adalah...
A.Skepstis
B.Apatis
C.Pesimis
D.Romantis
E.Semua jawaban salah

60. Penilaian teladan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...
A.Rata-rata kelompok
B.Kriteria yang telah ditetapkan
C.Persentase kemampuan siswa
D.Skor baku yang telah ditetapkan
E.Semua jawaban benar

61. Berikut ini yakni ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.Memaparkan bidang ilmu tertentu
B.Merupakan deskripsi suatu kejadian
C.Menggunakan gaya bahasa resmi
D.Disajikan secara sistematis
E.Semua jawaban salah

62. Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang sanggup berupa ...
A.Tes
B.Daftar pertanyaan
C.Lembar observasi
D.Lembar wawancara
E.Semua jawaban benar

63. Salah satu hal yang harus dihindari pada dikala menulis hasil penelitian adalah
A.Menjelaskan partisipan
B.Menulis duduk masalah yang sudah pernah dibahas
C.Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D.Melaporkan relasi yang dibahas dalam penelitian

64. Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang sanggup dipakai pendidik sebagai sarana untuk memperoleh isu perihal keadaan mencar ilmu peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
A. Tes perbuatan
B. Teknik wawancara
C. Observasi
D. Tes simulasi
E. Lembar penilaian fortofolio

65. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
A. Kisi-kisi harus sanggup mewakili isi kurikulum
B. Menggunakan kata kerja operasional
C. Komponennya diuraikan secara terperinci dan gampang dipahami
D. Materi yang hendak ditanyakan sanggup dibuatkan soalnya
E. Kisi-kisi harus sanggup mewakili materi yang telah diajarkan secara sempurna dan proposional

66. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta sanggup dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
A. Penyusunan kisi-kisi
B. Penentuan dan penyebaran soal
C. Penulisan soal bentuk penilaian kinerja
D. Penyusunan butir soal tes tertulis
E. Perumusan indikator soal

67. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
A. Tes tertulis
B. Tes lisan
C. Tes kinerja
D. Jurnal
E. Portofolio

68. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
A. Tes verbal
B. Tes lisan
C. Tes analisis
D. Tes mengelompokkan
E. Evaluasi

69. Fungsi KKM yakni sebagai berikut, kecuali....
A. Sebagai teladan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
D.  Dapat dipakai sebagai belahan dari komponen dalam melaksanakan penilaian acara pembelajaran- yang dilaksanakan di sekolah.
E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang

70. Serangkaian kegiatan untuk memutuskan ukuran terhadap suatu tanda-tanda berdasarkan hukum tertentu adalah:
a. Pengukuran
b. Pensekoran
c. Penilaian
d. Pengujian
e. Evaluasi

71. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau acara adalah:
a. Pengukuran
b. Pensekoran
c. Penilaian
d. Pengujian
e. Evaluasi

72. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil mencar ilmu peserta didik, kecuali:
a. Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
b. Menggunakan teladan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
c. Ditindaklanjuti dengan acara remedial dan pengayaan
d. Dilakukan pengulangan bila ternyata jadinya banyak yang jelek
e. Dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran

73. Assesmen hasil mencar ilmu peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. Sahih (valid)
b. Objektip
c. Adil
d. Kooperatip
e. Terpadu

74. Penilaian agar dapat dipertanggungjawabkan kepada banyak sekali pi­hak yang berwenang (stakeholder), baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya adalah termasuk prinsip....
a.  Sahih (valid)
b.  Objektif
c.   Adil
d.  Akuntabel
e.  Sistematis

75. Kemampuan yang bekerjasama dengan minat dan perilaku yang sanggup berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri yakni kemampuan:
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotor
d. Psikologis
e. Kepribadian

76. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. Dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya lantaran dilakukan secara berhadapan langsung
b. Bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal
c. Dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes
d. Lebih obyektif bagi pendidik dalam memperlihatkan penilaian
e. Hasil tes sanggup eksklusif diketahui peserta didik

77. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. Lisan
b. Praktik/kinerja
c. Penugasan
d. Portofolio
e. Penilaian diri

78. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melaksanakan assesmen, kecuali:
a. Menentukan tujuan penilaian
b. Memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. Menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. Menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. Menentukan kriteria ketuntasan minimal

79. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a.     Urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b.     Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c.     Relevansi, yaitu materi yang diharapkan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain,
d.     Keterpakaian, yaitu materi yang mempunyai nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e.     Ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

80. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. Menentukan tujuan tes
b. Menentukan kompetensi yang akan diujikan
c. Menentukan materi yang diujikan
d. Menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. Menyusun kisi-kisi

81. Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. Ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. Ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

82. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali ....
a.     Membandingkan
b.     Menjelaskan
c.     Hubungan sebab-akibat
d.     Memberi alasan
e.     Meringkas

83. Di bawah ini merupakan beberapa langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali ....
a.   Menentukan tujuan tes
b.   Menentukan kompetensi yang akan diujikan
c.   Menentukan materi yang diujikan
d.   Menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e.   Menyusun kisi-kisi.

84. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali ....
a.     Soal harus sesuai dengan indikator
b.    Setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan
c.     Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran
d.     Ada petunjuk yang terperinci perihal cara mengerjakan soal
e.     Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas

85. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari bahasa, kecuali ....
a.     Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
b.     Rumusan kalimat soal harus komunikatif
c.     Tidak menimbulkan penafsiran ganda
d.     Tidak memakai bahasa yang berlaku setempat/tabu.
e.     Tidak mengandung ungkapan yang menyenangkan

86. Di bawah ini yakni bentuk instrumen untuk mengukur sikap, kecuali ....
a.     Lembar kerja
b.     Lembar rubrik
c.     Lembar wacana
d.     Lembar pengamatan
e.     Lembar penilaian

87. Kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laris melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang sanggup diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran yakni definisi operasional dari ....
a.     Minat belajar
b.     Sikap belajar
c.     Motivasi berprestasi
d.     Stress belajar
e.     Aktivitas belajar

88. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah ....
a.     Penilaian Tertulis
b.     Penilaian Kinerja
c.     Penilaian Lisan
d.     Penilaian Portofolio
e.     Penilaian Non Tes
89. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: mekanisme kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut yakni penilaian dengan memakai teknik penilaian ....
a.     Kinerja
b.     Produk
c.     Penugasan
d.     Lisan
e.     Wawancara
90. Minat yakni kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Cror and Crow
b.     Grondlund
c.     Crites
d.     Thrustone
e.     Donal Cambell

91. Sikap yakni kecenderungan untuk bertindak ke arah atau melawan suatu faktor lingkunganPendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Thurstone
b.     Emory Bogardus
c.     Goldon Allport
d.     Donald Cambell
e.     Ralp Linton

92. Hal-hal yang bekerjasama dengan emosi atau perasaan dalam mengukur perilaku termasuk dalam dimensi ....
a.     Kognisi
b.     Afeksi
c.     Konasi
d.     Toleransi
e.     Persepsi

93. Minat yakni kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Cror and Crow
b.     Grondlund
c.     Crites
d.     Thrustone
e.     Donal Cambell

94. Sikap yakni kecenderungan untuk bertindak ke arah atau melawan suatu faktor lingkunganPendapat ini dikemukakan oleh ....
a.     Thurstone
b.     Emory Bogardus
c.     Goldon Allport
d.     Donald Cambell
e.     Ralp Linton,

TRY AGAIN

1. Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.memberikan umpan balik bagi siswa
B.mendiagnosis kesulitan mencar ilmu siswa
C.memberikan umpan balik bagi guru
D.mengontrol perkembangan siswa
E.Semua jawaban salah

2. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
E.Ada 2 jawaban benar

3. Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...
A.acuan norma
B.acuan kriteria
C.gabungan
D.acuan norma atau kriteria
E.Semua jawaban benar

4. Yang mana contoh sindrom jawaban kelainan jumlah kromosom seks
A.Down Sindrom
B.Klinefelter sindrom
C.Patau sindrom
D.Edward Sindrom
E. Jacob Syndrome

5. Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi yakni ...
A.Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.Menentukan planning sampling
E.Semua jawaban salah

6. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada dikala anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.Helen Parkhust
B.Kak Seto
C.John Dewey
D.Montessori
E.Ki Hajar Dewantara

7. Agar sanggup melaksanakan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.merencanakan penilaian secara sedikit demi sedikit dan terus menerus
B.menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.menyusun kriteria yang terperinci dalam pemberian skor
D.menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.Ada 3 jawaban benar
8. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A.daftar pustaka
B.abstrak
C.daftar tabel
D.lampiran
E.Ada 3 jawaban benar

9. Penilaian hasil mencar ilmu sebaiknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan semoga ...
A.tes dikerjakan dengan santai, tidak serius
B.siswa sanggup memperlihatkan apa yang dipahaminya
C.kemampuan siswa sanggup meningkat
D.siswa tidak merasa rendah diri
E.Semua jawaban salah

10. Referensi memuat semua rujukan yang
A.pernah dibaca penulis
B.perlu dibaca pembaca
C.dimuat dalam tubuh tulisan
D.diperlukan dalam pengembangan tulisan

E.Semua jawaban benar

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔